Panduan Lengkap Beasiswa Danish Scholarship: Persyaratan, Tahapan, & Tipsnya

Belanda yang dikenal dengan sebutan negara kincir angin merupakan salah satu negara di Eropa yang dapat Hunters jadikan tujuan untuk melanjutkan studi. Lingkungan yang tenang dan iklim sejuk akan menciptakan lingkungan belajar yang tenang sehingga dapat mendukung keberlangsungan studi.

Buat Hunters yang berminat untuk melanjutkan studi S2 di Belanda dengan bantuan beasiswa, yuk simak artikel ini untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai Beasiswa Danish Scholarship!

 

Apa Itu Beasiswa Danish Scholarship?

Beasiswa Danish Scholarship merupakan program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Denmark kepada seluruh mahasiswa internasional dari berbagai negara, kecuali wilayah Uni Eropa, Area Ekonomi Eropa, dan Swiss. Beasiswa ini ditujukan untuk meringankan biaya kuliah dan memberikan bantuan hidup kepada mahasiswa berbakat, baik di jenjang S2.

Seleksi untuk beasiswa Danish Scholarship dilakukan secara langsung oleh institusi pendidikan tinggi di Denmark. Melalui Beasiswa Pemerintah Denmark, pelamar dapat menerima pembebasan biaya kuliah, baik secara penuh maupun sebagian, serta tunjangan untuk biaya hidup yang juga dapat diberikan secara penuh atau sebagian, tergantung kebijakan masing-masing institusi.

 

Kampus dan Jurusan Beasiswa Danish Scholarship

Beasiswa Danish Scholarship mencakup berbagai kampus dengan bidang studi yang dapat Hunters jadikan tujuan, antara lain:

 

1. University of Copenhagen

Panduan Lengkap Beasiswa Danish Scholarship Persyaratan, Tahapan, & Tipsnya, Dapatkan Beasiswa Danish Scholarship untuk kuliah di Denmark Persiapkan syaratnya, pendaftaran, dan persiapan - University of Copenhagen

Merupakan universitas tertua dan terbesar di Denmark yang terkenal dengan penelitian tingkat dunia. Berada di peringkat 107 pada QS World University Rankings. Beberapa jurusan yang ditawarkan oleh University of Copenhagen, antara lain:

  • Animal science
  • Neuroscience
  • Art history
  • Comparative litterature
  • Modern culture
  • dan lain-lain

 

2. Aarhus University

Panduan Lengkap Beasiswa Danish Scholarship Persyaratan, Tahapan, & Tipsnya, Dapatkan Beasiswa Danish Scholarship untuk kuliah di Denmark Persiapkan syaratnya, pendaftaran, dan persiapan yang wajib dilakukan di sini - Aarhus University

Aarhus University berada di posisi 143 pada QS World Rankings. Aarhus dikenal dengan program-program di bidang riset dan kolaborasi internasional, serta berbagai fakultas unggulan dalam ilmu sosial, alam, dan kesehatan. Jurusan di Aarhus University, diantaranya:

  1. ICT (Information and Communication Technology)
  2. Business
  3. Environmental Studies
  4. Education
  5. Political Science
  6. dan lain-lain.

 

3. University of Southern Denmark

Panduan Lengkap Beasiswa Danish Scholarship Persyaratan, Tahapan, & Tipsnya, Beasiswa Danish Scholarship untuk kuliah di Denmark Persiapkan syaratnya, pendaftaran, dan persiapan - University of Southern Denmark

Kampus ini menawarkan lingkungan akademis yang kuat dan kolaborasi riset global. University of Southern Denmark berada di peringkat 309 pada QS World Rankings. Beberapa pilihan program studi yang ditawarkan, antara lain:

  • International Communication Management
  • Global Marketing Management
  • Applied Mathematics
  • Biology
  • Chemistry
  • dan lain-lain.

 

4. Roskilde University

Panduan Lengkap Beasiswa Danish Scholarship Persyaratan, Tahapan, & Tipsnya, Beasiswa Danish Scholarship untuk kuliah di Denmark Persiapkan syaratnya, pendaftaran, dan persiapan - Roskilde University

Walaupun bukan termasuk dalam universitas top 300 dunia, universitas ini menjadi pilihan populer bagi mahasiswa yang tertarik dengan inovasi. Program studi pada universitas ini ,antara lain:

 

5. Copenhagen Business School

Panduan Lengkap Beasiswa Danish Scholarship Persyaratan, Tahapan, & Tipsnya, Beasiswa Danish Scholarship untuk kuliah di Denmark Persiapkan syaratnya, pendaftaran, dan persiapan - Copenhagen Business School

CBS merupakan salah satu institusi pendidikan bisnis terkemuka di Eropa. Copenhagen Business School memiliki reputasi baik dalam dunia bisnis Internasional. Menawarkan berbagai program-program bergengsi di bidang manajemen, ekonomi, dan inovasi bisnis. Beberapa program studi di universitas ini, antara lain:

  • Business Administration
  • Business Management
  • Finance
  • Economics
  • Accounting
  • dan lain-lain.

Masih banyak universitas lain yang ditawarkan Beasiswa Danish Scholarship, untuk list lengkap universitas dapat kamu akses di sini.

 

Baca juga: 25 Daftar Perguruan Tinggi LPDP World’s Top Universities

 

Keuntungan dan Fasilitas Beasiswa Danish Scholarship

Keuntungan dan fasilitas yang didapatkan Beasiswa Danish Scholarship akan berbeda-beda tergantung dengan tujuan kampus dan fakultas yang akan Hunters pilih. Terdapat 2 tipe beasiswa yang diberikan yaitu, beasiswa penuh (fully funded) dan beasiswa ditanggung sebagian (partially funded), tetapi secara umum Hunters akan mendapatkan beberapa keuntungan di bawah ini.

  1. Tunjangan biaya kuliah 
  2. Tunjangan hidup bulanan untuk menutupi biaya makan, tempat tinggal, dan kebutuhan sehari-hari. 
  3. Akses ke fasilitas kampus, seperti perpustakaan, laboratorium, dan layanan mahasiswa internasional

 

 

Tertarik dengan beasiswa Danish Scholarship dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert?

Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, dan persyaratan dokumen! 

Klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun.

Panduan Lengkap Beasiswa Danish Scholarship: Persyaratan, Tahapan, & Tipsnya, Dapatkan Beasiswa Danish Scholarship untuk kuliah di Denmark! Persiapkan syaratnya, pendaftaran, dan persiapan yang wajib dilakukan di sini!

 

 

Persyaratan dan Berkas yang Perlu Disiapkan Beasiswa Danish Scholarship

Siswa internasional yang berhak untuk menerima beasiswa ini harus memenuhi syarat kelayakan, antara lain:

  1. Merupakan warga negara dari luar Uni Eropa (UE), Wilayah Ekonomi Eropa (EEA), atau Swiss.
  2. Telah diterima pada program di University of Copenhagen.
  3. Memiliki izin tinggal sementara untuk tujuan studi di program pendidikan tinggi di Denmark.
  4. Tidak  memiliki hak hukum yang setara dengan warga negara Denmark.
  5. Memenuhi syarat untuk hibah sesuai dengan hukum Denmark tentang Skema Hibah dan Pinjaman Pendidikan Negara (SU).
  6. Telah diberikan izin tinggal pada saat diterima berdasarkan Pasal §9c, ayat 1 dari Undang-Undang Konsolidasi Orang Asing Denmark sebagai anak dari warga negara asing yang telah mendapatkan izin tinggal sesuai dengan Pasal §9m dari undang-undang yang sama, dan merupakan warga negara dari negara yang tidak termasuk dalam perjanjian EU atau EEA.

 

Saat mendaftar beasiswa pastinya terdapat dokumen khusus, yang harus disertakan saat mendaftar, berikut dokumen yang harus disiapkan:

  1. Transkrip nilai akademik
  2. CV
  3. Sertifikat gelar pendidikan sebelumnya
  4. Sertifikat kemampuan bahasa (IELTS/TOEFL), skor disesuaikan dengan persyaratan program studi yang dipilih
  5. Ijazah
  6. Paspor

 

Baca juga: Beasiswa KGSP/GKS-U Scholarship: Persyaratan, Tahapan, & Tipsnya

 

Tahap Seleksi Beasiswa Danish Scholarship

Proses seleksi Danish Scholarship terdiri dari beberapa tahap:

 

1. Pendaftaran Online

Calon penerima harus mendaftar secara online melalui platform yang disediakan oleh universitas atau pemerintah Denmark.

 

2. Seleksi Administrasi

Semua berkas akan diperiksa untuk memastikan kelengkapan dan kesesuaian dengan persyaratan.

3. Seleksi Akademik

Penilaian berdasarkan prestasi akademik, relevansi program studi, serta potensi kontribusi calon penerima beasiswa di masa depan. Perlu diketahui bahwa beasiswa ini tidak diberikan dengan mempertimbangkan kebutuhan finansial, melainkan hanya ditujukan bagi mahasiswa yang sangat berkualitas. Penilaian didapatkan melalui pengalaman akademik, pengalaman organisasi/kerja, dan kemampuan bahasa Inggris.

4. Wawancara

Saat mendaftar, Hunters perlu menunjukkan harapan untuk bergabung dengan beasiswa ini dengan mengunggah personal statement pada saat pendaftaran. Petinggi institusi akan menilai personal statement kamu dan dalam beberapa kasus memutuskan untuk melakukan wawancara pada pelamar.

 

Jadwal Seleksi Beasiswa Danish Scholarship

Jadwal seleksi Beasiswa Danish Scholarship biasanya mengikuti jadwal akademik universitas Denmark. Tiap universitas memiliki jadwal akademik yang berbeda-beda, dengan batas tenggat waktu pendaftaran biasanya pada tanggal 15 Januari.

Mahasiswa yang mendapatkan offering beasiswa Danish Scholarship akan diberitahu paling lambat tanggal 15 Maret melalui portal online. Pelamar yang tidak mendapatkan beasiswa Danish Scholarship, tetapi diterima dalam program perkuliahan di Belanda, akan menerima faktur untuk pembayaran biaya kuliah pertama.

 

Penting bagi Hunters untuk selalu memantau informasi terbaru mengenai beasiswa atau program studi melalui situs resmi universitas atau kementerian terkait. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan informasi yang akurat dan terkini mengenai tenggat waktu, persyaratan, dan perubahan kebijakan yang mungkin terjadi.

 

Tertarik dengan program tersebut? Yuk ikut bimbingan persiapan Beasiswa Danish Scholarship!

Hunters akan dibantu oleh konsultan expert Schoters agar persiapan daftar beasiswanya lebih terarah.

 

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri?

Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Bedah Kampus Conventry University : Beasiswa, Persyaratan, dan Jurusan Tersedia