Persiapan IELTS – Tips & Materi Terbaik

Tes bahasa Inggris IELTS adalah salah satu yang paling sering dipersyaratkan dan diterima oleh banyak universitas luar negeri. Untuk itulah melakukan persiapan IELTS agar mendapatkan skor tinggi sangat penting, terutama bagi kalian yang ingin belajar di Inggris, Amerika Serikat, Australia, maupun Selandia Baru.

Dalam tes IELTS, semua kecakapan berbahasa Inggris diujikan, dari Reading, Listening, Writing, dan Speaking. Pada artikel ini, kita akan membahas semua kecakapan, kecuali Speaking. Berikut adalah materi belajar yang perlu kalian persiapkan:

 

1. Materi Reading

Materi reading IELTS meliputi pemahaman bacaan akademik, seperti artikel jurnal, buku teks, dan materi akademik lainnya. Untuk meningkatkan kemampuan membaca, sangat disarankan untuk membaca secara rutin bacaan-bacaan akademik dan mencari tahu makna kata-kata baru.

Selain itu, melakukan tes practice reading IELTS secara rutin juga bisa membantu meningkatkan kemampuan dalam memahami teks bacaan kalian.

 

Baca Juga: Cek 4 Jenis Contoh Soal IELTS dan Tingkatkan Skormu Disini

 

2. Materi Writing

Materi writing IELTS meliputi tugas menulis esai, laporan, dan mendeskripsikan diagram. Untuk meningkatkan kemampuan menulis, penting bagi kalian untuk memahami struktur teks akademik dan mengembangkan kemampuan menulis dengan ide yang terstruktur.

Menulis secara teratur dengan tema-tema yang berbeda juga dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis kalian.

 

3. Materi Listening

Materi listening IELTS meliputi pemahaman audio akademik, seperti kuliah, percakapan sehari-hari, dan presentasi dalam bahasa Inggris. Untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan, kalian dapat mencoba mendengarkan podcast, film, serial, atau video dengan audio dalam bahasa Inggris seperti TED.

Selain itu, melakukan tes practice listening IELTS secara rutin juga dapat membantu meningkatkan kemampuan dalam memahami audio.

 

4. Struktur Kalimat Bahasa Inggris

Kemampuan memahami dan membangun kalimat dalam bahasa Inggris sangat penting dalam tes IELTS. Oleh karena itu, belajar mengenai struktur kalimat dan tata bahasa (grammar) dalam bahasa Inggris menjadi materi penting yang harus dikuasai.

 

Baca Juga: Merasa Kurang Dalam IELTS Speaking? Ikuti Tips Ini dan Dijamin Dapat meningkatkan Skor Kamu

 

5. Kosakata Bahasa Inggris

Belajar kosakata atau vocabulary dalam bahasa Inggris juga menjadi materi penting dalam tes IELTS, karena seringkali dalam tes IELTS terdapat kata-kata akademik yang tidak biasa dalam kosakata sehari-hari.

Oleh karena itu, memperkaya kosakata dengan membaca buku atau artikel dalam bahasa Inggris dapat membantu meningkatkan kemampuan dalam tes IELTS.

Selain materi, jangan lupa untuk melakukan beberapa tips yang berguna untuk persiapan IELTS kalian di bawah ini:

  1. Pahami struktur dan format tes IELTS
  2. Lakukan tes practice secara rutin
  3. Tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris
  4. Mengatur waktu dengan baik saat tes
  5. Meningkatkan keterampilan speaking dengan berbicara dalam bahasa Inggris secara aktif dan mempraktikkan tes speaking IELTS secara rutin.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan IELTS di Schoters

 Butuh bimbingan IELTS terpercaya? Join IELTS Academy by Schoters. konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

 

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)