Wajib Tahu! Daftar 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Universitas negeri terbaik di Indonesia berdasarkan QS World University Rankings 2023 terdiri dari 10 universitas yang perlu kamu ketahui. Selain punya nama besar, universitas negeri terbaik di Indonesia juga memiliki fasilitas yang lengkap, sistem pembelajaran yang menyenangkan, serta memiliki jaringan alumni yang berguna setelah lulus nanti.

Bisa kuliah di universitas negeri terbaik di Indonesia tentu menjadi satu hal yang sangat didambakan. Terutama bagi kamu yang berminat untuk melanjutkan pendidikan sarjana di universitas negeri terbaik di Indonesia, simak 10 universitas negeri terbaik di Indonesia di bawah ini.

 

10 universitas negeri terbaik di Indonesia:

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas negeri terbaik di Indonesia yang pertama ialah Universitas Gadjah Mada. Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati rank 231 global. Universitas Gadjah Mada termasuk sebagai universitas yang tertua di Indonesia, yang juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan sebagai universitas pembina di Indonesia. UGM memiliki jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan.

Berdiri dengan nama “Universitas Negeri Gadjah Mada”, perguruan tinggi ini merupakan gabungan dari beberapa sekolah tinggi yang telah lebih dulu didirikan. Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan berbagai program pendidikan meliputi program sarjana, pascasarjana, profesi, spesialis, dan diploma.

Beberapa fakultas juga menyelenggarakan program internasional baik pada program sarjana maupun pascasarjana. Adapun fakultas yang tersedia di UGM yaitu:

  1. Fakultas Biologi
  2. Fakultas Ekonomika & Bisnis
  3. Fakultas Farmasi
  4. Fakultas Filsafat
  5. Fakultas Geografi
  6. Fakultas Hukum
  7. Fakultas Ilmu Budaya
  8. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  9. Fakultas Kedokteran Gigi
  10. Fakultas Kedokteran Hewan
  11. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat & Keperawatan
  12. Fakultas Kehutanan
  13. Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam
  14. Fakultas Pertanian
  15. Fakultas Peternakan
  16. Fakultas Psikologi
  17. Fakultas Teknik
  18. Fakultas Teknologi Pertanian
  19. Sekolah Pascasarjana
  20. Sekolah Vokasi

2. Institut Teknologi Bandung

Universitas negeri terbaik di Indonesia yang kedua ialah Institut Teknologi Bandung (ITB). Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati rank 235 global. Institut Teknologi Bandung merupakan sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia yang didirikan pada tanggal 2 Maret 1959 di Jawa Barat yang mengemban misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan Indonesia.

Pada 3 Juli 2020, ITB secara de facto berusia 100 tahun di mana telah menghasilkan lebih dari 120.000 alumni yang berperan penting dalam pembangunan bangsa, memiliki 12 fakultas/sekolah, 128 program studi, dan 111 Kelompok Keahlian, memiliki 25 Pusat, 7 Pusat Penelitian, dan 6 Pusat Unggulan Iptek (PUI).

Selain itu, ITB juga memiliki lebih dari 26 ribu mahasiswa program sarjana, master, dan doktor, memiliki 1.510 dosen dengan 195 Guru Besar, dan berlokasi di dua tempat lain selain kampus Ganesa Bandung yaitu Jatinangor dan Cirebon. ITB juga menjadi perguruan tinggi terbaik nasional dan pelopor kemajuan sains, teknologi, dan seni di Indonesia.

Adapun fakultas yang tersedia di ITB sebagai berikut:

  1. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian
  2. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Fakultas Seni Rupa dan Desain
  4. Fakultas Teknologi Industri
  5. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara
  6. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan
  7. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan
  8. Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan
  9. Sekolah Bisnis dan Manajemen
  10. Sekolah Farmasi
  11. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati
  12. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika

 

 Baca juga: Ingin Kuliah di Jurusan Pendidikan? Berikut Universitas dengan Fakultas Pendidikan Terbaik di Indonesia

 

3. Universitas Indonesia

Universitas negeri terbaik di Indonesia yang ketiga ialah Universitas Indonesia. Universitas Indonesia (UI) menempati rank 248 global. Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. UI saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia. Sebagai universitas riset, upaya – upaya pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global selalu dilakukan.

Saat ini UI terdiri dari 14 Fakultas, 1 Program Vokasi, dan 2 Sekolah (SKSG dan SIL). Di mana 14 Fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakulta Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, dan Fakultas Ilmu Komputer.

 

4. Universitas Airlangga

Universitas negeri terbaik di Indonesia yang keempat ialah Universitas Airlangga. Universitas Airlangga (Unair) menempati rank 369 global.  Universitas Airlangga diresmikan pada 1 November 1954. Pada 10 November 1954, Presiden RI DR. Ir. Soekarno meresmikan berdirinya Universitas Airlangga sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ketiga di Indonesia setelah Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada.

Universitas Airlangga menyelenggarakan program pendidikan untuk mahasiswa meliputi program diploma (D3 dan D4), sarjana (S1), pascasarjana (S2 dan S3), profesi, dan spesialis. Termasuk di dalamnya menggelar program internasional.

Adapun fakultas yang tersedia sebagai berikut:

  1. Fakultas Kedokteran
  2. Fakultas Kedokteran Gigi
  3. Fakultas Hukum
  4. Fakultas Ekonomi & Bisnis
  5. Fakultas Farmasi
  6. Fakultas Kedokteran Hewan
  7. Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
  8. Fakultas Sains & Teknologi
  9. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  10. Fakultas Psikologi
  11. Fakultas Ilmu Budaya
  12. Fakultas Keperawatan
  13. Fakultas Perikanan & Kelautan
  14. Fakultas Vokasi
  15. Fakultas Teknologi Maju & Multidisiplin
  16. Sekolah Pascasarjanna
  17. Sekolah Ilmu Kesehatan & Ilmu Alam Banyuwangi

 

5. Institut Pertanian Bogor

Universitas negeri terbaik di Indonesia yang kelima ialah Institut Pertanian Bogor. Institut Pertanian Bogor (IPB) menempati rank 449 global. Institut Pertanian Bogor merupakah Perguruan Tinggi Negeri yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat. IPB diresmikan pada tahun 1963, yang mana sebelum itu IPB merupakan sebuah fakultas pertanian di Universitas Indonesia.

Adapun fakultas yang tersedia yaitu:

  1. Faculty of Agriculture
  2. Faculty of Veterinary Medicine
  3. Faculty of Fisheries and Marine Science
  4. Faculty of Animal Science
  5. Faculty of Forestry and Environment
  6. Faculty of Agricultural Technology
  7. Faculty of Mathematics and Natural Sciences
  8. Faculty of Economics and Management
  9. Faculty of Human Ecology
  10. School of Business
  11. Faculty of Animal Husbandry   
  12. Multidisciplinary program 

6. Institut Teknologi Sepuluh November

Universitas negeri terbaik di Indonesia yang keenam ialah Institut Teknologi Sepuluh November. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menempati peringkat diantara 701-750 global. Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah universitas teknologi negeri Indonesia yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, dengan penekanan kuat pada sistem pendidikan ilmiah, teknik, dan kejuruan. ITS memiliki tujuh fakultas dengan bidang ilmu strategis yang menjadi pusat keunggulan bagi pengajaran ilmu pengetahuan, teknologi dan desain di Indonesia.

Adapun fakultas yang tersedia sebagai berikut:

  1. Sains dan Analitika Data
  2. Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem
  3. Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian
  4. Teknologi Kelautan
  5. Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas
  6. Desain Kreatif dan Bisnis Digital
  7. Vokasi
  8. Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi

7. Universitas Padjajaran

Universitas negeri terbaik di Indonesia yang ketujuh ialah Universitas Padjajaran. Universitas Padjadjaran (Unpad) menempati peringkat diantara 751-800 global. Universitas Padjadjaran Bahasa Indonesia: Universitas Padjajaran, disingkat UNPAD adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Kabupaten Sumedang dan Bandung, yang merupakan ibu kota provinsi Jawa Barat, Indonesia. Didirikan pada tanggal 11 September 1957.

Unpad juga tercatat sebagai perguruan tinggi negeri dengan peminat terbanyak se-Indonesia di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN) pada tahun 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2018.

Adapun fakultas yang tersedia antara lain:

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  3. Fakultas Kedokteran
  4. Fakultas Matematika & IPA
  5. Fakultas Pertanian
  6. Fakultas Kedokteran Gigi
  7. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  8. Fakultas Ilmu Budya
  9. Fakultas Psikologi
  10. Fakultas Peternakan
  11. Fakultas Ilmu Komunikasi
  12. Fakultas Keperawatan
  13. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  14. Fakultas Teknologi Industri Pertanian
  15. Fakultas Farmasi
  16. Fakultas Teknik Geologi
  17. Sekolah Pascasarjana

8. Universitas Diponegoro

Universitas negeri terbaik di Indonesia yang kedelapan ialah Universitas Diponegoro. Universitas Diponegoro (Undip) menempati posisi diantara 801-1000 global. Universitas Diponegoro adalah universitas negeri di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Didirikan pada tahun 1957 sebagai universitas swasta oleh Yayasan Universitas Semarang, yang kemudian pada tahun 1960 menjadi universitas negeri, dan dinamai Pangeran Diponegoro dari Jawa.

Berikut fakultas yang tersedia:

  1. Fakultas Teknik
  2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  3. Fakultas Kedokteran
  4. Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  5. Fakultas Hukum
  6. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  7. Fakultas Psikologi
  8. Fakultas Pternakan dan Pertanian
  9. Fakultas Ilmu Budaya
  10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  11. Fakultas Sains dan Matematika
  12. Sekolah Vokasi
  13. Pascasarjana

 

Baca juga: Yuk Intip Beberapa Beasiswa yang Mensyaratkan untuk Kembali ke Indonesia! 

 

9. Universitas Brawijaya

Universitas negeri terbaik di Indonesia yang kesembilan ialah Universitas Brawijaya. Universitas Brawijaya (UB) menempati posisi antara 801-1000 global. Universitas Brawijaya, didirikan pada tanggal 5 Januari 1963 dan berkedudukan di Malang. Ini adalah universitas negeri otonom di Indonesia. Universitas Brawijaya (UB) didirikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui kawat no. 258/K/61 dikirim pada tanggal 11 Juli 1961.

Universitas Brawijaya memiliki berbagai fasilitas penunjang kegiatan akademik di kampus, seperti:

  1. Perpustakaan
  2.  Laboratorium seperti LSIH & LSSR
  3. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
  4. Lembaga Pengembangan Pendidikan (LP2)
  5. Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)
  6. International Office
  7. Institut Biosains
  8. Institut Biosains
  9. UB Press
  10. UB Media dan Komunikasi
  11. Lab Terpadu
  12. UB Forest
  13. Agrotechnopark
  14. Pusat Studi dan Layanan Disabilitas

Adapun fakultas yang tersedia di UB sebagai berikut:

  1. Fakultas Hukum
  2.  Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  3. Fakultas Ilmu Administrasi
  4. Fakultas Pertanian
  5. Fakultas Peternakan
  6. Fakultas Teknik
  7. Fakultas Kedokteran
  8. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  9. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  10. Fakultas Teknologi Pertanian
  11. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  12. Fakultas Ilmu Bidaya
  13. Fakultas Kedokteran Hewan
  14. Fakultas Ilmu Komputer
  15. Fakultas Kedokteran Gigi
  16. Fakultas Ilmu Kesehatan
  17. Pascasarjana
  18. Vokasi

 

10. Universitas Hasanuddin

Universitas negeri terbaik di Indonesia yang kesepuluh ialah Universitas Hasanuddin. Universitas Hasanuddin (Unhas) menempati peringkat antara 1001-1200 global. Universitas Hasanuddin yang disingkat Unhas, merupakan salah satu perguruan tinggi otonom terbesar di Indonesia. Terletak di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Unhas didirikan pada 10 September 1956, dan dinamai menurut nama Sultan Hasanuddin, mantan Raja Kerajaan Gowa.

Adapun rumpun keilmuan yang tersedia yaitu:

  1. Rumpun Sains dan Teknologi
  2. Rumpun Sosial Humaniora
  3. Rumpun llmu Kesehatan
  4. Rumpun Ilmu Pertanian
  5. Sekolah Pascasarjana

Bagaimana Hunters? Pilihlah universitas negeri di Indonesia sesuai dengan minat dan tujuan, serta belajarlah dengan sungguh-sungguh.

Siap Mendaftar di Universitas Negeri Terbaik di Indonesia?

Hunters, kuliah di dalam negeri atau luar negeri itu sama saja bagusnya kok, tergantung dimana kamu ingin mencapai mimpi kamu! Jika kamu masih ragu di mana untuk melanjutkan studimu, yuk segera konsultasikan bersama mentor expert Schoters! 

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)