5 Negara dengan Peluang Kerja Perawat Terbaik di Dunia

Dalam bidang kesehatan, peluang kerja perawat memang cukup menjanjikan. Sebab, selain dokter, perawat kini juga menjadi tenaga kesehatan yang paling dibutuhkan di dunia. Maka, tak ayal jika peluang kerja perawat di berbagai negara di dunia juga cukup besar.

Pada artikel ini, Schoters akan memberikan ulasan mengenai lima negara dengan peluang kerja perawat terbaik di dunia dengan merujuk pada jumlah gaji perawat di kelima negara tersebut. Oleh karena itu, simak sampai habis, ya, Hunters!

5 Negara dengan Peluang Kerja Perawat Terbaik di Dunia

1. Jerman 

Jerman menjadi salah satu negara dengan peluang kerja perawat terbaik di dunia. Sebab, gaji perawat di negara tersebut menunjukkan angka yang cukup tinggi. 

Berdasarkan data yang dirilis Payscale, tercatat, gaji perawat per jam di Jerman mencapai 17 euro atau setara Rp293 ribu. Sementara itu, gaji perawat per tahun di Jerman mencapai 33 ribu euro atau setara Rp570 juta.

2. Norwegia

Selain Jerman, Norwegia juga menjadi negara dengan peluang kerja perawat terbaik di dunia. Sebab, sama dengan Jerman, gaji perawat di Norwegia juga terbilang cukup tinggi.

Berdasarkan data yang dirilis OECD, tercatat, jumlah gaji perawat per jam di Norwegia mencapai angka 261 NOK atau setara Rp388 ribu. Sementara itu, jumlah gaji perawat per tahun di Norwegia mencapai angka 546 ribu NOK atau setara  Rp809 juta. Cukup tinggi, bukan? 

 

Baca Juga: Daftar Negara dengan Gaji Dokter Tertinggi Di Dunia

 

3. Jepang

Negara dengan peluang kerja perawat terbaik selanjutnya adalah Jepang. Sebab, di negara yang berjuluk Negeri Sakura ini, perawat akan mendapatkan gaji bulanan yang tinggi.

Tercatat, jumlah gaji perawat per bulan di Jepang mencapai angka 750 ribu Yen atau setara Rp78 juta. Sementara itu, jumlah gaji perawat per tahun di Jepang bisa mencapai angka 9 juta Yen atau setara Rp938 juta.

4. Australia

Menurut data yang dirilis Payscale, jumlah gaji perawat per jam di Australia mencapai 33 dolar Australia atau setara Rp347 ribu. Sementara itu, jumlah gaji per tahun di Australia mencapai angka 64 ribu dolar Australia atau setara Rp673 juta.

Cukup tinggi, bukan? Oleh karena itu, tak ayal jika Australia juga termasuk dalam daftar negara dengan peluang kerja perawat terbaik di dunia.

5. Amerika Serikat

Amerika serikat (AS) juga menjadi negara dengan peluang kerja perawat terbaik di dunia. Sebab, sama dengan negara-negara sebelumnya, gaji tenaga perawat di negara tersebut cukup tinggi.

Menurut data yang dirilis Bureau of Labor Statistic (BLS), tercatat, jumlah gaji perawat per jam di AS mencapai angka 35 dolar AS. Sementara itu, jumlah gaji per tahun di negara berjuluk negeri Paman Sam tersebut mencapai Rp1,2 miliar.

Peluang Kerja Perawat di Luar Negeri Selain di Rumah Sakit

Selain bekerja di rumah sakit swasta maupun pemerintah, peluang kerja perawat juga tersebar di berbagai organisasi internasional. Untuk penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Bekerja di World Health Organization

Selain bekerja di rumah sakit, tenaga perawat juga bisa bekerja di organisasi kesehatan internasional atau yang biasa disebut World Health Organization (WHO). 

Di WHO, nantinya, perawat akan ditugaskan ke daerah-daerah yang masih membutuhkan tenaga perawat dalam jumlah yang tinggi. Adapun cakupan wilayah penugasan perawat yang bekerja di WHO meliputi Eropa, Amerika, Asia Tenggara, dan Asia Pasifik,   

2. Bekerja di NGO kesehatan dunia

Selain di WHO, peluang karier perawat juga bisa ditemukan di Non Government Organization (NGO) kesehatan. Sebab, NGO kesehatan ternyata juga butuh banyak perawat untuk memenuhi suplai tenaga kesehatan di daerah-daerah terpencil.

 

Baca Juga: Ketahui Tahapan Menjadi Dokter Di Korea Selatan

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Luar Negeri

Ingin kerja jadi perawat di luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.