Bedah Kampus Terbaik di Jepang: Tokyo University

Kampus Luar Negeri, 13 Okt 2022

Hunters, kali ini Schoters akan membahas mengenai salah satu universitas terbaik di Jepang, yaitu Tokyo University. Kenapa yang kamu harus menempuh pendidikan disini? Yuk simak pembahasannya!

The University of Tokyo merupakan salah satu universitas yang menjadi incaran para pelajar Jepang, maupun pelajar internasional lainnya loh. Universitas ini telah berumur 117 tahun dan menjadi kampus penelitian negeri ternama di Jepang. University of Tokyo berada di peringkat 23 dengan overall score 86.2 menurut QS World University Rankings 2022. Sementara di Asia, The University of Tokyo atau yang biasa disebut Todai, berada di peringkat keenam berdasarkan The Times Higher Education Asia University Rankings 2022.

Universitas ini terletak di Bunkyo City, Tokyo dan mempunyai lima kampus di Hongo, Komaba, Kashiwa, Shirokane, serta Nakano. Universitas ini memiliki 10 fakultas dengan total sekitar 30.000 mahasiswa, 2.100 diantaranya adalah mahasiswa asing. Fakultas favorit di universitas tersebut adalah Hukum dan Sastra.

Fakultas di The University Of Tokyo

1. Fakultas Hukum

Fakultas Hukum di University of Tokyo termasuk dalam fakultas yang paling banyak diburu calon pelajar di Jepang. Menurut survei Asahi National dan BE Success National, fakultas Hukum berada di urutan pertama yang dipilih. Pendidikan dan penelitian di fakultas Hukum dirancang untuk mempersiapkan orang-orang berbakat bagi masyarakat dengan menumbuhkan dalam diri mereka wawasan yang luas, keterampilan berpikir hukum dasar dan wawasan politik dasar.

2. Fakultas Farmasi

Berfokus pada pengembangan kedokteran, fakultas ini melakukan pengajaran dan penelitian yang unggul dalam ilmu kehidupan dari perspektif materi, kehidupan dan perawatan medis. Sehingga memberikan kontribusi pengetahuan dan keterampilan terbaru kepada masyarakat.

3. Fakultas Pertanian

Pertanian adalah ilmu terapan yang mengintegrasikan ilmu pangan, ilmu hayati dan ilmu lingkungan. Abad ke-21 telah membawa kita ke "zaman pertanian" baru dengan tantangan besar. Fakultas Pertanian dengan senang hati menciptakan masa depan zaman baru ini.

4. Fakultas Seni dan Sains

Semua mahasiswa tahun pertama dan kedua Universitas Tokyo belajar disini, di kampus Komaba. Bertujuan untuk menumbuhkan "pengetahuan lintas batas" dalam diri pelajar, menyediakan pendidikan yang berfokus pada humaniora, sains, dan bidang interdisipliner yang mengintegrasikan seni dan sains.

           Baca Juga: Daftar Universitas Terbaik di Jepang Paling Terbaru

5. Fakultas Ekonomi

Koleksi terbaik buku ekonomi di seluruh Jepang. Akses ke database dan teknologi modern untuk melakukan analisis ekonomi. Penekanan pada instruksi kelompok kecil. Aula yang menyediakan pendidikan ekonomi dengan kuantitas dan kualitas tertinggi di Jepang.

6. Fakultas Pendidikan

Fakultas Pendidikan meneliti cara-cara mempromosikan kegiatan yang mendorong orang untuk belajar, tumbuh dan berkembang. Menyelidiki dari berbagai sudut peran taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, sekolah pendidikan luar biasa, universitas dan lembaga pendidikan lainnya dalam pengembangan masyarakat dan budaya, serta bagaimana pendidikan mendukung kesejahteraan masyarakat dan perbaikan masyarakat secara keseluruhan.

7. Fakultas Teknik

Fakultas Teknik di Universitas Tokyo menyambut anak muda kreatif yang dapat menghadapi tantangan untuk menyegarkan masyarakat dengan mencapai apa yang sebelumnya tidak mungkin. Para pelajar ini akan mengembangkan kemampuan mereka secara mendalam di lingkungan fakultas, yang diyakini sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

8. Fakultas Sastra

Fakultas Sastra mempelajari manusia dari banyak perspektif. Termasuk segala sesuatu mulai dari filsafat dan agama, sejarah, bahasa, dan sastra hingga psikologi dan sosiologi, Pelajar didorong agar memiliki pemikiran bebas dan berbagai metode dalam penyelidikan.

9. Fakultas Kedokteran

Menggunakan pendekatan holistik untuk mendidik profesional kesehatan, mengungkap misteri kehidupan dan kompleksitas biologi manusia, serta memajukan batas ilmu kehidupan dan kedokteran.

10. Fakultas Sains

Fakultas Sains merupakan tempat pendidikan dan penelitian ilmu pengetahuan. Sains adalah studi yang terlibat dalam "dialog dengan alam" untuk memahami prinsip-prinsip dan hukum yang bekerja di alam.

Sementara itu, University of Tokyo juga memiliki 15 sekolah Pascasarjana yang menawarkan kesempatan pendidikan dan penelitian yang khas. Nah, berikut ini beberapa fun fact Tokyo University lho!

Fakta Menarik Tentang The University Of Tokyo

Kemenangan keseluruhan yang telah lama ditunggu-tunggu di Nanadai-sen

Nanadai-sen adalah pertemuan atletik nasional tahunan dari tujuh mantan universitas kekaisaran, Universitas Hokkaido, Universitas Tohoku, Universitas Tokyo, Universitas Nagoya, Universitas Kyoto, Universitas Osaka dan Universitas Kyushu, yang sebelumnya dikenal sebagai Nanatei-sen. Pertandingan ini diselenggarakan secara bergilir oleh masing - masing universitas. Para atlet berkompetisi di sekitar 30 cabang olahraga, dan universitas dengan skor keseluruhan tertinggi adalah pemenangnya. Universitas Tokyo memenangkan Pertemuan Atletik Tujuh Universitas ke-51 (2012) yang diselenggarakan oleh Universitas Kyushu.

Universitas Tokyo, kekuatan pendorong di belakang sepak bola di masa-masa awalnya

Nama Universitas Tokyo sering muncul dalam ulasan tentang sejarah awal sepak bola di Jepang. Tim sepak bola Biru Muda dari Universitas Kekaisaran Tokyo memenangkan kemenangan keseluruhan pertamanya di Kejuaraan Sepak Bola Seluruh Jepang Piala Kaisar ke-11 pada tahun 1931, dan memenangkan Kejuaraan ke-26 pada tahun 1946, serta Kejuaraan ke-29 pada tahun 1949.

Beasiswa The University of Tokyo

Sekilas tentang universitas ini, tentu akan lebih menarik lagi jika Hunters bisa berkuliah di University of Tokyo dengan beasiswa. Mau tahu?

  1. ADB JSP - School of International Health The University of Tokyo. Beasiswa fully funded untuk jenjang S2.
  2. Todai Fellowship. Beasiswa partial untuk jenjang S3.
  3. MEXT University Recommendation - International Multidisciplinary Engineering. Beasiswa fully funded untuk jenjang S3.
  4. The University of Tokyo Summer Internship Program in Kashiwa. Beasiswa partial untuk nondegree.
  5. MEXT University Recommendation - Special Graduate Program in Resilience Engineering (Nuclear Engineering). Beasiswa fully funded untuk jenjang S2 dan S3.
  6. LPDP Reguler. Beasiswa fully funded untuk jenjang S2.
  7. MEXT University Recommendation - International Program in Agricultural Development Studies. Beasiswa fully funded untuk jenjang S2 dan S3.

Wah, banyak ya pilihannya Hunters. Jadi tunggu apalagi? Yuk segera persiapkan dirimu!

           Baca Juga: Beasiswa MEXT-Undergraduate (Gakubu) untuk Kuliah di Jepang

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

tokyo university