Tes TOEFL ITP: Struktur, Kegunaan, dan Info Biaya Terlengkap!

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah sebuah tes yang memiliki standar internasional untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang. TOEFL dikembangkan oleh Educational Testing Service (ETS). Terdapat 4 jenis tes TOEFL. Salah satunya adalag Tes TOEFL ITP (Institutional Testing Program).

Jika kamu ingin melakukan tes TOEFL yang berkaitan dengan institusi atau lembaga, maka test TOEFL yang cocok digunakan adalah TOEFL ITP (Institutional Testing Program). TOEFL ITP adalah tes yang mengukur kemampuan bahasa Inggris untuk usia 16 tahun ke atas yang difokuskan pada lingkungan akademik seseorang, seperti program beasiswa, masuk universitas dalam atau luar negeri, hingga melamar kerja ke suatu perusahaan ternama. Jenis kemampuan bahasa Inggris yang diujikan dalam TOEFL ITP terdiri dari tiga bagian, yaitu listening comprehension, structure and written expression, dan reading.

Struktur Tes TOEFL ITP

Listening Comprehension

Pada bagian pertama yaitu, listening comprehension. Bagian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan individu dalam memahami bahasa Inggris yang bersifat lisan.

Structure and Written Expression

Bagian kedua yaitu, structure and written expression. Bagian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan individu dalam menyusun kalimat bahasa Inggris yang terstruktur dan benar secara tata bahasa.

Reading Comprehension

Lalu yang terakhir yaitu, reading comprehension. Bagian ini bertujuan untuk untuk mengukur kemampuan individu dalam membaca dan memahami bacaan yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Pada sesi listening comprehension terdiri dari 50 soal, structure and written expression terdiri dari 40 soal, dan reading comprehension terdiri dari 50 soal.

Setelah menjawab tiga bagian yang diujikan, kamu akan mendapatkan skor hasil dari jawaban tes tersebut. Skor dalam tes ini tidak memiliki tanggal kadaluarsa atau masa berlaku, namun institusi atau lembaga yang menerima skor tersebut dapat menetapkan batasan waktu tertentu.

Bagi peserta yang mengikuti tes TOEFL ITP dari lembaga resmi akan mendapatkan score report ITP berapapun nilainya. Namun, certificate of achievement atau sertifikat penghargaan akan diberikan pada mereka yang berhasil meraih nilai minimal 460 hingga 677. TOEFL ITP juga memiliki tiga level yaitu Bronze (460-542), Silver (543-626), dan Gold (627-677).

 

Baca Juga: Simak Tips Jitu Mendapatkan Skor Tinggi TOEFL ITP disini!

 

Kegunaan Tes TOEFL ITP

Sebelum menentukan untuk memilih salah satu jenis tes TOEFL di suatu lembaga resmi, maka yang pertama harus diperhatikan adalah tujuan kamu mengikuti tes. Jika kamu memilih tes TOEFL ITP, kegunaan tes ini adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai persyaratan untuk memasuki jenjang institusi pendidikan tinggi Indonesia 
  2. Sebagai persyaratan untuk daftar program beasiswa, placement test dan tes evaluasi di lembaga-lembaga bahasa
  3. Melamar pekerjaan di perusahaan ternama, terutama perusahaan asing
  4. Mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris para siswa atau karyawan untuk memberikan pengajaran yang sesuai dan menempatkan posisi yang tepat
  5. Membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris individu
  6. Sebagai latihan tes TOEFL IBT
  7. Membantu institusi atau lembaga dalam membandingkan kemampuan bahasa Inggris individu dengan standar internasional
  8. Dapat memperoleh peluang akademik atau karir di dalam dan luar negeri

 

Ingin mendapatkan skor TOEFL maksimal? Persiapkan TOEFL kamu dengan tutor expert lulusan kampus top dunia di Schoters.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Persiapan TOEFL” di bawah ini dan bisa tanya apa pun sebelum bimbingan. 👇

Konsultasi Kelas Persiapan TOEFL

 

 

Lembaga Penyelenggara Tes TOEFL ITP

Lembaga yang menyelenggarakan tes TOEFL ITP diantaranya adalah:

IES (International Education Service) Foundation

Lembaga ini merupakan lembaga yang menyediakan tes TOEFL ITP di daerah Jakarta. Untuk mendaftarnya memerlukan KTP dan mengisi formulir secara online. Biaya yang dikeluarkan sekitar Rp500.000 (biaya dapat berubah).

ESQ English Course

Lembaga ini merupakan lembaga yang menyediakan tes TOEFL ITP dan salah satu lembaga yang ditunjuk oleh ETS. Biaya tes TOEFL ITP pada lembaga ini sekitar Rp600.000. Untuk mendapatkan sertifikat oleh ETS membutuhkan waktu selama 8 (delapan) hari kerja setelah jadwal tes berlangsung.

LBI FIB UI

Lembaga ini merupakan lembaga yang menyediakan tes TOEFL ITP dengan biaya sebesar Rp585.000. Ujian akan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berlangsung kurang lebih 3,5 jam.

 

Baca Juga: Kupas Tuntas Berbagai Jenis Tes Sertifikasi Bahasa Inggris

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Tes TOEFL ITP di Schoters

Butuh bimbingan TOEFL ITP terpercaya? Ikuti kelas persiapan TOEFL ITP by Schoters. Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Tes TOEFL ITP