5 Rekomendasi Kampus Terbaik di Jepang

Halo, Scholarship Hunters! Jepang saat ini adalah salah satu negara industri dunia. Jadi, tak heran banyak yang menganggumi dan bercita-cita untuk kuliah di negara ini, mungkin kalian juga salah satunya. Dengan keindahan alam dan budayanya yang khas tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa internasional. Berikut informasi mengenai kampus-kampus terbaik di Jepang yang bisa kamu jadi referensi untuk pilihan studimu.

Daftar kampus terbaik di Jepang

1. University of Tokyo

The University Of Tokyo

University of Tokyo merupakan salah satu kampus terbaik di Jepang yang telah berumur 117 tahun. University of Tokyo juga merupakan universitas penelitian negeri ternama di Jepang. Universitas ini merupakan anggota pertama dari tujuh universitas nasional di Jepang.

University of Tokyo mempunyai lima kampus utama yang terletak di Hongo, Komaba, Kashiwa, Shirokane, dan Nakano. Universitas ini memiliki 10 fakultas dengan total sekitar 28.000 mahasiswa, di mana 2.100 mahasiswa di antaranya adalah pelajar asing (jumlah yang besar untuk ukuran Jepang).

Meski hampir segala jenis bidang akademis diajarkan di sini, University of Tokyo terkenal akan fakultas hukum dan sastranya. University of Tokyo juga telah menghasilkan banyak politikus Jepang hebat. Salah satunya adalah  perdana menteri Jepang periode 2009–2010, Yuki Hayotama.

2.  Kyoto University

Kyoto University

Kampus terbaik di Jepang kedua dalam daftar ini adalah Kyoto University. Kyoto University adalah universitas negeri yang terletak di Kota Kyoto, Jepang. Universitas ini didirikan pada 1897 dengan nama asli Universitas Imperial Kyoto dan merupakan universitas negeri tertua nomor dua di Jepang. Universitas Kyoto memiliki 10 fakultas, 17 sekolah pascasarjana, 13 institut riset, serta 29 pusat riset dan pendidikan.

Kyoto University memiliki beberapa ciri khas. Salah satunya adalah tradisi akademik yang menghargai semangat kebebasan dan kemerdekaan akademik. Penelitian yang dilakukan juga berdasarkan minat dan tujuan masing-masing individu. Sebagai universitas berorientasi penelitian, Kyoto University hingga kini telah menghasilkan lima penerima Penghargaan Nobel dalam bidang fisika teori, kimia, dan biologi molekuler.

Kyoto University sangat cocok bagi kamu yang suka dengan riset maupun yang suka dengan bidang fisika, kimia, mapun biologi. Siapa tahu dengan kuliah di sini, kamu bisa menjadi salah satu pemenang penghargaan Nobel di bidangnya suatu saat nanti. Keren, ya, kampus ini!

3. Osaka University

Osaka University

Osaka University adalah universitas nasional yang terletak di Kota Osaka, Jepang. Universitas ini didirikan pada 1869. Osaka University mempunyai empat kampus utama, yaitu di Suita, Toyonaka, Mino dan Nakanoshima dengan 11 fakultas yang telah berdiri.

Osaka University juga merupakan salah satu kampus terbaik di Jepang, lho! Menurut Top University  2018, Osaka University menempati kampus terbaik nomor tiga terbaik di Jepang.

Lebih lanjut, Osaka University merupakan anggota dari tujuh universitas nasional di Jepang. Universitas ini memiliki lima institut penelitian dan dosen-dosen ternama. Dua program S1 disampaikan dalam bahasa Inggris dan untuk jenjang S2 tersedia lima program kuliah yang ditawarkan dalam bahasa Inggris.

 

Baca jugaRekomendasi Beasiswa S1 Jepang

 

4. Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech) 

 Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech) 

Tokyo Institute of Technology atau Tokyo Tech adalah lembaga pendidikan tinggi terbesar di Jepang yang ditujukan untuk ilmu pengetahuan dan teknologi. Tokyo Institute of Technology diakui sebagai universitas terkemuka, terutama dalam ilmu alam dan teknik lapangan. Kampus ini juga merupakan salah satu kampus terbaik di Jepang.

Tokyo Institute of Technology berada di peringkat ke-61 dalam penilaian secara keseluruhan, peringkat ke-21 di bidang teknologi, dan peringkat ke-57 pada bidang ilmu alam, di antara universitas-universitas terbaik dunia tahun menurut Times QS World University Rankings. Kampus ini juga menempati peringkat 4 kampus terbaik di Jepang.

Lebih lanjut, Tokyo Institute of Technology telah berdiri selama lebih dari 130 tahun. Dari sekitar 10.000 mahasiswanya yang tersebar di kampus Ookayama, Suzukakedai, dan Tamachi, separuhnya merupakan mahasiswa program sarjana (S1). Sementara itu, separuh lainnya terdaftar di program master dan doktoral.

Nah, jika kamu ingin kuliah di jurusan ilmu alam dan teknik lapangan, kampus ini merupakan pilihan yang sangat cocok. Siapa tahu setelah kuliah di Tokyo Institue of Technology  kamumenjadi ilmuwan terbaik Indonesia, bahkan dunia.

5. Tohoku University

Tohoku University
Tohoku University adalah universitas negeri yang terletak di Kota Sendai, Prefektur Miyagi, wilayah Tohoku, Jepang. Tohoku University adalah salah satu kampus terbaik di Jepang yang didirikan pad 1907 sebagai Universitas Imperial ketiga di Jepang.

Universitas Tohoku juga merupakan universitas negeri yang menjadi anggota dari Tujuh Universitas Nasional. Universitas ini menawarkan tiga program S1 dan beberapa program S2 dalam bahasa Inggris. Selain itu, Tohoku University memiliki lima kampus yang terdiri dari museum, perpustakaan, tempat konferensi, panggung pertunjukan, taman-taman dan sebuah rumah sakit.

Lebih lanjuut, Universitas Tohoku memiliki 10 fakultas dan 15 sekolah pascasarjana dengan total mahasiswa 17.883 orang. Universitas ini adalah universitas negeri pertama di Jepang yang menerima mahasiswa perempuan (menerima 3 mahasiswi pada tahun 1913). 

 

Baca juga: Profil Tohoku University

 

Raih beasiswa kuliah luar negeri ke Jepang!

Ingin cari tahu tentang pilihan beasiswa yang ditawarkan 5 kampus di atas? Ikuti bimbingan bersama lulusan kampus top jepang bersama mentor Schoters!

kampus terbaik di Jepang