University of California: Info Jurusan dan Beasiswanya

Bagi para Hunters yang punya mimpi untuk kuliah di Amerika Serikat, mungkin sudah tidak asing dengan University of California. Dikenal sebagai kampus dengan fondasi penelitian yang berkualitas internasional, kampus ini menjadi salah satu tujuan mahasiswa dunia untuk melanjutkan studi lanjutan.

Jika Hunters merupakan salah satu dari mereka, yuk mampir dulu dan ikuti profil lengkap dari University of California pada artikel Schoters Bedah Kampus berikut ini!

Selayang pandang University of California

Dibangun pada 23 Maret 1863, University of California dicetuskan oleh Pemerintahan California sebagai kampus umum yang mengedepankan kesamaan hak pendidikan bagi anak-anak imigran, pemilik usaha dan kalangan lainnya. Dari semangat kesetaraan hak pendidikan itu, University of California juga telah menerima mahasiswa perempuan (yang pada saat itu masih jarang) pada tahun 1970. Ketika kampus Ivy League belum memperbolehkan wanita untuk belajar.

Selain itu, University of California telah menjadi “saksi mata” peristiwa sejarah yang ada di Amerika Serikat. Mulai dari Perang Bersaudara pada 1862, The Morrill Act, dan lain sebagainya. Telah berdiri lebih dari 150 tahun, University of California telah memiliki 1,8 juta alumni berpengaruh di California dan dunia.

Alumni berpengaruh dari University of California

Sebagai salah satu kampus yang prestige dan menjadi bagian dari sejarah Amerika Serikat. University of California telah mencetak banyak alumni berpengaruh di dunia dari berbagai kalangan, mulai dari aktor, atlet, pemerintahan dan wirausahawan. Berikut beberapa nama dari alumni berpengaruh dari University of California:

  1. Chris Pine, aktor.
  2. Aaron Rodgres, pemain Football.
  3. Steve Wozniak, Software Engineer, philanthropist, dan menjadi rekan Steve Jobs.
  4. J. Paul Getty, pendiri Getty Oil Company pada tahun 1942.
  5. Maya Harris, seorang pengacara, advokat kebijakan publik, dan salah satu tim kampanye Hillary Clinton pada tahun 2016.

Apakah kamu pernah mendengar nama-nama di atas dan ingin menjadi salah satu bagian dari University of California?

Baca Juga: Ingin Melanjutkan Jenjang Studi S2 dan S3 di Amerika Serikat? Yuk Cek Beasiswa Fullbright untuk Mahasiswa Indonesia

Letak dan kampus University of California

Alamat utama University of California ada di Oakland, California, Amerika Serikat. Namun kampus University of California dibagi menjadi 9 yang memiliki jurusan dan programnya masing-masing. Kesembilan kampus University of California yaitu:

  1. UC Berkeley 
  2. UC Davis
  3. UC Irvine
  4. UCLA
  5. UC Merced
  6. UC Riverside
  7. UC San Diego
  8. UC San Francisco
  9. UC Santa Barbara
  10. UC Santa Cruz

Bagi kamu ingin ingin mengetahui lebih rinci setiap program yang ditawarkan oleh kesembilan kampus di University of California, kamu bisa cek website resmi mereka di sini. 

Rangking dan jurusan di University of California

Sebagai salah satu pelopor pendidikan di California sejak 150 tahun yang lalu, University of California telah dikenal dengan fasilitas dan kurikulum belajar yang berstandar internasional. University of California sendiri berada di peringkat ke-44 dunia menurut QS World University Rankings 2023. Sedangkan pilihan rumpun bidang studi yang bisa kamu pilih antara lain:

  • Agriculture, Natural Resources and Environmental Studies
  • Architectural and Environmental Design and Planning
  • Art – Applied, Fine, Performing and Art History
  • Biological and Life Sciences
  • Business Management
  • Communication
  • Engineering and Computer Science
  • Ethnic and Area Studies
  • Food, Nutrition and Consumer Sciences
  • Foreign Language and Literature
  • Health Professions
  • Humanities
  • Mathematics
  • Individual Majors
  • Physical Sciences
  • Social Sciences
  • Other

Cukup banyak bukan bidang studi yang ditawarkan oleh University of California? Apakah ada salah satu bidang studi yang kamu cari di atas?

Tertarik dengan beasiswa University of California dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Panduan pendaftaran untuk masuk ke University of California

Sebagai mahasiswa baru dan berasal dari luar negeri, ada beberapa proses dan dokumen yang perlu kamu persiapkan untuk mendaftar di University of California. Beberapa persyaratannya adalah sebagai berikut:

1. Selesaikan kursus akademik selama 15 tahun dengan IPK 3,4

  1. 2 tahun sejarah. (di tempat Sejarah AS, sejarah negara Anda)
  2. 4 tahun komposisi dan literatur dalam bahasa yang Anda pelajari.
  3. 3 tahun (disarankan empat tahun) matematika persiapan perguruan tinggi yang mencakup topik yang tercakup dalam aljabar dasar dan lanjutan serta geometri dua dan tiga dimensi.* (Kursus matematika terintegrasi yang disetujui dapat digunakan untuk memenuhi sebagian atau seluruh persyaratan ini)
  4. 2 tahun sains persiapan perguruan tinggi, termasuk atau mengintegrasikan topik yang memberikan pengetahuan mendasar dalam dua dari tiga mata pelajaran ini: biologi, kimia, atau fisika. 
  5. Satu tahun kursus interdisipliner atau ilmu bumi dan antariksa yang disetujui dapat memenuhi persyaratan satu tahun. Kursus Ilmu Komputer, Teknik, Ilmu Terapan dapat digunakan di area D sebagai ilmu tambahan (yaitu, tahun ketiga atau lebih).
  6. 2 tahun bahasa kedua.
  7. Kursus 1 tahun (atau 2 semester) seni visual dan pertunjukan.
  8. 1 kursus tambahan dari bidang studi apa pun di atas.

2. Sertifikat bahasa Inggris

  1. 1. TOEFL IBT 83,
  2. 2. TOEFL PBT 550,
  3. 3. IELTS 7,
  4. 4. AP Language & Literature (3, 4, 5),
  5. 5. IB Higher Level (5, 6, 7),
  6. 6. IB Standard Level (6,7),
  7. 7. Duolingo 115

3. Dan beberapa tambahan persyaratan lain sesuai dengan bidang studi yang diambil

Bagi mahasiswa internasional yang baru ingin mendaftar dan bukan mahasiswa transfer, University of California membuka jadwal penerimaan mahasiswa baru dengan timeline berikut ini:

Pertengahan Musim Gugur: 1 Oktober – 30 November

Pertengahan Musim Dingin: 1 – 31 Juli

Pertengahan Musim Semi: 1 – 31 Oktober

Sedangkan proses pendaftarannya sendiri, kamu bisa mengirimkan semua berkas dan formulir pendaftaran melalui website resmi mereka di sini.

Baca Juga: GRE, Salah Satu Tes Persyaratan Buat Kamu yang Ingin Melanjutkan Studi ke Amerika/ Eropa

Beasiswa pelajar Indonesia di University of California

Bagi setiap mahasiswa di University of California berhak untuk mendaftarkan diri ke program financial aid yang disediakan langsung oleh kampus ketika melakukan pendaftaran mahasiswa baru. Tapi bagi kamu pelajar Indonesia, ada program dari pemerintah Indonesia dan Kampus Merdeka untuk para pelajar Indonesia yang ingin berkuliah di University of California.

IISMA Kemendikbud – Kampus Merdeka

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk mendanai pelajar Indonesia bersekolah di universitas dan industri terkemuka di luar negeri. IISMA mencakup dua jalur pendaftaran yaitu mahasiswa Sarjana dan Kejuruan.

Para awardee dari Indonesian International Student Mobility Awards dapat menghabiskan satu semester (6 bulan) di universitas atau lembaga dunia tujuan. Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa Indonesia dengan keterampilan yang dibutuhkan pada dunia kerja dna masa depan.

Beberapa kemampuan yang menjadi sasaran beasiswa IISMA adalah sense-making, social intelligence, novel and adaptive thinking, cross cultural competence, computational thinking, new-media literacy, transdisciplinarity, design mindset, cognitive load management and virtual collaboration.

Beberapa dokumen yang wajib kamu persiapkan untuk mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) antara lain:

  1. Surat pernyataan ditandatangani dan dimeteraikan (bermaterai) orang tua pelamar (S1 | Vokasi)
  2. Surat pernyataan yang ditandatangani dan dimeteraikan (bermaterai) oleh Kepala Departemen dan Kepala Kantor Internasional atau jabatan lain yang relevan (S1 | Vokasi)
  3. Surat Pernyataan Penerima Beasiswa KIP/Bidikmisi 
  4. Surat Pernyataan Konfirmasi Keikutsertaan Program Unggulan MBKM oleh Unit Pengelola MBKM Universitas Asal (klik disini)*
  5. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris (IELTS/TOEFL-iBT/Duolingo/TOEIC). 
  6. Transkrip akademik (dalam bahasa Inggris).

Untuk informasi lebih lengkap dari Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) ke University of California, kamu bisa cek info beasiswanya lewat website resmi mereka di sini. 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos University of California

Ingin daftar University of California? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan masuk University of California? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

University of California