Angka Korea: Ketahui Perbedaan Angka Korea Asli & Angka Korea Sino

Selain bahasa Korea yang penuh dengan sejarah, tahukah kamu tentang uniknya angka Korea? Berbeda dengan angka yang biasa digunakan di Indonesia, angka Korea memiliki 2 jenis, lho. Agar tidak penasaran dan salah penggunaan, berikut informasi lebih lengkapnya.

Selayang Pandang Bahasa Korea

Hangul atau bahasa Korea yang biasa kita kenali terdiri dari 24 kata dengan 24 konsonan dan 10 vokal. Sejarah bahasa Korea juga cukup panjang, mulai dari menggunakan aksara Cina hingga akhirnya dibuat tata bahasa baru oleh Raja Sejong pada tahun 1446.

Meski Hangul lebih banyak dipakai dan aksara Cina jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, angka Korea ternyata masih menggunakan serapan dari aksara Cina tersebut, lho. Oleh karena itu, angka Korea asli dan Sino masih banyak kamu temui dalam percakapan atau dialog sehari-hari bahasa Korea.

Angka Korea Asli dan Sino

Berikut tabel perbedaan penulisan dan pengucapan angka Korea asli dan Sino yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Angka

Angka Korea Asli

Angka Korea Sino

0

영 (yeong)

공 (gong)

1

하나 (hana)

일 (il)

2

둘 (dul)

이 (i)

3

셋 (set)

삼 (sam)

4

넷 (net)

사 (sa)

5

다섯 (daseot)

오 (o)

6

여섯 (yeoseot)

육 (yuk)

7

일곱 (ilgop)

칠 (chil)

8

여덟 (yeodeol)

팔 (pal)

9

아홉 (ahop)

구 (gu)

10

열 (yeol)

십 (ship)

11

열하나 (yeolhana)

십일 (shipil)

12

열둘 (yeoldul)

십이 (shipi)

13

열셋 (yeolset)

십삼 (shipsam)

14

열넷 (yeolnet)

십사 (shipsa)

15

열다섯 (yeoldaseot)

십오 (shipo)

16

열여섯 (yeolyeoseot)

십육 (shipnyuk)

17

열일곱 (yeolilgop)

십칠 (shipchil)

18

열여덟 (yeolyeodeol)

십팔 (ship-pal)

19

열아홉 (yeolahop)

십구 (shipgu)

20

스물 (seumul)

이십 (eeship)

30

서른 (seoreun)

삼십 (samship)

40

마흔 (maheun)

사십 (saship)

50

쉰 (swin)

오십 (oship)

60

예순 (yesun)

육십 (yukship)

70

일흔 (ilheun)

칠십 (chilship)

80

여든 (yeodeun)

팔십 (palship)

90

아흔 (aheun)

구십 (guship)

100

온 (on)

백 (baek)

200

이백 (ibaek)

1000

즈믄 (jeumeun)

천 (cheon)

100 juta

잘 (jal)

억 (eok)

1 triliun

울 (ul)

조 (jo)

Sebagai contoh, jika Hunters ingin menulis angka 127 berarti urutan yang harus dituliskan adalah ratusan, 100 = 백 (baek) kemudian puluhan 20 = 이십 (eeship) dan satuan 7 칠 (chil). Jadi, 127 = 백이십칠 (baek eeship chil).

Apakah Hunters familiar dengan angka-angka Korea di atas? Karena memang mereka masih digunakan secara aktif, yuk intip perbedaan angka Korea asli dan Sino dalam penggunannya sehari-hari di bawah ini!

Baca Juga: Ingin Memperdalam Bahasa Korea? Simak Tips Belajarnya disini

Perbedaan Penggunaan Angka Korea Asli dan Angka Korea Sino

Secara garis besar, angka Korea asli digunakan untuk menghitung secara general. Contohnya dalam menghitung orang, jam, barang, umur, dan lain sebagainya. Sedangkan angka Korea Sino digunakan dalam hal-hal seperti waktu, uang, menit, alamat, nomor telepon dan angka lain di atas 100.

Contohnya, ketika kamu ingin membeli 2 apel (사과 [sagwa]), maka kamu akan mengatakan “사과 두 개 [sagwa du gae]”.

Tapi, ketika kamu ingin membeli 120 apel, maka kamu akan berganti ke sistem angka Korea Sino. Jadi, kamu akan mengatakan “사과 백이십 개  [sagwa baegisip gae]”.

Dalam penggunaan waktu, ketika kamu ingin mengatakan ini jam 2:35 di siang hari, maka kamu akan mengatakan “오후 두 시 삼십오 분입니다  [Ohu du si samsibo bunimnida]”.

Baca Juga: Cek Universitas Top di Korea Beserta Info Beasiswanya!

Rekomendasi Bimbingan Bahasa Korea di Schoters

Butuh bimbingan bahasa dan angka Korea terpercaya? Join Hangeul Academy by Schoters. Yuk Konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar beasiswa atau universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)