10 Tips Wawancara Kerja di Perusahaan Luar Negeri

Wawancara kerja merupakan salah satu proses yang paling umum dilakukan saat Hunters melamar kerja ke perusahaan luar negeri. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui beberapa tips wawancara kerja agar proses wawancara di perusahaan luar negeri yang kamu tuju bisa berjalan dengan lancar.

10 Tips Wawancara Kerja di Perusahaan Luar Negeri

Pada artikel ini, Schoters akan membahas beberapa tips wawancara kerja di perusahaan luar negeri, baik sebelum maupun saat wawancara berlangsung. Untuk itu, yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Sebelum Wawancara

1. Berlatih sebelum wawancara

Sebelum wawancara berlangsung, ada baiknya Hunters berlatih terlebih dahulu. Ini merupakan tips wawancara kerja yang penting dilakukan. Sebab, Hunters bisa berlatih bagaimana cara menjawab pertanyaan dari recruiter dengan baik dan benar sehingga peluangmu untuk lolos jadi lebih besar.

2. Perhatikan penampilan

Mungkin, tips wawancara kerja ini terlihat sepele. Namun, jika diperhatikan dengan saksama, penampilan ternyata juga turut berpengaruh terhadap penilaian recruiter

Oleh karena itu, sebelum wawancara berlangsung, penting bagi Hunters untuk memerhatikan penampilan. Usahakan, pakai pakaian formal atau business attire agar penampilanmu terlihat lebih lebih rapi dan profesional.

3. Datang tepat waktu

Tips wawancara kerja ini juga penting dilakukan. Sebab, ketepatan waktu saat menghadiri wawancara kerja akan turut memengaruhi penilaian recruiter. Itu lantaran ketepatan waktu saat Hunters menghadiri wawancara kerja akan menggambarkan tingkat kedisiplinan yang kamu miliki.

Sebelum wawancara berlangsung, usahakan untuk datang tepat waktu. Minimal, 10 sampai 5 menit sebelum wawancara dimulai. Ini bertujuan untuk menghindari keterlambatan saat Hunters melakukan wawancara kerja. 

Saat Wawancara

1. Gunakan bahasa Inggris yang formal

Saat wawancara berlangsung, gunakan bahasa Inggris yang formal. Tips wawancara kerja ini penting dilakukan. Sebab, bahasa Inggris untuk wawancara kerja tentu berbeda dengan bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari. Biasanya, jenis bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris bisnis (English for business).

Oleh karena itu, penting bagi Hunters untuk mempelajari bahasa Inggris bisnis sebelum hari wawancara. Ini bertujuan agar saat wawancara kerja berlangsung, Hunters sudah bisa menggunakan bahasa Inggris formal untuk menjawab pertanyaan dari recruiter.

2. Perkenalkan diri dengan baik

Umumnya, pertanyaan pertama yang diberikan recruiter saat wawancara kerja berlangsung adalah mengenai latar belakang pelamar. Oleh karena itu, saat recruiter memberikan pertanyaan tersebut, perkenalkan diri kamu dengan baik. Tips wawancara kerja ini juga penting dilakukan karena akan memengaruhi penilaian recruiter.

Saat memperkenalkan diri, mulailah dengan memperkenalkan nama panjang dan nama panggilan. Setelah itu, jelaskan juga latar belakang pendidikan dan pekerjaanmu sebelumnya. Kemudian, mulai jelaskan perihal domisili atau tempat tinggalmu saat ini.

 

Baca Juga: Pertanyaan Wawancara Kerja Bahasa Inggris

 

3. Jelaskan kelebihan dan kekurangan diri dengan jujur

Selain latar belakang, recruiter biasanya juga sering menanyakan perihal kelebihan dan kekurangan diri kepada para pelamar. Itu bertujuan untuk mengetahui kepribadian yang dimiliki pelamar secara mendalam.

Untuk menjawab pertanyaan ini, coba jelaskan kelebihan dan kekurangan diri secara jujur. Saat menjelaskan kelebihan diri, coba jelaskan kelebihan yang membuatmu bisa memberi kontribusi lebih kepada perusahaan. Sementara itu, saat menjelaskan kekurangan diri, coba jelaskan juga cara Hunters mengatasi kekurangan tersebut.

4. Jelaskan pencapaian di pekerjaan sebelumnya

Tips wawancara kerja ini juga penting dilakukan. Sebab, biasanya, recruiter juga sering bertanya perihal pencapaian Hunters di perusahaan sebelumnya. Itu bertujuan untuk mengetahui apa saja kontribusi yang telah Hunters berikan terhadap perusahaan sebelumnya.

Oleh karena itu, saat menjelaskan pencapaian, coba jelaskan berdasarkan data dan fakta. Ini bertujuan agar penjelasan yang Hunters berikan kepada recruiter jadi lebih terstruktur, meyakinkan, dan lebih komprehensif. Dengan begitu, peluang Hunters untuk lolos di perusahaan luar negeri impianmu bakal terbuka lebar.

5. Jelaskan mengapa kamu ingin melamar ke perusahaan tujuanmu

Saat wawancara kerja, pertanyaan yang biasanya juga diajukan recruiter adalah perihal alasan Hunters melamar ke perusahaan mereka. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, coba paparkan alasan konkret mengapa Hunters mau melamar ke perusahaan tujuanmu. Misalnya, dengan menjelaskan nilai-nilai perusahaan yang relevan dengan pengembangan diri dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, penting bagi Hunters untuk melakukan riset mendalam terkait perusahaan yang menjadi tujuanmu. Ini diperlukan agar Hunters bisa memberikan alasan konkret akan mengapa kamu mau melamar ke perusahaan tujuanmu.

6. Jelaskan skil yang relevan dengan posisi yang kamu lamar

Tips wawancara kerja yang satu ini juga penting dilakukan. Sebab, saat wawancara, recruiter biasanya juga sering menanyakan skil apa yang bisa memberi keuntungan bagi perusahaan mereka.

Oleh karena itu, saat Hunters ditanya mengenai skil, coba jelaskan skil yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Misalnya, Hunters melamar di posisi digital marketing. Maka, coba jelaskan skil yang tentunya relevan dengan posisi tersebut. Beberapa contohnya, seperti skil search engine optimization (SEO), skil social media management, ads, dan lain sebagainya. 

7. Jelaskan kontribusi yang bisa kamu berikan kepada perusahaan

Saat wawancara kerja, recruiter biasanya juga bakal bertanya soal bagaimana pelamar berkontribusi di perusahaan mereka. Untuk menjawab pertanyaan ini, coba jelaskan bagaimana cara Hunters berkontribusi terhadap perusahaan melalui skil yang kamu punya.

Misalnya, jika Hunters melamar di posisi digital marketing, coba jelaskan bagaimana kamu bisa meningkatkan penjualan, meningkatkan traffic website, atau meningkatkan brand awareness kepada masyarakat luas. Dengan begitu, recruiter bakal lebih paham bagaimana caramu berkontribusi terhadap perusahaan mereka.

Manfaat Mengikuti Tips Wawancara Kerja

Dengan mengikuti tips wawancara kerja di atas, persiapan wawancara kerja di perusahaan luar negeri yang Hunters tuju tentu akan lebih matang. Dengan begitu, kemungkinan Hunters untuk lolos juga makin terbuka lebar!

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Luar Negeri

Ingin kerja di luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.