Beasiswa CGS Tiongkok: Chinese Government Scholarship 2023

Chinese Government Scholarship bisa jadi jalan buat kamu yang mau kuliah ke China. Beasiswa CGS Tiongkok ini merupakan beasiswa untuk mahasiswa internasional yang ingin studi S1, S2, S3 atau yang ingin melakukan penelitian di Negeri Tirai Bambu. Yuk simak informasi beasiswa CGS!

Tentang Beasiswa CGS Tiongkok

Chinese Government Scholarship menawarkan dua jenis beasiswa. Dua jenis beasiswa tersebut adalah beasiswa penuh dan parsial, bergantung pada cara pendaftaran. Ada dua cara pendaftaran yaitu mendaftarkan diri langsung melalui universitas tujuan atau Kedutaan Besar China di Indonesia.

Apabila kamu mendaftarkan diri melalui universitas tujuan, jika kamu beruntung mendapatkan beasiswa maka beasiswanya berupa beasiswa penuh. Sedangkan jika mendaftar melalui Kedutaan Besar China di Indonesia, kamu bisa mendapatkan beasiswa penuh ataupun parsial.

Program – program Beasiswa CGS Tiongkok 2023

CGS menawarkan program beasiswa sebagai berikut:

1. Beasiswa CGS (Chinese Government Scholarship) – Bilateral Program

Beasiswa dari Pemerintah China untuk kuliah S1, S2, atau S3 di China, untuk negara yang menjalin kerjasama bilateral dengan China. Beasiswanya bisa berupa beasiswa penuh ataupun sebagian (parsial).

2. Chinese Government Scholarship – Great Wall Program

Beasiswa penuh para peneliti baru dan peneliti senior yang ingin melanjutkan kuliah di China. Pemberi beasiswa ini adalah United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

3. Chinese Government Scholarship – Chinese University Program

Beasiswa penuh dari Pemerintah China untuk mahasiswa internasional program S2 dan S3 di China.

 

Baca Juga: Wajib tau! Universitas Terbaik di China

 

4. Chinese Government Scholarship – AUN Program

Beasiswa yang berasal dari ASEAN University Network (AUN) untuk kuliah S2 atau S3 di China. tujuan beasiswa ini adalah mempererat hubungan kerjasama antara China dengan negara – negara ASEAN.

5. Chinese Government Scholarship – WMO Program

Beasiswa parsial program WMO (World Meteorogical Organization) untuk kuliah S1 atau S2. Bidang beasiswa ini terbatas hanya untuk hidrologi, meteorologi, serta pengawasan dan manajemen sumber daya air di China.

Cakupan beasiswa CGS Tiongkok

Fasilitas beasiswa ini meliputi:

1.    Biaya kuliah

2.    Biaya akomodasi (tempat tinggal)

3.    Asuransi kesehatan

4.    Biaya buku

5.    Uang saku / bulan untuk program S-1 = 2500 RMB (± 5 juta rupiah per bulan) , untuk program S-2 = 3000 RMB (± 6 juta rupiah per bulan, untuk program S-3 = 3500 RMB (± 7 juta rupiah per bulan)

Akan tetapi, jika Hunters mendapatkan beasiswa parsial maka fasilitas beasiswanya bisa berupa satu atau beberapa dari fasilitas beasiswa penuh.

Kriteria pelamar beasiswa CGS Tiongkok

Syarat untuk bisa mendaftar beasiswa CGS Tiongkok adalah sebagai berikut:

1. Bukan warga negara China

2. Berada dalam kondisi kesehatan yang baik (dibuktikan dengan hasil pemeriksaan kesehatan)

3. Berusia maksimal 25 tahun untuk S1, 35 tahun untuk S2 dan 40 tahun untuk S3.

 

Tertarik dengan beasiswa Chinese Government Scholarship dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Persyaratan dokumen beasiswa CGS Tiongkok

Dokumen yang harus Hunters siapkan jika ingin mendaftarkan diri pada beasiswa CGS Tiongkok meliputi:

1. Formulir pendaftaran di laman resmi atau di laman universitas China

2. Salinan ijazah

3. Transkrip nilai

4. Dua surat rekomendasi

5. Proposal riset atau rencana studi

6. Dokumen sah dari wali hukum di China (untuk pelamar berusia kurang dari 18 tahun)

7. Hasil karya dalam bentuk CD (untuk pelamar di bidang musik dan seni)

8. Salinan paspor

9. Foreigner Physical Examination Form (untuk pelamar yang berencana tinggal di China lebih dari 6 bulan)

10. Surat penerimaan (LoA) universitas tujuan (apabila ada)

11. Sertifikat HSK (Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì) / Chinese Proficiency Test (apabila ada)

 

Cara pendaftaran Beasiswa CGS Tiongkok

Ada dua cara pendaftaran beasiswa CGS. Jika ingin mendaftar untuk beasiswa penuh, daftarlah melalui universitas China tujuanmu. Namun, jika ingin mendaftar untuk beasiswa penuh ataupun parsial, Hunters bisa mendaftar melalui Kedutaan Besar Republik Rakyat China di Indonesia di Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung No.2, RT.5/RW.2, Kuningan, Kota Jakarta Selatan. Saat mengirim berkas pendaftaran, tandai “Aplikasi Beasiswa Pemerintah China” pada amplop pendaftaran beasiswamu.

FAQ Beasiswa CGS Tiongkok

 Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait beasiswa ini, antara lain:

1. Kapan pendaftaran CGS dibuka setiap tahunnya?

Sekitar bulan Januari – April tiap tahunnya. Silakan menghubungi universitas yang ingin dituju karena setiap universitas memiliki batas waktu masing – masing. Bila ingin mendaftar melalui kedubes China di Jakarta, silakan menanyakan pada kedubes mengenai batas waktunya.

2. Apakah ada biaya pribadi yang harus dikeluarkan?

Iya, meskipun Hunters mendapat full scholarship pun, tetap ada biaya yang harus ditanggung, meliputi:

a. Biaya pendaftaran (beberapa universitas, terutama universitas – universitas terkenal, ada yang meminta Hunters untuk membayar biaya pendaftaran, kurang lebih sekitar RMB 500, tapi jangan khawatir, banyak universitas yang tidak membutuhkan biaya pendaftaran)
b. Pembuatan paspor
c. Pembuatan visa
d. Pembuatan residence permit
e. Tes kesehatan (medical check up)
f. Tes HSK
g. Lain – lain (biaya pengiriman dokumen, fotokopi dokumen, legalisasi ijazah, dan lainnya

3. Pada CGS app form ada bagian mengenai ”Contact in China”, bagaimana bila saya tidak memiliki saudara atau kontak yang bisa dihubungi di sana?

Bila Hunters berusia 18 tahun ke atas, kosongkan saja bila tidak ada, bagian ini tidak wajib diisi. Akan tetapi bagi Hunters yang berusia 18 tahun ke bawah, sebaiknya bagian ini tetap diisi, mungkin bisa minta bantuan teman atau keluarga yang sudah tinggal di sana.

4. Manakah yang lebih baik (kemungkinan mendapat beasiswa lebih besar), mengirim berkas melalui kedubes China di Jakarta atau langsung mendaftar melalui universitas yang saya inginkan?

   Bila melalui Kedubes, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

a. Kuota beasiswa tidak banyak, sekitar belasan saja, serta lebih mengutamakan mereka yang ingin menempuh S3.

b. Bila berhasil memperoleh beasiswa, ada kemungkinan universitas tersebut bukan merupakan universitas pilihan Hunters. Misalnya, Hunters memilih tiga universitas, yakni A, B, C. Ada kemungkinan Hunters ditempatkan di universitas D, yang sama sekali di luar pilihan. Hal ini bisa terjadi karena CSC (pihak yang menangani CGS) memang memiliki hak untuk melakukan hal ini. CSC memiliki hak untuk mengirimkan berkas Hunters ke universitas di luar pilihan. Universitas tersebut kemudian akan me-review berkas – berkas Hunters, dan bila mereka tertarik, jadilah Hunters bisa diterima di universitas yang bukan pilihan kamu.

c.  Bila Hunters mengirim langsung ke universitas yang dituju, kemungkinan untuk diterima (terkadang) lebih besar, karena kuota univ biasanya besar, ada yang mencapai sekitar 50-100 orang. Selain itu, keuntungan mendaftar langsung di universitas pilihan Hunters adalah:

Pertama, bila ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung kirim email ke mereka dan kadang mereka cukup cepat juga dalam merespons email.

Kedua, biasanya mereka yang mendaftar langsung ke universitas memperoleh pengumuman lebih cepat daripada yang mendaftar melalui kedubes. Akan tetapi, jika Hunters mau mendaftar untuk S1, memang harus melalui kedubes.

5. Saya ingin mengambil program yang menggunakan bahasa Inggris. Apakah sertifikat HSK juga dibutuhkan?

Tidak perlu, tetapi biasanya mereka akan meminta skor TOEFL/IELTS. Silakan menghubungi pihak universitas yang bersangkutan untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat minimal skor TOEFL/IELTS yang diminta.

6.  Apa maksudnya ”generate form”?

Setelah selesai mengisi formulir aplikasi CGS secara online, yang harus Hunters lakukan adalah men-generate formulir tersebut. Generate sendiri secara sederhana bisa diartikan seperti submit atau mengumpulkan formulir aplikasi tersebut secara online. Setelah di-generate, berarti aplikasi Hunters sudah masuk dalam database.

7. Setelah CGS app form di-generate, saya sadar bahwa saya melakukan kesalahan pengisian formulir, bisakah saya menggantinya?

Iyaa, bila Hunters melakukan kesalahan ketika mengisi formulir CGS, jangan khawatir, Hunters bisa menggantinya, di bagian navigasi, silakan pilih “Retrieve Application” untuk mengganti bagian yang salah tersebut.

8. HSK itu apa sih?

HSK (Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì) adalah tes bahasa mandarin yang fungsinya untuk mengetahui kemampuan bahasa mandarin Hunters ada di level berapa.

9.  Setelah saya mencari informasi mengenai universitas di China, ternyata banyak sekali universitasnya, adakah tips bagaimana memilih universitas di China?

Universitas di China memang banyak, mungkin beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan Hunters antara lain kualitas (peringkat) universitas, lokasi (kota yang diinginkan), serta biaya hidup.

10. Apakah saya hanya bisa memilih maksimum tiga universitas ketika mendaftar CGS?

Untuk setiap formulir aplikasi CGS, Hunters memang hanya bisa memilih maksimum tiga universitas.

 

Baca Juga :  Rekomendasi 3 Beasiswa S1 di China

Raih Beasiswa CGS bersama Schoters!

Butuh bimbingan supaya bisa lolos beasiswa CGS? Konsultasikan kebingungan kamu kepada konsultan expert Schoters!

Merasa persiapan pendaftaran beasiswa kamu belum matang?  Dapatkan program bimbingan paling tepat bersama tutor-tutor terbaik Schoters!

beasiswa cgs tiongkok