Pilihan Jurusan dan Beasiswa di University of Sydney

Yuk, jalan-jalan lagi ke kampus terbaik yang ada di Australia. Sekarang, kita berhenti di kampus dengan ciri khas warna biru, emas, dan merah yang ada di jantung Kota Sydney. Yups, benar sekali. Saatnya kita bedah kampus University of Sydney dengan segala fasilitas dan beasiswa yang bisa Hunters dapat!

Selayang Pandang University of Sydney

University of Sydney telah dibangun sejak 1850 dan fokus pada pengembangan aspek intelektual, sains, dan sosio-politik yang ada di Australia. Kampus tersebut dibangun berdasarkan dua prinsip, yakni toleransi beragama dan prestasi akademik. Kedua prinsip atau gagasan itu merupakan cara berpikir baru dalam lembaga perguruan tinggi pada pertengahan abad ke-19 yang menantang model universitas tradisional.

University of Sydney juga telah membuka kesempatan untuk para pelajar wanita mendaftar sejak tahun 1881. Mary Elizabeth Brown dan Isola Florence Thompson menjadi wisudawan pertama yang lulus dari sana dengan gelar Bachelor of Arts. 

 

Lokasi University of Sydney

University of Sydney terletak di jantung Kota Sydney, Negara Bagian New South Wales, Australia. Namun, universitas tersebut juga mempunyai kampus belajar yang terletak di beberapa bangunan berbeda. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Camperdown/Darlington, bangunan kampus paling besar dengan luar 72 hektar yang berisi enam perpustakaan, galeri seni, museum sejarah, dan halaman rumput yang terawat sempurna,
  2. Camden Campus, Mahasiswa dan peneliti Ilmu Kedokteran Hewan dan Pertanian dapat mengakses jaringan peternakan dan unit penelitian yang luas di kampus Camden. Camden berada di kota metropolis Sydney dan bagian dari area pertumbuhan di pinggiran barat daya Sydney,
  3. Mallet Street Campus, terletak di Camperdown, hanya berjalan kaki singkat dari Kampus Camperdown/Darlington,
  4. Sydney College of the Arts, perguruan tinggi seni visual berbasis di Old Teachers College,
  5. Sydney Medical School Campuses and Teaching Hospitals, selain Gedung Edward Ford di kampus utama, Sydney Medical School memiliki staf yang berbasis di berbagai rumah sakit pendidikan dan klinik spesialis di seluruh NSW,
  6. Surry Hills Campus, menampung kantor utama Sydney Dental School, Perpustakaan Kedokteran Gigi, fasilitas pengajaran, seminar dan rekreasi dan fasilitas klinis yang luas dari Rumah Sakit Gigi Sydney,
  7. 133 Castlereagh Street, CBD, University of Sydney Business School dan Sydney Law School membuka beberapa kelas di sini.

 

Nah, selain beberapa kampus di atas, University of Sydney juga membuka fasilitas lain. Dimulai dari Sydney Conservatorium of Music, Westmead, dan One Tree Island Research Station

 

Ranking dan Jurusan di University of Sydney

Sebagai salah satu kampus yang berpengaruh, University of Sydney berada di peringkat ke-41 dunia versi QS World Rankings University 2023. Lebih lanjut, universitas tersebut juga membuka tiga jenjang pendidikan, yakni sarjana, pascasarjana, dan penelitian. Beberapa disiplin ilmu yang ditawarkan antara lain:

  1. Arts and Social Sciences
  2. Architecture, Design and Planning
  3. Business
  4. Economics
  5. Education and Social work
  6. Engineering and Computer Science
  7. Law
  8. Medicine and Health
  9. Music
  10. Science

 

Ada pun informasi lengkap mengenai jurusan dan program studi yang ditawarkan, Hunters bisa cek langsung ke website resminya di sini

Melalui penjelasan ranking dan jurusan di atas, apakah University of Sydney merupakan universitas yang cocok untuk Hunters? Yuk, konsultasikan perencanaan pendidikan di tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” bersama para mentor expert dari Schoters.

                                                      [Schoters] Form Konsultasi Harvester

Proses Pendaftaran di University of Sydney

Bagi para mahasiswa internasional yang ingin kuliah di University of Sydney, kampus ini telah membuka pintunya lebar-lebar, termasuk bagi para pelajar Indonesia. Bagi Hunters yang ingin melanjutkan studi di sana, berikut step by step pendaftarannya.

1. Pilih jurusan

Pertama-tama tentukan dan kenali apa yang ingin Hunters pelajari, materi pembelajaran, persyaratan dokumen setiap jurusan, deadline dan jenjang karir yang bisa Hunters dapatkan dari bidang studi tersebut.

2. Periksa syarat dan ketentuan pendaftaran

Setiap jurusan memiliki kebutuhannya masing-masing. Hunters bisa cek apakah Hunters memiliki ijazah pendidikan terakhir, sertifikat bahasa Inggris, dan portfolio yang sesuai. Hunters bisa cek lebih banyak pada link berikut. 

3. Lengkapi setiap dokumen

Perhatikan dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar. Dimulai dari hasil tes bahasa Inggris, transkrip nilai, ijazah, dokumentasi untuk beasiswa (jika ada), akte kelahiran, tanda pengenal, dan lain sebagainya.

4. Cek ketentuan pembayaran

Nah, untuk ini juga harus Hunters perhatikan, ya. Beberapa diantaranya adalah biaya SPP dan biaya tambahan lainnya.

5. Submit form pendaftaran

Jika Hunters sudah melalui empat tahapan di atas, Hunters bisa mulai mendaftar melalui website resmi University of Sydney lewat agen pendidikan atau langsung ke universitasnya.

Nah, jika Hunters sudah punya dokumen yang dibutuhkan, tapi terkendala biaya, berikut beberapa pilihan beasiswa untuk pelajar Indonesia!

 

Beasiswa Pelajar Indonesia di University of Sydney

Bagi Hunters yang masih terkendala biaya, University of Sydney membuka peluang beasiswa untuk pelajar Indonesia. Berikut rincian program beasiswa yang bisa Hunters coba!

Sydney International Student Award (Indonesia)

Penghargaan ini mengakui prestasi akademik pelamar dari Indonesia dengan memberikan diskon 20% dari SPP. Untuk mendapatkan beasiswa ini, beberapa persyaratannya adalah:

  1. Menjadi mahasiswa internasional,
  2. Menjadi warga negara Indonesia (kewarganegaraan ganda Australia dan Selandia Baru tidak memenuhi syarat),
  3. Menerima izin masuk ke kursus sarjana penuh waktu, kursus pascasarjana, atau gelar penelitian pascasarjana, dimulai pada tahun 2023,
  4. Bukan warga negara Australia atau Selandia Baru atau penduduk tetap Australia,
  5. Belum memulai gelar di University of Sydney pada saat Anda melamar beasiswa. Namun, Anda memenuhi syarat jika Anda menyelesaikan gelar di sini dan melamar penghargaan dengan gelar kedua.

 

Namun, beasiswa ini juga tidak tersedia untuk Magister Administrasi Bisnis (MBA), MBA Eksekutif (EMBA), belajar di luar negeri, program pendidikan eksekutif, atau kursus yang ditawarkan dalam offline learning atau untuk siswa yang berpartisipasi dalam program jalur double-degree di bidang Hukum, ya.

Sementara itu, untuk mendaftar, Hunters cukup memilih jurusan tujuanmu dan mengirimkan berkas beasiswa University of Sydney seperti:

  1. Esai tentang diri Hunters (maksimal 200 kata);
  2. Esai motivasi (maksimum 200 kata);
  3. Esai tentang apa yang mau Hunters capai dengan studi Hunters di University of Sydney atau bagaimana itu akan membantumu mencapai tujuanmu (maksimum 200 kata).

 

Jika Hunters berhasil menerima beasiswa ini, Hunters akan diberi tahu saat menerima tawaran masuk melalui email. Manfaat beasiswa akan diterapkan pada biaya sekolah Hunters dalam surat penawaran penerimaan Hunters.

 

Baca Juga: Mengenal Kampus University of Adelaide

 

Australia Awards Scholarship (AAS) 

Beasiswa AAS menawarkan bantuan dana pendidikan penuh dan bisa Hunters dapatkan saat berkuliah di University of Sydney. Untuk informasi lebih lanjut tentang beasiswa ini, Hunters bisa cek di artikel Schoters berikut ini. 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Luar Negeri 

Ingin lulus universitas luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah!

Butuh program lain untuk persiapan studi di universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu. Dijamin terlengkap!

                                               [Schoters] Form Konsultasi Harvester