Tokutei Ginou Perikanan: Visa Kerja Perikanan ke Jepang

Tokutei Ginou adalah program yang dikeluarkan pemerintah Jepang untuk menerima tenaga kerja asing dari luar negeri yang disahkan pada pada 1 April 2019. Dari 14 bidang yang ada, perikanan termasuk ke salah satunya yang memerlukan 9.000 orang tenaga kerja asing dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Pekerja di sektor ini akan ditempatkan di sektor Perikanan (nelayan) dan sektor Budidaya Perikanan. Artikel ini akan mengupas informasi Tokutei Ginou Perikanan secara lengkap.

 

A. Persyaratan dan dokumen Tokutei Ginou Perikanan

1. Berasal dari lulusan Sekolah Perikanan (Jurusan penangkapan ikan atau Budidaya perikanan).

2. Berusia minimal 18 tahun hingga batas usia 35 tahun.

3. Dalam keadaan sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan hasil medical check-up.

4. Memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

5. Memiliki KTKLN (Kartu Tanda Kerja Luar Negeri) dari BNP2TKI.

6. CV saat pertama kali magang (khusus bagi yang pernah magang di Jepang).

7. Memiliki sertifikat Sankyuu(三級) –à serifikat jitco dan Senmonkyuu(専門級).–à sertifikat otit bagi yang pernah magang di Jepang. Jika tidak ada, silahkan hubungi perusahaan atau penanggungjawab HRD terkait.

8. Sertifikat keterampilan.

9. Sertifikat Bahasa Jepang JFT-Basic/JLPT N4.

 

B. Gaji bidang perikanan di Jepang

Gaji yang didapatkan selama bekerja di bidang perikanan di Jepang akan disesuaikan kembali dengan masing-masing perusahaan karena setiap perusahaan memiliki standar yang berbeda-beda. Namun, umumnya standar gaji bersih yang didapatkan adalah ¥150.000 atau sekitar Rp15,000,000.

 

Baca Juga : Simak Informasi Terkini Tentang Cara Kerja di Jepang Sebagai Perawat!

 

C. FAQ Tokutei Ginou Perikanan

1. Apakah jurusan perikanan bisa kerja di Jepang?

Lulusan jurusan perikanan tentu saja bisa bekerja di Jepang, terutama bisa mengikuti program Tokutei Ginou Perikanan karena salah satu persyaratan program ini adalah harus berasal dari lulusan sekolah perikanan.

2. Lulusan perikanan bisa kerja apa di Jepang?

Lulusan perikanan bisa bekerja di sektor Perikanan (nelayan) dan sektor Budidaya perikanan. Sektor Perikanan dan Budidaya adalah sektor yang berkaitan dengan pengelolaan atau budidaya ikan dan lingkungannya mulai dari proses pra-produksi, produksi, pengolahan, sampai kepada proses pemasaran yang dilakukan dalam sistem bisnis perikanan.

3. Bila belum ada pengalaman di perikanan, apakah bisa ikut ujian?

Walaupun belum memiliki pengalaman, calon peserta tetap bisa mengikuti ujian. Namun, peserta tetap harus bisa memahami dan membaca tulisan Jepang karena ujiannya menggunakan Bahasa Jepang.

4. Apakah ada persyaratan lain yang harus dipenuhi selain lulus ujian? 

Setelah lulus ujian, peserta harus memiliki passport. Jika tidak memiliki sertifikat N4, maka sebelum berangkat harus lulus JLPT/ JFT-Basic minimal N4).

 

Rekomendasi bimbingan persiapan Tokutei Ginou Perikanan

Tertarik mengikuti Tokutei Ginou Perikanan? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.