Yale University: Fasilitas, Pendaftaran, dan Beasiswa

Kuliah di Luar Negeri, 27 Okt 2022

Yale University telah dikenal sebagai salah satu kampus Ivy League di Amerika Serikat yang fasilitas, kualitas, dan jejaringnya yang kuat. Berdiri sejak 1701, Yale University sudah membuka pintunya bagi mahasiswa internasional dari 115 negara di dunia. 

Bagi kamu yang ingin melanjutkan mimpi dan menjadi bagian dari tradisi dan sejarah dari kampus ini, yuk kenali lebih lanjut profilnya dengan Schoters bedah kampus edisi Yale University!

Lokasi, Ranking, dan Fakultas Terbaik Yale University

Yale University terletak di kota New Heaven, Connecticut, Amerika Serikat. New Heaven sendiri merupakan kota ketiga terbesar di Connecticut. Yale University berada di peringkat ke-11 sebagai universita terbaik di dunia dengan 124 pilihan studi Pascasarjana dan 2.797 mahasiswa internasional.

Fakultas terbaik dari Yale University antara lain ekonomi, sejarah, ilmu politik, molekul dan perkembangan biologi, ilmu komputer, psikologi, hubungan internasional, bahasa Inggris, statistik dan data science, dan jurusan teknik. 

Alumni Dunia dari Yale University

Sama seperti reputasinya yang gemilang, Yale University sudah mencetak beberapa individu berpengaruh dan mengembangkan jejaring alumni yang kuat. Beberapa tokoh yang populer antara lain Hillary Clinton, Lupita Nyong’o, George Walker Bush, dan Brian tyree Henry. 

Sebagai alumni dari Yale University, kamu juga akan berhak mengikuti beberapa kegiatan dan jaringan resmi mereka yang bisa kamu akses di website kampus ya. 

Tradisi dan Lingkungan di Yale University

Telah berkembang hingga hampir 300 tahun, Yale University juga mempunyai beberapa tradisi yang tidak bisa kamu temukan di kampus lain. Seperti upacara Commencement, maskot kesayangan kampus Handsome Dane (yang seorang anjing di tahun 1889), Class Day, upacara White Coat di fakultas kesehatan, dan lain sebagainya. 

Beasiswa untuk Pelajar Indonesia di Yale University

Yale University sendiri sebenarnya telah membuka beberapa program untuk mahasiswa internasional, salah satunya Indonesia, untuk bisa belajar di Yale University secara gratis. Beberapa program dan beasiswa yang bisa kamu ambil antara lain:

1. Yale Young Global Scholars

YYGS merupakan program yang bertujuan untuk mempertemukan mahasiswa berprestasi dari seluruh dunia dan berdiskusi tentang masalah global. Program ini juga selalu diadakan pada musim panas. Sedangkan bagi kamu yang memiliki keterbatasan secara ekonomi, Yale University siap membantumu dengan pembebasan biaya pendaftaran seluruh program sebesar $3.500 atau sekitar Rp 50 juta. 

2. Beasiswa Yale

Beasiswa Yale difokuskan kepada para mahasiswa di tingkat Sarjana untuk memberikan mahasiswa dukungan keuangan. Beasiswa ini dapat mengakomodasi kebutuhan belajar dengan nominal hingga $50.000 per tahunnya. Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa cek informasi terbarunya lewat website resminya ya. 

Selain dua beasiswa di atas, kamu bisa mencari beasiswa yang tersedia di fakultas masing-masing atau mengikuti beasiswa yang lebih umum seperti LPDP, Fulbright Scholarship, atau pun Global UGRAD.

            Baca juga: Beasiswa Global UGRAD: Info Pertukaran Pelajar ke Amerika Terbaru!

Cara Mendaftar di Yale University

Tata cara pendaftaran di Yale University sebenarnya tidak susah dan akan berbeda untuk setiap jenjang dan fakultas yang diambil. Bagi kamu yang ingin memulai studi Sarjana di Yale University kamu harus menyiapkan form aplikasi ke Yale University, dua surat rekomendasi, transkrip nilai, hasil test SAT, dan rapor pertengahan tahun.

Sedangkan bagi calon mahasiswa Pascasarjana, kamu bisa langsung mendaftar secara online di website bidang studi tujuan masing-masing. 

Cukup simple-kan cara mendaftarnya? Tapi bagi kamu yang ingin lebih memantapkan persiapan, Schoters punya bimbingan sekolah luar negeri dan sekaligus persiapan pengambilan beasiswa loh. Yuk klik link di bawah ini!

             Baca juga: Beasiswa Fulbright Untuk Studi S-2 dan S-3 di Amerika Serikat

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

yale university