Rekomendasi 3 Universitas Terbaik di Rumania yang Wajib Kamu Tahu

Kuliah di Luar Negeri, 01 Nov 2022

Rumania adalah sebuah negara berpenduduk 19 juta orang yang terletak di Eropa Tenggara, bersebelahan dengan Ukraina, Moldova, Bulgaria, Serbia, dan Hungaria. Rumania terkenal akan pemandangan pegunungannya yang indah dan kota-kota tua bergaya medieval yang terpelihara dengan apik. Apakah kalian ingat legenda vampir? Cerita itu berasal dari salah satu kota tua di Rumania yang bernama Transylvania loh! Keren banget ya Rumania! 

Selain pemandangan dan kota tuanya, Rumania juga terkenal akan kualitas pendidikannya. Simak ulasan 3 universitas terbaik Rumania kali ini ya!

Untuk mendaftar ke universitas-universitas terbaik Rumania, kalian bisa mendaftar ke Romanian Government Scholarship yang memberikan kalian berbagai bantuan pendidikan mulai dari biaya pendaftaran, sekolah bahasa, biaya kuliah, biaya hidup, apartemen, asuransi kesehatan, hingga transportasi lokal loh! 

Beasiswa ini diberikan khusus oleh pemerintah Rumania untuk kamu yang memenuhi persyaratan di bawah ini:

  1. Mendaftar di program yang diajarkan dalam bahasa Rumania
  2. Melampirkan ijazah, transkrip akademik, akta lahir, rapor, dan paspor.
  3. Melampirkan proposal penelitian (bagi pendaftar jenjang S-2 atau S-3)
  4. Letter of Intent untuk pendaftar jenjang S-3
  5. Sertifikat telah menyelesaikan sekolah bahasa Rumania

             Baca juga: Romanian Government Scholarship, Beasiswa Fully Funded dan Tanpa IELTS

1. Babes-Bolyai University (BBU)

Universitas yang terletak di Transylvania ini didirikan pada tahun 1581 dan menjadi kampus terbesar di Rumania dengan jumlah mahasiswa sebanyak 44.000 orang. Universitas ini terkenal karena risetnya yang maju dan juga dosen-dosennya yang berkualitas. 

Menurut QS World University Ranking, universitas ini menduduki peringkat 1001-1200 dunia. Jika kalian ingin mendaftar di universitas ini, kalian dapat menggunakan beasiswa dari pemerintah Rumania.

2. Universitatea de Vest din Timișoara (UVT)

Universitas yang menduduki ranking 1001-1200 menurut QS World University Ranking ini terletak di Timisoara, sebuah kota di barat Rumania. Universitas ini didirikan pada tahun 1968 dan memiliki mahasiswa sebanyak 14,000. Universitas ini berfokus pada ilmu pengetahuan alam serta risetnya, dan pendidikan. Universitas yang menjadi rujukan riset, pengembangan, dan inovasi nasional ini telah melahirkan banyak negarawan Rumania.

3. University of Bucharest (UB)

Universitas yang terletak di Bukares dan didirikan pada tahun 1864 ini menduduki ranking 1001-1200 menurut QS World University Ranking. Berfokus pada 3 pilar pendidikan: pelatihan, riset, dan kontribusi pada masyarakat Rumania, UB menjadi salah satu rujukan utama pendidikan tinggi di Rumania. Dengan jumlah mahasiswa sebanyak 33,000 orang tersebar di 19 fakultas, maka tak ayal universitas ini menjadi institusi pendidikan dan riset yang sangat penting bagi Rumania. 

         Baca juga: Tips Menulis Personal Statement untuk Beasiswa

Siapkan Pendaftaran Bersama Schoters

Mau berangkat ke luar negeri dan lolos beasiswa impian? Scholarship Hunters bisa mulai persiapan dari sekarang, loh. Schoters menawarkan layanan bimbingan untuk membantu Scholarship Hunters meraih beasiswa impian yuk, konsultasi dengan mentor berpengalaman.

Program bimbingan lainnya juga bisa diakses melalui halaman website Schoters.

universitas terbaik di rumania