10 Negara dengan Rata-Rata Gaji Dokter Tertinggi di Dunia

Menjadi dokter yang berkarier di luar negeri merupakan impian banyak orang. Sebab, gaji dokter di luar negeri ternyata cukup tinggi. Apalagi, di 10 negara berikut ini. Mereka menjadi negara dengan rata-rata gaji dokter tertinggi di dunia.

Lantas, negara mana saja, sih, yang memiliki rata-rata gaji dokter tertinggi di dunia? Untuk mengetahui hal tersebut, yuk, simak ulasannya di bawah ini!

10 Negara dengan Rata-Rata Gaji Dokter Tertinggi di Dunia

1. Denmark

Menurut data yang dirilis Yahoo Finance, rata-rata gaji dokter per tahun di Denmark mencapai angka 193 ribu dolar Amerika Serikat atau setara Rp3,1 miliar. Dengan jumlah tersebut, Denmark menjadi negara dengan rata-rata gaji dokter tertinggi di dunia. 

Sebagai informasi, Denmark merupakan salah satu negara dengan sistem kesehatan terbaik di dunia. Dokter-dokter di sana juga memiliki kesejahteraan hidup yang tinggi lantaran tunjangan yang diberikan oleh pemerintah juga cukup tinggi.

2. Uni Emirat Arab 

Uni Emirat Arab (UAE) juga merupakan negara dengan rata-rata gaji dokter tertinggi di dunia. Masih menurut Yahoo Finance, rata-rata gaji dokter di negara jazirah Arab ini mencapai angka 190 dolar AS atau setara Rp3 miliar. Cukup tinggi, bukan?

Untuk melamar pekerjaan dokter di UAE, persyaratan yang dibutuhkan terbilang cukup berat. Sebab, rumah sakit-rumah sakit di UAE biasanya mensyaratkan dokter yang telah memiliki sertifikat kualifikasi yang tinggi. Beberapa sertifikat kualifikasi yang dibutuhkan, seperti CCT atau CCST.

3. Selandia Baru

Selain Denmark dan Uni Emirat Arab, Selandia Baru juga termasuk salah satu negara dengan rata-rata gaji dokter tertinggi di dunia. Sebab, rata-rata gaji dokter per tahun di negara ini mencapai angka 186 ribu dolar AS atau setara Rp3 miliar.

Sebagai informasi, Selandia Baru saat ini sedang mengalami kekurangan dokter. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya investasi pemerintah di bidang kesehatan. Oleh karena itu, Selandia Baru selalu mengandalkan dokter yang berasal dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan dokter di negaranya.

4. Kanada

Negara dengan rata-rata gaji dokter tertinggi di dunia selanjutnya adalah Kanada. Dilansir Yahoo Finance, rata-rata gaji dokter per tahun di negara yang bertetangga dengan AS ini mencapai angka 182 ribu dolar AS atau setara Rp2,9 miliar.

Sama dengan Selandia Baru, Kanada saat ini juga sedang mengalami kekurangan dokter yang cukup parah. Tercatat, Kanada sudah kekurangan 30.000 dokter dalam 1 dekade terakhir.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Kanada saat ini sedang gencar membuka sekolah-sekolah kedokteran. Itu bertujuan agar jumlah dokter di Kanada kembali meningkat sehingga kebutuhan dokter dalam negeri pun bisa terpenuhi.

5. Irlandia

Irlandia juga menjadi negara dengan rata-rata gaji dokter tertinggi di dunia. Tercatat, rata-rata gaji dokter per tahun di negara tersebut mencapai angka 175 ribu dolar AS atau setara Rp2,8 miliar.

Namun, meski jadi negara dengan rata-rata gaji dokter tertinggi di dunia, Irlandia saat ini justru sedang mengalami kekurangan dokter. Dilansir Yahoo Finance, negara yang berada di sebelah barat Inggris itu sedang kekurangan dokter umum. Hal itu disebabkan oleh meningkatnya jumlah dokter umum yang pensiun.

 

Baca Juga: Rekomendasi Beasiswa Kedokteran Luar Negeri

 

6. Belgia

Rata-rata gaji dokter per tahun di Belgia mencapai angka 171 dolar AS atau setara Rp2,7 miliar. Oleh karena itu, Belgia juga termasuk salah satu negara dengan rata-rata gaji guru tertinggi di dunia.

Meski begitu, sama dengan Irlandia, Belgia saat ini juga sedang kekurangan dokter. Sebab, menurut survei yang dilakukan SPF Public Health, sekitar 50 persen dokter di Belgia berusia 55 tahun ke atas. Dari jumlah tersebut, delapan persen di antaranya sudah berencana untuk pensiun.

7. Norwegia

Norwegia juga menjadi salah satu negara dengan rata-rata gaji guru tertinggi di dunia. Tercatat, rata-rata gaji dokter per tahun di Norwegia mencapai angka 169 dolar AS atau setara Rp2,7 miliar.

Sebagai informasi, untuk menjadi dokter di Norwegia, tentu ada syarat yang harus dipenuhi. Beberapa di antaranya adalah lulus tes seleksi kecakapan medis dan kecakapan bahasa.

8. Belanda

Rata-rata gaji dokter per tahun di Jerman juga cukup tinggi. Tercatat, rata-rata gaji dokter per tahun di Negeri Kincir Angin tersebut mencapai angka 163 dolar AS atau setara Rp2,6 miliar. Oleh karena itu, Belanda juga menjadi salah satu negara dengan rata-rata gaji tertinggi di dunia.

Sebagai informasi, jumlah dokter di Belanda, terutama dokter umum, terus mengalami peningkatan. Tercatat, jumlah dokter umum di Jerman telah mengalami peningkatan sebesar 50 persen. 

9. Inggris

Negara dengan rata-rata gaji dokter tertinggi di dunia selanjutnya adalah Inggris. Tercatat, rata-rata gaji dokter per tahun di negara dengan bentuk pemerintahan monarki ini mencapai 160 ribu dolar AS atau setara Rp2,5 miliar. Cukup tinggi, bukan?  

10. Jerman

Jerman juga menjadi salah satu negara dengan rata-rata gaji dokter tertinggi di dunia. Sama dengan Inggris, rata-rata gaji dokter per tahun di Jerman mencapai angka 160 ribu dolar AS atau setara Rp2,5 miliar.

Jumlah Gaji Dokter Secara Global Bisa Berubah

Nah, itu dia, Hunters, 10 negara dengan rata-rata gaji dokter tertinggi di dunia. Namun, perlu diingat bahwa data-data di atas bisa saja berubah karena satu dan lain hal, terutama karena kondisi perekonomian dunia yang sering fluktuatif.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Luar Negeri

Ingin kerja di luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.