Alasan Penting Kenapa Harus Kuliah di Cina

Fakta Menarik, 22 Sep 2022

Cina adalah salah satu tujuan favorit yang dipilih oleh pelajar internasional dari seluruh penjuru dunia. Pada tahun 2020, dari 5.6 juta pelajar internasional yang menempuh studi di luar negeri, sebanyak 492.185 pelajar internasional menjatuhkan pilihannya untuk belajar di Negara Tirai Bambu ini. Akan tetapi, mengapa Cina? Berikut Schoters sajikan alasan kuliah di Cina yang bisa dipertimbangkan sebagai negara tujuan studi selanjutnya.

1. Pilihan Studi yang Beragam di Cina

Pelajar internasional memiliki banyak sekali pilihan program studi dari berbagai perguruan tinggi di Cina. Cina memiliki kurang lebih 3.012 college dan perguruan tinggi, yang menawarkan pendidikan di berbagai jurusan untuk tingkat Sarjana, Master dan Doktoral serta program non-Degree, yang juga terbuka untuk pelajar internasional dari seluruh dunia. Pelajar internasional yang masih belum bisa berbahasa Cina juga tidak perlu khawatir karena terdapat lebih dari 5.000 jurusan internasional berbahasa Inggris di berbagai perguruan tinggi di Cina.

Selain pilihan studi yang beragam, perguruan tinggi di Cina juga secara konsisten masuk dalam jajaran perguruan tinggi terbaik di dunia. Berdasarkan peringkat perguruan tinggi dunia tahun 2022 yang dirilis oleh Times Higher Education, terdapat 6 (enam) perguruan tinggi Cina yang masuk ke dalam 100 besar perguruan tinggi terbaik dunia, termasuk di antaranya Peking University di Beijing (peringkat 16 dunia), Tsinghua University di Beijing (peringkat 16 dunia), Fudan University di Shanghai (peringkat 30 dunia), Zheijang University di Zhejiang (peringkat 75 dunia), Shanghai Jiao Tong University di Shanghai (peringkat 84 dunia) dan University of Science and Technology of China di Anhui (peringkat 88 dunia).

           Baca juga: Daftar Universitas Terbaik di Cina Paling Update

2. Biaya Pendidikan yang Terjangkau

Untuk kualitas pendidikan yang tidak kalah dengan kualitas pendidikan di negara maju lainnya, biaya pendidikan di Cina tergolong lebih murah dibandingkan dengan negara tujuan studi lainnya. Rata-rata uang kuliah untuk perguruan tinggi negeri di Cina berkisar antara 2.500 – 10.000 USD per tahun akademik, jauh di bawah rata-rata uang kuliah perguruan tinggi di Australia yang berkisar sekitar 30.000 US Dollar per tahun akademik atau Amerika Serikat, dengan rata-rata uang kuliah perguruan tinggi sebesar 25.000 – 35.000 USD per tahun akademik. Selain uang kuliah, biaya hidup di Cina juga lebih terjangkau untuk pelajar internasional dibandingkan dengan negara tujuan studi lainnya. Sebagai contoh, rata-rata biaya hidup di Kota Beijing, salah satu kota termahal di Cina, berkisar sekitar 10.000 USD per tahun - jauh di bawah rata-rata biaya hidup di Australia yang mencapai angka sekitar 20.000 USD per tahun. Tentu saja, perkiraan biaya hidup ini tergantung dari lokasi tempat tinggal dan gaya hidup.

Selain itu, untuk membantu pelajar internasional yang berkeinginan untuk melanjutkan studi ke Cina, terdapat banyak sekali jenis beasiswa yang ditawarkan kepada pelajar internasional di berbagai tingkat pendidikan. Beberapa beasiswa terkenal di Cina antara lain Chinese Government Scholarship, Beijing Government Scholarship, Shanghai Government Scholarship, Zheijang Provincial Government Scholarship, SUSTEC International Undergraduate Scholarship dan masih banyak lagi. Sebagai tambahan, pelajar internasional yang ingin mencari penghasilan melalui bekerja juga diperbolehkan untuk bekerja paruh waktu dalam masa studi selama paling lama 40 jam per bulan.    

3. Kesempatan Belajar Bahasa Asing

Belajar di Cina memberi kesempatan berharga untuk belajar bahasa Mandarin secara langsung di negara asalnya. Bahasa Mandarin barangkali adalah salah satu bahasa tersulit di dunia, namun bukannya tidak mungkin untuk menguasai bahasa asing yang satu ini. Dengan menempuh pendidikan di Cina, pelajar internasional memiliki kesempatan untuk mempelajari bahasa Mandarin secara langsung selama menempuh pendidikan, sambil sekaligus berbaur dengan masyarakat sekitar. Mengingat Mandarin adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, menguasai bahasa Mandarin dapat menjadi keunggulan yang dimiliki pelajar yang menyelesaikan studi di Cina.

4. Kemudahan Mencari Pekerjaan Setelah Lulus

Pelajar internasional yang menempuh studi di Cina memiliki kesempatan besar untuk bekerja di berbagai perusahaan global, khususnya perusahaan internasional yang berbasis di Cina. Mengingat Cina adalah salah satu negara di dunia dengan pertumbuhan ekonomi tercepat, kesempatan bekerja dengan berbagai perusahaan global semakin terbuka lebar bagi lulusan yang menyelesaikan studinya di Cina. Pengalaman belajar dan beradaptasi di Cina akan menjadi pengalaman unik yang tidak akan mudah dimiliki oleh orang lain.

5. Banyaknya Aktivitas Menarik di Cina 

Cina adalah negara yang indah untuk dikunjungi dengan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan selain belajar. Pelajar internasional juga bisa mendapatkan berbagai pengalaman menarik lainnya sambil belajar di Cina, seperti mengunjungi Kota Terlarang (Forbidden City) di Beijing, berjalan kaki menyusuri pemandangan alam di Taman Nasional Zhangjiajie, melihat panda bermain sambil mengunyah bambu di Szechuan, menikmati berbagai kuliner Cina yang bervariasi dari segi warna dan rasa sampai mencoba belajar wushu ala Stephen Chow di salah satu kuil di Gunung Yuntai. Menarik bukan?  

 Jadi, tunggu apa lagi? Dengan alasan menarik kuliah di Cina berikut, jangan ragu untuk mendaftar ya!

           Baca juga: Kuliah Gratis di 8 Negara untuk Mahasiswa Internasional

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini

Alasan Kuliah di Cina