Bedah Kampus University of Bergen: Ranking, Jurusan & Beasiswa

University of Bergen atau Universitas Bergen adalah salah satu perguruan tinggi unggulan di Norwegia. Universitas ini menawarkan beragam program pendidikan dan penelitian berkualitas tinggi di berbagai bidang.

Dalam artikel ini, Schoters akan membahas tentang peringkat University of Bergen, lokasinya, jenjang pendidikan yang tersedia, jurusan yang ditawarkan, persyaratan pendaftaran, serta beberapa beasiswa yang dapat diikuti oleh pelajar asal Indonesia untuk studi di University of Bergen. Oleh karena itu, yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Tentang University of Bergen

University of Bergen telah memperoleh reputasi yang kuat dalam kancah pendidikan global. Menurut peringkat QS World Rank Universities 2023, universitas ini menduduki peringkat yang sangat baik di tingkat internasional. Peringkat ini membuktikan keunggulan Universitas Bergen dalam pendidikan dan penelitian. Dengan kualitasnya yang terpercaya, Universitas Bergen menjadi destinasi yang menarik bagi para pelajar dari seluruh dunia.

Terletak di Kota Bergen yang indah, University of Bergen menawarkan lingkungan belajar yang inspiratif. Kota ini terkenal dengan pemandangan alam yang memukau, seperti gunung-gunung yang menjulang dan fjord-fjord yang spektakuler. Keindahan alam yang mengelilingi kampus Universitas Bergen memberikan suasana belajar yang unik dan memikat. Selain itu, Bergen juga merupakan pusat budaya dan sejarah Norwegia, dengan banyak museum, galeri seni, dan festival yang menarik untuk dijelajahi.

Fakultas dan jurusan University of Bergen

University of Bergen menawarkan berbagai jenjang pendidikan untuk memenuhi kebutuhan para calon mahasiswa. Universitas ini menyediakan program sarjana (S1), program magister (S2), dan program doktor (S3) di berbagai disiplin ilmu. Dalam lingkup ini, para pelajar memiliki banyak pilihan untuk mengejar gelar dalam bidang studi yang mereka minati, mulai dari ilmu sosial, ilmu alam, kedokteran, hingga humaniora.

University of Bergen memiliki beragam jurusan yang menarik dan berkualitas tinggi. Para calon mahasiswa dapat memilih dari berbagai bidang studi yang mencakup ilmu sosial, humaniora, ilmu alam, kedokteran, dan banyak lagi. Beberapa jurusan yang populer di Universitas Bergen antara lain ilmu politik, ilmu lingkungan, sastra, kedokteran, dan sains alam. Dalam setiap jurusan, universitas ini menawarkan program pendidikan yang berkualitas dengan fokus pada penelitian dan pengembangan.

1. Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (faculty of mathematics and natural sciences)

a. Departemen Biologi;
b. Departemen Kimia;
c. Departemen Fisika dan Teknologi;
d. Departemen Matematika;
e. Departemen Ilmu Bumi.

2. Fakultas ilmu sosial (faculty of social sciences)

a. Departemen Administrasi dan Manajemen Bisnis;
b. Departemen Psikologi;
c. Departemen Sosiologi;
d. Departemen Antropologi;
e. Departemen Ilmu Politik.

3. Fakultas humaniora (faculty of humanities)

a. Departemen Bahasa, Sastra, dan Studi Linguistik;
b. Departemen Sejarah;
c. Departemen Studi Budaya;
d. Departemen Musik, Teater, dan Seni;
e. Departemen Filsafat dan Pertimbangan Etis.

4. Fakultas hukum (faculty of law)

a. Departemen Hukum Publik;
b. Departemen Hukum Privat;
c. Departemen Studi Perbandingan Hukum.

5. Fakultas kedokteran (faculty of medicine)

a. Departemen Kedokteran Klinik;
b. Departemen Kedokteran Dasar.

6. Fakultas psikologi (faculty of psychology)

a. Departemen Psikologi.

7. Fakultas ilmu sosial dan psikologi (faculty of social sciences and psychology)

a. Program Studi Sosiologi;
b. Program Studi Antropologi;
c. Program Studi Psikologi.

8. Fakultas ilmu pendidikan (faculty of education)

a. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini;
b. Program Studi Pendidikan Dasar;
c. Program Studi Pendidikan Khusus;
d. Program Studi Pendidikan Menengah.

 

Baca Juga: Rekomendasi Negara untuk Mahasiswa Internasional, Ada Norwegia!

 

Persyaratan pendaftaran University of Bergen

Untuk mendaftar ke University of Bergen, terdapat beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi oleh para calon mahasiswa. Persyaratan umum meliputi kelengkapan formulir aplikasi, salinan transkrip nilai pendidikan sebelumnya, serta sertifikat kemampuan berbahasa Inggris. Beberapa program

Beasiswa University of Bergen

Beasiswa yang tersedia di University of Bergen bervariasi, dan beberapa di antaranya adalah:

1. Beasiswa Siswa Internasional UiB (UiB International Student Scholarship)

Beasiswa ini ditawarkan kepada siswa internasional yang berprestasi. Tujuannya adalah untuk mendukung mereka dalam membiayai studi mereka di UiB.

2. Beasiswa EEA/Norwegian Government Scholarship Scheme

Program ini ditujukan bagi siswa internasional yang berasal dari negara-negara EEA (Area Ekonomi Eropa) dan negara yang berpartisipasi dalam Skema Beasiswa Pemerintah Norwegia. Beasiswa ini mencakup biaya hidup dan biaya kuliah.

3. Beasiswa Norad (Norwegian Agency for Development Cooperation)

Beasiswa ini ditujukan bagi siswa dari negara-negara berkembang yang ingin mengejar studi di bidang yang relevan dengan pembangunan internasional, demokratisasi, atau isu-isu terkait dengan kemiskinan.

4. Beasiswa Kemitraan NORPART

Beasiswa ini menyediakan dukungan bagi siswa yang ingin mengambil bagian dalam program pertukaran antara UiB dan lembaga pendidikan di negara-negara berkembang.

 

Baca Juga: Mengenal Personal Statement untuk Beasiswa

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos ke University of Bergen

Ingin lolos ke University of Bergen? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh program lain untuk persiapan menembus kuliah ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

University of Bergen