Cara dan Syarat Pembuatan Paspor Kerja ke Luar Negeri

Paspor kerja merupakan salah satu syarat yang harus Hunters penuhi jika kamu ingin bekerja di luar negeri. Namun, bagaimana, sih, cara dan syarat pembuatan paspor kerja ke luar negeri?

Untuk mengetahui hal tersebut, pada artikel ini, Schoters akan membahas info lengkap mengenai cara dan syarat pembuatan paspor kerja ke luar negeri.

Namun, sebelum itu, alangkah baiknya Hunters tahu dulu apa yang disebut dengan paspor kerja. Oleh karena itu, simak ulasannya, ya!

Pengertian Paspor Kerja ke Luar Negeri

Paspor kerja merupakan jenis paspor yang digunakan untuk bekerja di luar negeri, terutama bagi pekerja migran Indonesia (PMI). PMI sendiri merupakan orang yang akan atau sedang menjalankan pekerjaan di luar wilayah Indonesia dalam jangka waktu tertentu.

Umumnya, paspor kerja digunakan oleh PMI yang bekerja di perusahaan berbadan hukum, PMI yang bekerja di perusahaan swasta atau perusahaan perorangan, dan PMI yang bekerja sebagai awak kapal laut atau pelaut perikanan.

Dilansir laman resmi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia, berikut cara dan syarat pembuatan paspor kerja ke luar negeri yang harus Hunters lakukan:

 

Baca Juga: Info Lengkap Paspor Kerja

 

Cara Pembuatan Paspor Kerja ke Luar Negeri

1. Secara daring

  1. Mengunduh aplikasi antrean paspor online melalui Google Play Store.

 

2. Secara manual 

  1. Mengisi aplikasi data yang disediakan pada loket permohonan dan melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan.
  2. Pejabat imigrasi yang ditunjuk memeriksa dokumen kelengkapan persyaratan.
  3. Setelah melengkapi persyaratan yang telah disyaratkan, pejabat imigrasi yang ditunjuk memberikan tanda terima permohonan dan kode pembayaran.
  4. Dalam hal dokumen kelengkapan persyaratan dinyatakan belum lengkap, pejabat imigrasi yang ditunjuk mengembalikan dokumen permohonan dan permohonan dianggap ditarik kembali.

 

Syarat Pembuatan Paspor Kerja ke Luar Negeri

  1. KTP yang masih berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri.
  2. KK
  3. Akta kelahiran, akta perkawinan, atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis; (di dalam dokumen wajib tercatat nama, tempat dan tanggal lahir, nama orangtua, jika tidak tercatat, pemohon dapat melampirkan surat keterangan dari instansi yang berwenang).
  4. Surat pewarganegaraan Indonesia bagi WNA yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan.
  5. Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama.
  6. Surat rekomendasi permohonan paspor calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang diterbitkan oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi atau kabupaten/kota.
  7. Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa.

 

Prosedur pengesahan Paspor Kerja ke Luar Negeri

  1. Pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan persyaratan;
  2. Pembayaran biaya paspor;
  3. Pengambilan foto dan sidik jari;
  4. Wawancara;
  5. Verifikasi; dan
  6. Adjudikasi.

 

Baca Juga: Info Lengkap Visa Kerja dan Biaya Pembuatannya

 

Biaya dan Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Paspor Kerja di Luar Negeri

Biaya pembuatan paspor kerja ke luar negeri tentu berbeda-beda, tergantung dari bentuk paspor yang ingin Hunters buat. Jika Hunters membuat paspor kerja berbentuk fisik dengan jumlah 48 halaman, maka biaya yang harus kamu keluarkan adalah Rp350.000. 

Sementara itu, jika Hunters membuat paspor kerja berbentuk elektronik dengan jumlah 48 halaman, maka biaya yang harus kamu keluarkan bakal lebih mahal, yakni Rp650.000.

Umumnya, waktu yang dibutuhkan untuk membuat paspor kerja ke luar negeri adalah 4 hari kerja. Namun, jika Hunters tidak mau menunggu lama, kamu bisa mempercepat pembuatan paspor kerjamu dengan membayar biaya tambahan sebesar Rp1.000.000.

Nah, itu dia, Hunters, info lengkap mengenai cara dan syarat pembuatan paspor kerja ke luar negeri. Jangan lupa dicatat, ya! Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Luar Negeri

Ingin kerja di luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.