University of Technology Sydney & Beasiswa Pelajar Indonesia

Selain dikenal dengan keunikan satwa dan budayanya, Singapura merupakan rumah dari beberapa universitas terbaik di dunia. Salah satunya adalah University of Technology Sydney yang terkenal dengan bidang studi kesehatan dan infrastrukturnya.

Namun, University of Technology Sydney punya lebih banyak hal daripada hanya sebuah kampus terbaik dunia, lho! Ingin tahu lebih lanjut tentang kampus tersebut? Untuk itu, yuk, simak ulasan di bawah ini!

Selayang pandang University of Technology Sydney

Nama aslinya adalah Sydney Mechanics School of Arts yang merupakan perguruan tinggi tertua yang mengajarkan studi mekain di Australia, tepatnya pada tahun 1833. Hingga akhirnya, pada 1989 namanya berubah menjadi University of Technology Sydney seperti yang dikenal saat ini setelah berganti dengan beberapa nama lainnya.

University of Technology Sydney terletak di bagian selatan Kota Sydney yang dikenal dengan pusat bisnis dan dekat dengan Central Station and Railway Square. Jika kamu berjalan-jalan di daerah tersebut, universitas ini juga dapat dikenali berkat “UTS Tower” yang sisi bangunannya lebih condong ke arah Broadway. 

Beberapa bangunan lain yang menjadi ikon dari University of Technology Sydney adalah Internal Atrium di UTS Tower, tangga memutar yang ada di perpustakaan, Vicki Sara Building, dan lain sebagainya. Menarik bukan bisa kuliah sambil dimanjakan dengan bangunan dan fasilitas yang aesthetic. 

Ranking dan jurusan

Berdasarkan QS World University Rankings 2023, University of Technology Sydney ada pada peringkat 133. Sementara itu, 10 bidang studinya bahkan mendapatkan peringkat 100 terbaik dunia. Universitas ini menyediakan beragam program belajar yang terbuka untuk mahasiswa internasional. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Analytics and Data Science;
  2. Business;
  3. Communication;
  4. Design, Architecture and Building;
  5. Education;
  6. Engineering;
  7. Health;
  8. Health (GEM);
  9. Information Technology;
  10. International Studies and Social Sciences;
  11. Law;
  12. Science and Mathematics;
  13. Transdisciplinary Innovation.

 

Melalui 13 pilihan bidang studi di atas, apakah ada pelajaran yang menarik perhatianmu? Untuk informasi lebih lanjutnya mengenai 13 bidang studi di atas, kamu bisa klik info lengkapnya di sini

Alumni penting dari University of Technology Sydney

Menjadi salah satu kampus impian banyak mahasiswa dari seluruh penjuru dunia, University of Technology Sydney telah berhasil mencetak beberapa alumni penting dan berpengaruh di dunia. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Tanya Plibersek, Wakil Pemimpin Oposisi;
  2. Hugh Jackman, Aktor;
  3. Rachel Ward, Aktris;
  4. Lynda Kinkade, Jurnalis;
  5. Cristina Cifuentes, Ekonom;
  6. Margaret Cunneen, Jaksa Agung New South Wales;
  7. dst.

 

Dari beberapa nama di atas, apakah ada nama nama yang sudah familiar dengan kamu? Jika kamu ingin menjadi salah satu alumni University of Technology Sydney, ada beberapa persyaratan yang harus kamu persiapkan. Berikut pembahasannya!

Mau Lolos Beasiswa Luar Negeri?

Prosedur pendaftaran University of Technology Sydney

Bagi para mahasiswa internasional yang ingin berkuliah di University of Technology Sydney kamu bisa mendaftar sendiri atau mendaftar dengan agensi. Nah, bagi kamu yang mendaftar secara mandiri, ada step-by-step proses pendaftaran yang harus kamu ikuti. Berikut adalah rinciannya.

1. Pilih jurusan dan tanggal mulai

Sebenarnya kamu bisa mendaftar kapan saja di University of Technology Sydney. Namun, tentunya, kamu harus memilih dan menyesuaikan tanggal masa studimu. Masa studi baru dimulai sesuai jadwal di bawah ini:

  • Sesi Musim Gugur (Februari atau Maret)

Mahasiswa internasional: 30 November

Mahasiswa lokal: 15 Desember

  • Sesi Musim Semi (Juli)

Mahasiswa internasional: 30 April

Mahasiswa lokal: 31 Mei

  • Sesi Musim panas (November)

Mahasiswa internasional 30 Agustus

Mahasiswa lokal: 30 September

 

Melalui jadwal di atas, pendaftaran yang lewat tanggal tidak akan diterima, ya! Jadi lebih baik untuk mendaftar dan menyiapkan lebih awal, terlebih ketika harus mengurus VISA. 

Nah, bagi kamu yang masih kesulitan mengurus VISA, pihak University of Technology Sydney sudah menyediakan fasilitas berupa Simplified Student Visa Framework (SSVF) yang bisa kamu lihat di sini. 

2. Kirimkan form pendaftaran

Semua proses pendaftaran di University of Technology Sydney sudah online. Jadi, pastikan untuk mengikuti dan menulis informasi sesuai form jenjang studi yang kamu pilih, ya!

3. Dokumen tambahan

Setelah menulis form pendaftaran dengan benar, ada beberapa dokumen tambahan yang harus kamu persiapkan. Mereka adalah:

  1. Transkrip nilai;
  2. Salinan sertifikat bahasa Inggris;
  3. Form pendaftaran di atas;
  4. Ijazah dari pendidikan terbaru;
  5. Bukti pernah bekerja secara profesional;
  6. Portfolio (jika dibutuhkan oleh pihak jurusan);
  7. Bukti tentang disabilitas atau sedang mengidap penyakit tertentu (jika ada).

 

Tapi kamu juga jangan lupa untuk menerjemahkan dokumen-dokumen di atas dengan bahasa Inggris, ya.

 

Baca Juga : 5 Universitas Terbaik di Melbourne Australia

 

4. Uang pendaftaran

University of Technology Sydney dapat membebaskan biaya pendaftaran dengan satu syarat, yakni kamu sedang belajar di kampus tersebut atau di UTS College. Kamu bisa cek info mengenai biaya pendaftaran melalui website ini. 

5. Submit pendaftaran

Form pendaftaran, dokumen tambahan dan bukti transfer biaya pendaftaran di atas dapat kamu kirimkan dengan dua cara yaitu langsung di alamatkan ke pihak kampus atau menggunakan pesan. Kamu bisa mendaftar melalui kontak di bawah ini.

Secara langsung

UTS Building 1, level 3A (CB01.3A)

15 Broadway

Ultimo NSW 2007

Melalui pesan

Manager, International Admissions

Future Learner Recruitment and Admissions

University of Technology Sydney

PO Box 123

Broadway NSW 2007

Australia

Sementara itu, bagi kamu yang menggunakan agensi, kamu bisa menggunakan jasa mereka untuk mendaftarkan profilmu ke pihak University of Technology Sydney. 

6. Surat pemberitahuan

Jika pihak universitas telah mendapatkan form pendaftaran, kamu akan mendapatkan Acknowledgment Letter melalui email. Proses seleksinya sendiri memakan waktu satu hingga dua minggu sebelum mendapatkan keputusan lolos atau tidak.

7. Daftar ulang

Jika kamu sudah mendapatkan kepastian bahwa kamu diterima di University of Technology Sydney,  kamu harus mendaftar ulang dengan menyetujui offer yang diberikan. Info lanjutan bisa kamu akses di link ini.

  

Beasiswa pelajar Indonesia di University of Technology Sydney

Bagi kamu pelajar Indonesia yang tertarik untuk mendaftar di University of Technology Sydney ada beberapa beasiswa yang bisa kamu coba. Beberapa di antaranya adalah.

1. Information Technology International Undergraduate Excellence Scholarship

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa internasional jurusan Teknologi Informasi. Kamu berhak mendapatkan keuntungan sebesar $5,000 selama periode beasiswa.

2. UTS Diploma to Degree Scholarship for High School Graduates

Beasiswa ini diberikan kepada pelajar SMA Indonesia dan Vietnam yang telah menunjukkan prestasi akademik dan memenuhi persyaratan jurusan yang dituju. Selama masa penerimaan beasiswa, kamu berhak mendapatkan diskon 25% untuk biaya kuliah University Technology Sydney.

3. UTS College to UTS Pathway Scholarship – Indonesia

Beasiswa ini diberikan kepada pelajar Indonesia dengan prestasi akademik yang baik. Selama periode penerimaan beasiswa, kamu berhak mendapatkan potongan biaya kuliah sebesar 25% di University Technology Sydney.

4. Australia Awards Scholarship – Indonesia

Beasiswa AAS merupakan beasiswa fully funded paling bergengsi dan memberikanmu kesempatan untuk sekolah gratis dan mendapat uang saku selama belajar di University Technology Sydney. Cek info berasiswa ini melalui artikel Schoters lain di sini. 

 

Baca Juga : Penting! 3 Beasiswa Australia yang Bisa Kamu Dapatkan!

 

Nah, apakah Hunters sudah memiliki rencana untuk kuliah di University Technology Sydney. Schoters juga punya program persiapan kuliah dan beasiswa ke luar negeri, lho. Yuk, kepoin infonya pada link berikut.

University of Technology Sydney