University of Oxford: Fakta Unik dan Cara Mendapatkan Beasiswa!

Kuliah di Luar Negeri, 20 Okt 2022

University of Oxford, perguruan tinggi tertua di Inggris dan menjadi incaran banyak pelajar dari seluruh dunia karena kualitas pendidikan dan jejaring alumninya mengglobal. Jadi, tidak heran kalau kamu juga punya mimpi untuk melanjutkan studimu di sini. Tapi, apakah kamu sudah benar-benar kenal dengan universitas tujuanmu ini?

Ketahui 5 hal menarik yang wajib kamu ketahui tentang University of Oxford sebelum mendaftar. Berikut Schoters Bedah Kampus edisi University of Oxford!

Sejarah dan Ranking Dunia University of Oxford

Sejarah University of Oxford sudah dimulai sejak tahun 1096, menjadikannya salah satu universitas tertua di dunia. University of Oxford sudah mengalami banyak hal bersejarah seperti Larangan Paris di 1167, The Oxford Movement pada 1833, partisipasi wanita pertama kalinya di 1920, dan pengembangan vaksin di tahun 2020 hingga 2022. 

Kualitasnya yang sudah teruji dengan waktu, membuat University of Oxford terus mempertahankan rankingnya sebagai salah satu lembaga studi paling bagus di dunia. Saat ini University of Oxford sendiri duduk di peringkat 4 menurut QS World University of Rankings dengan 62 program sarjana dan 350 studi pascasarjana.

          Baca Juga: Kampus Top 10 Dunia, University of Oxford salah satunya!

Jurusan Terbaik University of Oxford

Sama seperti universitas lain, University of Oxford juga dikenal dengan beberapa fakultasnya yang menawarkan fasilitas dan pengalaman terbaik di bidangnya. Beberapa program andalannya antara lain:

  1. Filsafat
  2. Literatur
  3. Geografi
  4. Matematika
  5. Sejarah
  6. Kesehatan dan Obat-obatan
  7. Ilmu Biomedik
  8. Ilmu Alam
  9. Teknik Elektro
  10. Arkeologi dan Antropologi
  11. Sistem Informasi dan Ilmu Komputer
  12. Ilmu Hukum

Bagi kamu yang tertarik dengan beberapa bidang di atas, kamu bisa cek langsung di website resmi University of Oxford ya.

Budaya dan Tradisi di University of Oxford

Selain dikenal dengan kualitas pendidikannya, University of Oxford juga diingat dengan budaya dan tradisi kampusnya yang unik. Berikut beberapa hal yang bisa kamu catat sebelum kuliah di University of Oxford.

  1. Jam Oxford yang selalu diatur untuk lebih cepat 5 menit dari yang sebenarnya.
  2. Formal Three Meal Course. Dalam setiap minggu akan diadakan makan formal yang harus kamu hadiri dengan pakaian formal dari ujung kepala sampai ujung kaki. Unik ya?
  3. Tidak boleh injak rumput! Rumput dan halaman di University of Oxford selalu dijaga dengan baik dan menjadi rahasia umum kalau kamu tidak boleh menginjak rumput.
  4. Lagu Souls College akan sering kamu dengar di University of Oxford.

Bagaimana? Apakah kamu sudah ada bayangan bagaimana rasanya belajar di University of Oxford.

Para Alumni Dunia University of Oxford

University of Oxford sudah mencetak banyak sekali alumni berpengaruh di dunia dari era 13 hingga 21. Beberapa diantara mereka adalah:

    1. Roger Bacon, cedekiawan di abad ke-13
    2. Erasmus, cedekiawan di abad ke 15
    3. William Harvey, penemu sirkulasi darah
    4. Oscar Wilde, sastrawan novel klasik Inggris
    5. Qian Zhongshu, akademis dan penulis asli Cina
    6. Zeinab Badawi, jurnalis dan broadcaster
    7. dan lain lain

Apakah ada nama yang kamu kenal di atas?

Beasiswa untuk Pelajar Indonesia di University of Oxford

University of Oxford sebenarnya telah menyediakan banyak beasiswa untuk mahasiswa internasional. Sebagai pelajar Indonesia, beberapa beasiswa yang bisa kamu dapatkan antara lain:

          Baca Juga: Kuliah Gratis di University of Oxford dengan Beasiswa Chevening

Reach Oxford Scholarship

Program Sarjana 

Simin and June Li Undergraduate Scholarship

Program Sarjana

Oxford Centre for Islamic Studies (OCIS) Undergraduate Scholarship

Program Sarjana

LPDP

Program S2 dan S3

Chevening Scholarship

Program S2 dan S3

Persiapkan Kuliah di University of Oxford Sekarang!

Berikut informasi Schoters Bedah Kampus Edisi University of Oxford. Sejalan dengan fasilitas dan pengalaman belajar yang luar biasa di University of Oxford, tentunya akan dibarengi dengan seleksi penerimaannya yang ketat.

Yuk siapkan dirimu dengan tutor alumni University of Oxford lewat program konseling kuliah luar negeri dari Schoters. Klik banner di bawah ini!

bimbingan kuliah di university of oxford