10 Universitas Terbaik di Eropa, Ada Universitas Tujuanmu?

Melanjutkan pendidikan di Universitas terbaik di Eropa kini menjadi target banyak orang untuk meraih impian kariernya. Terlebih lagi jika mendapatkan beasiswa untuk bisa menempuh kuliah di luar negeri. Artikel ini akan memberikan informasi daftar 10 universitas terbaik di Eropa versi QS Ranking 2024, bahkan beberapa universitas masuk ke peringkat tertinggi di dunia.

 

10 Universitas Terbaik di Eropa versi QS Ranking 2024

1. Universitas Cambridge, United Kingdom

Universitas Cambridge adalah salah satu universitas tertua di dunia dan salah satu yang terbesar di Inggris. Reputasinya atas pencapaian akademis yang luar biasa dikenal di seluruh dunia dan mencerminkan pencapaian intelektual para mahasiswanya, serta penelitian orisinal kelas dunia yang dilakukan oleh staf universitas. 

2. Universitas Oxford, United Kingdom

Terdapat total 22.000 mahasiswa di Oxford, sekitar setengahnya adalah mahasiswa sarjana, sementara 40 persennya adalah mahasiswa internasional. Seperempat penduduk kota Oxford adalah pelajar, menjadikan kota ini populasi termuda di Inggris.

3. Imperial College London, United Kingdom

Imperial College London adalah institusi unik di Inggris, yang hanya berfokus pada sains, teknik, kedokteran, dan bisnis. Imperial menawarkan pendidikan yang berbasis penelitian, memberikan pembelajaran bagi Hunters pada tantangan dunia nyata yang tidak mudah dijawab, pengajaran yang membuka segala pertanyaan, dan peluang untuk bekerja dalam tim multibudaya dan multi-nasional.

4. ETH Zurich, Swiss

ETH Zurich adalah salah satu universitas terkemuka di dunia dalam bidang sains dan teknologi dan terkenal dengan penelitian dan inovasi mutakhir. Didirikan pada tahun 1855 sebagai Sekolah Politeknik Federal Swiss, dan satu setengah abad kemudian universitas ini memiliki 22 peraih Nobel, 2 Peraih Medali Bidang, 3 pemenang Hadiah Pritzker, dan 1 pemenang Penghargaan Turing sebagai alumni, termasuk Albert Einstein sendiri.

5. UCL, United Kingdom

UCL dinilai sebagai universitas terbaik di Inggris untuk kekuatan penelitian dalam Research Excellence Framework (REF 2014) yang lalu. Metodologi pengajaran UCL yang berbasis penelitian berarti bahwa penelitian diintegrasikan ke dalam banyak program gelar dan mahasiswa memiliki kesempatan untuk memberikan kontribusi orisinal pada bidang studi mereka.

 

Baca Juga: Cek Top 5 Universitas di Denmark! 

 

6. Universitas Edinburgh, United Kingdom

Universitas Edinburgh adalah salah satu universitas terkemuka di dunia, yang secara konsisten berada di peringkat 50 terbaik dunia, dan menempati peringkat ke-22 di dunia dalam QS World University Rankings tahun 2024. Budaya kewirausahaan dan lintas disiplin menarik mahasiswa dan staf dari berbagai dunia, menciptakan pengalaman Edinburgh yang unik. 

7. Universitas PSL, Prancis

PSL menawarkan pendidikan yang dipimpin oleh penelitian yang dilakukan di laboratorium sekaligus mendorong diskusi dan mobilitas antar disiplin ilmu dan lintas sekolah. PSL aktif dalam memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, pengetahuan dan seni di semua sektor masyarakat.

8. Universitas Manchester, United Kingdom

Universitas Manchester menawarkan lebih dari 1.000 program gelar di bidang humaniora, bisnis, sains, dan teknik. Universitas Manchester adalah universitas bergengsi dan juga merupakan anggota dari Russell Grup, yaitu jaringan terpilih dari universitas-universitas intensif penelitian terkemuka di Inggris.

9. EPFL, Swiss

Terletak di bagian Swiss yang berbahasa Perancis, EPFL bekerja sama dengan Institut Teknologi Federal Swiss di Zurich (ETH Zurich). Sebagai bagian dari kegiatan penelitian dan pengajarannya, EPFL adalah satu-satunya universitas yang menjalankan reaktor nuklir, reaktor fusi, Superkomputer Gene/Q, dan memiliki fasilitas biohazard P3.

10. Universitas Teknik Munich, Jerman

Universitas Teknik Munich secara konsisten masuk ke peringkat tertinggi di Jerman dalam QS World Ranking University. Universitas ini menamakan dirinya The Entrepreneurial University yang bertujuan untuk menumbuhkan lingkungan yang mendukung bagi wirausahawan pemula.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan ke universitas terbaik di Eropa

Ingin lolos di salah satu universitas terbaik di Eropa? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

universitas terbaik di eropa