DAAD Scholarship: Beasiswa Fully Funded Jerman

Sejak puluhan tahun lalu, Jerman telah menjadi salah satu negara tujuan untuk belajar, salah satu orang Indonesia lulusan Jerman yang paling terkenal adalah Pak Habibie. Lalu, salah satu jurusan paling favorit di Jerman yaitu sains dan teknik. Selain itu, Jerman termasuk negara yang aman di benua Eropa. Jerman juga memiliki kualitas kehidupan yang sangat baik. Sehingga, tidak heran jika banyak pelajar dari belahan dunia ingin melanjutkan studi di Jerman, khususnya pelajar Indonesia.

Pemerintah Jerman bekerjasama dengan organisasi independen lembaga pendidikan tinggi Jerman memberikan beasiswa yang disebut DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst) Scholarship. Tahukah Hunters, bahwa beasiswa ini ditujukan untuk lulusan sarjana/master dari Indonesia yang ingin melanjutkan studi master maupun doktoral di Jerman, lho. Menariknya, walaupun pendaftar memiliki pendanaan secara mandiri atau beasiswa dari sumber lain, ia tetap bisa mendaftar program DAAD Scholarship. DAAD Scholarship diselenggarakan dengan beberapa bentuk sebagai berikut. 

1. Development-Related Postgraduate Courses (EPOS) : Beasiswa program Pascasarjana (Master dan PhD) bagi para profesional muda yang ingin melanjutkan studi ke Jerman. Beasiswa ini bersifat beasiswa penuh.

2. Helmut-Schmidt-Programme: Master’s Scholarship for Public Policy and Good Governance (PPGG) : Beasiswa yang ditujukan untuk calon mahasiswa jenjang master yang berasal dari Afrika, Amerika Latin, Asia Selatan, Asia Tenggara dan negara – negara Timur Tengah. Beasiswa ini digagas untuk membimbing para calon pemimpin masa depan yang sesuai dengan prinsip – prinsip Kebijakan Publik dan Good Governance.

3. Sustainable Water Management: Study Scholarship and Research Grants for Foreigner: Beasiswa ini ditujukan khusus untuk bidang studi pengolahan air yang berkelanjutan dan program studi yang terkait dengan bidang tersebut. Beasiswa penuh di jenjang pascasarjana (magister dan doktoral) ini ditujukan untuk calon mahasiswa yang berasal dari Kamboja, Indonesia, Iran, Yordania, Kazakhstan, Kyrgystan, Laos, Mongolia, Myanmar, Tajikistan, Thailand, Turkmenistan, Uzbekistan dan juga Vietnam.

4. Doctoral Degree dan Post Doc Scholarship Programs : Beasiswa ini merupakan bentuk bantuan finansial untuk siswa internasional yang menempuh program Doktoral dan Post Doctoral. Jika memiliki kualifikasi di atas rata – rata dan telah menyelesaikan gelar Master selambat – lambatnya pada saat periode pendanaan dimulai.

 

Berkas yang Diperlukan untuk Beasiswa DAAD

  1. Formulir aplikasi
  2. Curriculum vitae (CV)
  3. Surat motivasi
  4. Surat rekomendasi
  5. Surat pengalaman kerja
  6. Bukti keterampilan bahasa
  7. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai

     

 

Persyaratan Khusus Beasiswa DAAD yang Perlu Diperhatikan

  1. Untuk beasiswa magister, pendaftar menyelesaikan pendidikan sarjana kurang dari 6 (enam) tahun.
  2. Memiliki pengalaman kerja professional selama minimal 2 (dua) tahun.
  3. Jika memilih perkuliahan dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, maka harus menyertakan sertifikat kemampuan bahasa Inggris dengan skor minimal IELTS (Band 6) atau TOEFL PBT 550, TOEFL CBT 213, dan TOEFL iBT 80.
  4. Sedangkan jika memilih perkuliahan dengan bahasa pengantar bahasa Jerman, harus memiliki sertifikat DSH 2 atau TestDaF 4 dengan level minimum A2.

 

Baca Juga: Ketahui Info Mengenai Beasiswa DAAD S2

 

Cara Mendaftar Beasiswa DAAD

Pendaftaran tergantung masing – masing perguruan tinggi. Bahkan lamanya waktu pengajuan tergantung dari masing – masing program beasiswa DAAD yang Hunters ikuti. Hunters bisa memerlukan waktu 3 (tiga) bulan bahkan 1 (satu) tahun mulai dari batas akhir pendaftaran hingga mulai kuliah. Hunters bisa langsung cek deadline penerimaan mahasiswa baru untuk universitas yang menerima beasiswa DAAD, di website resminya.

Baca Juga: Tertarik untuk Ke Jerman? Wajib Pelajari Jenis Tes Bahasa Jerman Ini!

Rekomendasi Bimbingan Lolos Beasiswa DAAD

Ingin lolos beasiswa DAAD ke Jerman? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat beasiswa? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)