Mengenal Universitas Birmingham Lebih Dekat

Antusiasme pelajar internasional untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Inggris tidak pernah pudar dari tahun ke tahun. Itu terjadi lantaran kualitas pendidikan terbaik yang membuat berbagai universitas di Inggris terus bertahan dalam deretan universitas terbaik di dunia. Salah satu universitas terbaik di Inggris yang kerap jadi incaran para mahasiswa internasional adalah Universitas Birmingham.

Ingin tahu lebih lanjut tentang Universitas Birmingham? Kalau begitu, yuk, simak ulasannya pada artikel di bawah ini!

Informasi umum Universitas Birmingham

Salah satu universitas yang bisa masuk ke dalam daftar universitas impian kamu adalah Universitas Birmingham. Universitas ini terletak di Birmingham, sebuah kota di Inggris yang berlokasi kurang lebih 150 kilometer di utara London. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1900 ini adalah salah satu universitas prestisius di Inggris yang masuk dalam deretan 100 perguruan tinggi terbaik dunia versi QS Tahun 2023 dengan menduduki peringkat ke-91.

Selain menjadi salah satu universitas terbaik di dunia, Universitas Birmingham juga menjadi salah satu universitas yang tergabung dalam Russel Group, sebuah kelompok khusus yang terdiri dari 24 (dua puluh empat) universitas terbaik yang berorientasi pada penelitian (research) di Inggris.

Universitas Birmingham juga merupakan bagian dari Universitas 21–sebuah jaringan global yang terdiri dari banyak universitas dari seluruh penjuru dunia yang berorientasi riset. Oleh karena itu, universitas ini bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin melakukan riset sebagai bagian dari pendidikan tinggi.

Lebih lanjut, berdasarkan laporan The Graduate Market yang dirilis pada 2021, lulusan Universitas Birmingham merupakan salah satu lulusan yang paling diminati oleh berbagai perusahaan di Inggris.

Komunitas di Universitas Birmingham

Universitas Birmingham juga memiliki komunitas pelajar internasional terbesar di Inggris. Komunitas pelajar tersebut terdiri dari 10.000 pelajar internasional yang berasal dari 150 negara di dunia. Oleh sebab itu, kamu bisa menjalin persahabatan dengan banyak mahasiswa lainnya dari negara yang berbeda.

Fasilitas di Universitas Birmingham

Untuk membantu pelajar internasional untuk dapat lebih mudah beradaptasi dengan kehidupan dan proses belajar di luar negeri, Universitas Birmingham juga menawarkan banyak sekali fasilitas yang menarik. Beberapa di antaranya, seperti International Student Team (IST) yang akan memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk keperluan imigrasi pribadi, membawa keluarga atau pasangan ke Inggris, mencari pekerjaan, mencari sumber dana untuk studi di universitas dan berbagai keperluan lain untuk hidup di Inggris.

Selain IST, Universitas Birmingham juga menyediakan The Guild of Students, sebuah organisasi kemahasiswaan yang memberikan support dan bantuan kepada pelajar internasional. Melalui The Guild of Students, kamu juga bisa bergabung dengan lebih dari 250 komunitas mahasiswa atau klub olahraga, mencari kesempatan volunteer bersama penduduk lokal dan lain sebagainya.

Akomodasi

Menariknya lagi, Universitas Birmingham juga menjamin ketersediaan akomodasi bagi pelajar internasional di tahun pertama studi sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir mencari tempat tinggal saat pertama kali belajar di sana.

Universitas Birmingham juga memiliki tiga accommodation village yang dekat dengan kampus utama. Selain itu, kamu juga tidak perlu pusing memikirkan konsumsi karena banyak akomodasi yang ditawarkan di accommodation village ini memiliki jasa catering atau kamu juga bisa memilih makan di Meal Plan Room yang menyediakan lebih dari 30 outlet makanan di berbagai lokasi di kampus.

Selain akomodasi dan pilihan makanan, kamu juga bisa menjalankan ibadah sesuai kepercayaan dengan nyaman karena Birmingham memiliki lebih dari 650 tempat ibadah termasuk gereja, masjid, kuil, dan tempat ibadah lainnya yang tersebar di seluruh penjuru kota.

Academic Skills Centre

Khawatir tidak beradaptasi dengan tuntutan studi di luar negeri? Universitas Birmingham juga memiliki Academic Skills Centre yang bisa diakses pelajar internasional. Fasilitas tersebut berguna saat pelajar internasional membutuhkan bantuan terkait academic writing dan academic skill lainnya yang dibutuhkan untuk sukses saat belajar di Universitas Birmingham melalui berbagai program workshop, tutorial mandiri online, dan sesi konsultasi pribadi dengan mentor yang disediakan oleh universitas.

 

Baca Juga: Ternyata Nagita Slavina Pernah Menempuh Pendidikan di Inggris, Yuk Cek Faktanya!

 

 

Program studi yang tersedia

Bagaimana dengan program studi yang ditawarkan oleh Universitas Birmingham? Saat ini, universitas ini menawarkan lebih dari 300 program studi di seluruh jenjang pendidikan, baik pada jenjang sarjana maupun pascasarjana, untuk banyak bidang studi termasuk bidang studi yang masuk dalam kategori:

  1. arts and humanities;
  2. business and management;
  3. engineering and technology;
  4. life sciences and medicine;
  5. natural science;
  6. social sciences and management.

Tertarik melanjutkan pendidikan di Universitas Birmingham dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan di Universitas Birmingham, beasiswa yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun. 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Persyaratan masuk 

1. Persyaratan bahasa

Agar diterima di Universitas Birmingham, kamu harus menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris, yang dibuktikan dengan menunjukkan hasil skor tes kemampuan berbahasa Inggris termasuk IELTS, TOEFL, atau PTE. Kamu juga bisa menggunakan kualifikasi pendidikan sebelumnya sebagai bukti kemampuan berbahasa Inggris.

Syarat minimal skor bahasa Inggris yang dibutuhkan untuk Universitas Birmingham bisa berbeda, tergantung program studi dan jenjang pendidikan yang dituju. Sebagai informasi, semua program studi di Universitas Birmingham dikelompokkan ke dalam empat kelompok, yaitu Kelompok A, B, C dan D yang memiliki persyaratan skor minimal bahasa Inggris masing-masing. 

2. Persyaratan akademik

Persyaratan akademik yang dibutuhkan untuk diterima masuk di Universitas Birmingham juga berbeda-berbeda tergantung jenjang pendidikan atau program studi yang dituju. Secara umum, persyaratan akademik yang dibutuhkan di antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mendaftar program Foundation Pathways, calon mahasiswa harus memiliki nilai yang bagus pada jenjang Sekolah Menengah Atas. Calon mahasiswa harus memiliki nilai rata-rata minimal 7.0 dalam raport Sekolah Menengah Atas, termasuk nilai minimal 7.0 untuk mata pelajaran matematika bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar di program Engineering and Physical Sciences pathway.  
  2. Untuk mendaftar program studi di jenjang Sarjana (undergraduate), calon mahasiswa harus memiliki kualifikasi berikut:
      a. GCE A Level di 3 (tiga) bidang;
      b. International Baccalaureate (IB) dengan skor total 32;
      c. Ijazah D3/D4, dengan hasil yang baik, dari institusi pendidikan yang diakui di Indonesia.
  3. Untuk mendaftar program studi di jenjang pasca sarjana, calon mahasiswa harus memiliki kualifikasi berikut:
       a. Telah menyelesaikan pendidikan Sarjana (S1), dari institusi pendidikan tinggi yang diakui di Indonesia;
       b. IPK minimal 2.8;
       c. Syarat lainnya bervariasi tergantung program studi yang dituju.

 

Program-program seperti Medicine dan Dentistry juga memiliki persyaratan khusus yang bisa dilihat pada website masing-masing program studi.   

Beasiswa yang dapat dicoba di Universitas Birmingham

1. Beasiswa LPDP

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah program beasiswa yang dibuka oleh Pemerintah Indonesia kepada pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang pasca sarjana, baik Master maupun Doktoral, di berbagai universitas di luar negeri, termasuk Universitas Birmingham.

Pendaftar beasiswa LPDP dapat memilih semua program studi yang tersedia di universitas ini menggunakan program beasiswa LPDP. Program beasiswa LPDP termasuk dalam kategori beasiswa fully funded yang mencakup beberapa hal sebagai berikut:

A. Dana Pendidikan yang terdiri dari:

  1. Dana pendaftaran;
  2. Dana SPP (tuition fee);
  3. Dana tunjangan buku;
  4. Dana penelitian tesis atau disertasi;
  5. Dana seminar internasional;
  6. Dana publikasi jurnal internasional.

 

B. Dana Pendukung yang terdiri dari:

  1. Dana transportasi;
  2. Dana aplikasi bisa;
  3. Dana asuransi kesehatan;
  4. Dana kedatangan;
  5. Dana hidup bulanan;
  6. Dana lomba internasional;
  7. Dana tunjangan keluarga (khusus program Doktoral);
  8. Dana keadaan darurat (jika diperlukan).

Baca Juga: Simak Info Lengkap Mengenai Birmingham University

 

2. Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening adalah program beasiswa yang dibuka oleh Pemerintah Inggris bagi pelajar internasional di jenjang S2 yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di Inggris, termasuk Universitas Birmingham.

Sama seperti beasiswa LPDP, program beasiswa Chevening juga termasuk dalam kategori beasiswa fully funded yang mencakup komponen pembiayaan sebagai berikut :

  1. Biaya kuliah;
  2. Biaya hidup;
  3. Penerbangan pulang pergi ke Inggris;
  4. Akses ke acara jejaring eksklusif, lokakarya, diskusi, magang dan peluang lainnya.

 

3. Engineering International Excellence Scholarship

Engineering International Excellence Scholarship adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh School of Engineering di Universitas Birmingham kepada pelajar internasional jenjang S1 yang belum mendapatkan beasiswa dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh universitas. 

Beasiswa ini mencakup keringanan biaya kuliah (fee waiver) sebesar £3000 pada tahun pertama semester pertama perkuliahan. Beasiswa International Excellence serupa juga tersedia di program studi lainnya, seperti program studi Computer Science, Chemistry atau Chemistry Engineering. 

4. Work Experience Bursaries

Program Work Experience Bursaries adalah program beasiswa khusus yang ditawarkan oleh Universitas Birmingham kepada mahasiswa jenjang S1 yang sedang magang atau bekerja di bidang yang berhubungan dengan program studi masing-masing. 

Program ini memberikan bantuan finansial sebesar £500 yang dapat digunakan untuk membayar biaya akomodasi, asuransi kesehatan dan biaya lainnya yang diperlukan saat studi.  

5. Deep Mind Scholarship

Program Deep Mind Scholarship adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh School of Computer Science di Universitas Birmingham kepada pelajar internasional yang sudah diterima di program studi MSc Artificial Intelligence and Machine Learning dan memiliki minat besar untuk mempelajari artificial intelligence lebih lanjut.

Program beasiswa ini bernilai sebesar £47,680 dan mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Biaya kuliah di universitas senilai £26,640;
  2. Tunjangan hidup senilai £15,840 yang dibayarkan secara berkala selama periode studi;
  3. Tunjangan untuk menghadiri konferensi internasional di bidang AI dan/atau machine learning senilai £2,000;
  4. Tunjangan senilai £1,500 untuk membeli peralatan yang dibutuhkan untuk studi, seperti laptop dan lain sebagainya;
  5. Tunjangan kedatangan senilai £1700.

 

6. The Islam Scholarship

Program The Islam Scholarship adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh Universitas Birmingham kepada pelajar internasional yang mengambil program studi Islamic Studies di jenjang S2. Program beasiswa ini mencakup pembebasan biaya kuliah sebesar 50%.

Rekomendasi bimbingan lolos Universitas Birmingham

Ingin lolos masuk ke Universitas Birmingham? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk lolos universitas luar negeri? Ikuti program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu. Dijamin terlengkap!

 

Mengenal Universitas Birmingham Lebih Dekat