Jenis Transportasi di Jepang untuk Pekerja Luar Negeri

Transportasi di Jepang merupakan salah satu yang paling efisien dan canggih di dunia. Tak ayal jika transportasi di Jepang bisa memberikan pengalaman yang nyaman dan praktis bagi pekerja luar negeri yang tinggal atau bekerja di sana. 

Lantas, apa saja layanan transportasi di Jepang yang biasa digunakan para pekerja luar negeri? Untuk mengetahui hal tersebut, yuk, simak ulasannya pada artikel Schoters di bawah ini!

Jenis Transportasi di Jepang untuk Pekerja Luar Negeri

1. Kereta api

Transportasi di Jepang yang pertama ada Kereta Api Shinkansen. Shinkansen atau kereta super cepat menghubungkan berbagai kota besar di Jepang, seperti Tokyo, Osaka, Kyoto, dan Hiroshima. Selain Shinkansen, ada juga kereta lokal yang melayani rute-rute dalam kota maupun antarkota yang lebih kecil.

2. Kereta bawah tanah

Transportasi di Jepang yang satu ini berada di kota-kota besar, seperti Tokyo, Osaka, dan Nagoya. Kereta bawah tanah atau subway ini memungkinkan pengguna untuk melakukan mobilitas cepat dan mudah ke berbagai bagian kota. Sebab, subway memiliki jaringan yang terintegrasi dengan sistem kereta lainnya.

3. Bus kota 

Bus kota merupakan pilihan transportasi di Jepang yang tersedia di hampir semua kota yang ada di Jepang. Mereka menyediakan layanan yang luas dan menghubungkan berbagai daerah di dalam kota. 

4. Taksi

Taksi tersedia di seluruh wilayah di Jepang dan dapat diandalkan sebagai pilihan transportasi alternatif, terutama di daerah yang tidak terjangkau oleh kereta atau bus. Meskipun tarifnya lebih mahal daripada transportasi umum lainnya, bepergian dengan taksi biasanya sangat nyaman karena taksi dapat dipesan secara online atau melalui panggilan telepon.

5. Kereta funicular dan gondola

Di beberapa kota yang ada di Jepang, ada transportasi yang bernama kereta funicular dan gondola yang mengangkut penumpang ke daerah-daerah pegunungan atau tempat wisata yang terletak di ketinggian. Contohnya adalah Hakone Ropeway di dekat Gunung Fuji dan Koya Ropeway di Kuil Koya-san.

6. Kapal feri

Di beberapa kota pantai atau pulau-pulau kecil, kapal feri menyediakan  transportasi di Jepang dengan layanan  antar pulau atau ke daratan utama. Transportasi ini sering digunakan untuk perjalanan wisata maupun transportasi sehari-hari bagi penduduk lokal.

 

Baca Juga: Tips Hidup Hemat di Jepang

 

Tips Hemat Biaya Transportasi di Jepang untuk Pekerja Luar Negeri

Setelah mengetahui jenis transportasi di Jepang, pada bagian ini, Schoters akan memberikan sedikit tips menghemat biaya transportasi untuk pekerja luar negeri. Beberapa tips yang bisa dilakukan, antara lain, sebagai berikut:

1. Gunakan pas harian atau pas bulanan

Banyak operator transportasi di Jepang menawarkan pas harian atau bulanan yang memberikan akses tak terbatas ke berbagai mode transportasi dengan harga yang lebih terjangkau daripada membeli tiket tunggal setiap kali bepergian. Oleh karena itu, pastikan Hunters memilih pas yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan.

2. Manfaatkan kupon diskon atau kartu diskon

Sejumlah operator transportasi di Jepang menyediakan kupon diskon atau kartu diskon untuk pekerja luar negeri atau wisatawan. Hunters bisa memanfaatkan diskon ini untuk menghemat biaya transportasi. Oleh karena itu,  periksa situs web resmi operator transportasi atau kantor informasi turis untuk mengetahui penawaran diskon transportasi yang tersedia.

3. Pilih jalur alternatif

Kadang-kadang, menggunakan jalur alternatif atau kereta lokal daripada Shinkansen atau kereta ekspres bisa lebih hemat. Meskipun mungkin memakan waktu lebih lama, jalur ini sering kali lebih murah dan dapat menghemat biaya perjalanan.

4. Gunakan layanan bus antarkota malam

Jika Hunters melakukan perjalanan jarak jauh antarkota, pertimbangkan untuk menggunakan layanan bus antarkota malam. Meskipun mungkin memakan waktu lebih lama daripada kereta api, layanan bus malam seringkali lebih murah dan dapat menghemat biaya akomodasi.

5. Jelajahi pilihan transportasi lokal

Di beberapa kota di Jepang, seperti Tokyo, ada banyak pilihan transportasi lokal. Beberapa di antaranya, seperti sepeda, sepeda motor. Pertimbangkan untuk menjelajahi pilihan transportasi lokal ini, terutama jika tujuan bepergian Hunters berada dalam jarak tempuh yang dekat.

Nah, itu dia, Hunters, beberapa jenis transportasi di Jepang yang biasa digunakan para pekerja luar negeri. Dengan mengetahui hal tersebut, Hunters tidak perlu bingung lagi untuk memilih transportasi mana yang cocok saat kamu sedang bekerja di Jepang. Semoga bermanfaat, ya! 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jepang

Ingin kerja di Jepang? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di Jepang semakin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.