Apa Itu Ginou Jisshu?

 

Jepang banyak membutuhkan tenaga kerja asing untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja mereka. Negeri Sakura ini membuka program magang yang dirancang sebagai upaya pembelajaran. Berikut penjelasan detail mengenai program magang di Jepang atau lebih dikenal dengan Ginou Jisshu.

 

Apa Itu Ginou Jisshu?

 

Ginou jisshu merupakan program magang yang diselenggarakan oleh pemerintah atau swasta dengan tujuan untuk meningkatkan skill yang dimiliki peserta. Program ini memfokuskan pada praktik belajar sambil bekerja dengan harapan peserta dapat mentransfer keterampilan dan pengetahuan yang didapat di Jepang ke negara asalnya. 

Fokus utama ginou jisshu adalah memberi pengalaman kerja serta pengembangan dan pelatihan keterampilan peserta. Kurun waktu pelaksanaan program ini berkisar antara 1 – 3 tahun.

Mengingat Jepang yang  unggul dalam sistem dan industri, kesempatan ini dapat menjadi pengalaman berharga bagi Hunters yang ingin mengejar karir di luar negeri. Kerja sama yang dijalin oleh pemerintah Jepang dan Indonesia berdampak pada peningkatan kuota peserta sehingga memperbesar kesempatan bagi warga negara Indonesia yang ingin bekerja di Jepang.

Terdapat banyak undang-undang negara Jepang yang mengatur hak dan jaminan sosial tenaga kerja asing diantaranya Labor Standard Acts Jepang (1947, amandemen 2012), Employment Security Act (1947), dan Labor Union Act (1949). Di Indonesia sendiri salah satu undang-undang yang mengatur tentang penggunaan tenaga kerja asing adalah Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2021.

 

Keuntungan Mengikuti Ginou Jisshu

 

Penjelasan lengkap mengenai Ginou Jisshu, program magang di Jepang bagi tenaga kerja asing mulai dari kualifikasi, bidang pekerjaan, dan proses seleksi.

Terdapat beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika Hunters mengikuti program ini.

1. Tidak memerlukan sertifikat bahasa jepang dan sertifikat skill

Salah satu keuntungan yang dapat mempermudah proses pendaftaran peserta Ginou Jisshu adalah tidak perlu mencantumkan sertifikat bahasa Jepang dan sertifikat skill. Hal ini menjadi daya tarik utama karena program Ginou Jisshu menawarkan fleksibilitas dan membuka peluang lebih luas bagi banyak orang yang ingin bekerja di Negeri Sakura ini.

 

2. Fokus pada praktik kerja

Penekanan beban kerja lebih fokus pada pengalaman kerja langsung. Peserta dapat belajar sambil bekerja dan mengembangkan keterampilan secara bertahap yang diawasi langsung oleh professional.

 

3. Pengalaman kerja internasional

Perusahaan-perusahaan yang menjadi mitra program Ginou Jisshu akan memberikan pengalaman berharga dalam bekerja di luar negeri. Ini dapat meningkatkan nilai jual Hunters di dunia kerja, membangun koneksi dengan professional, dan membuka peluang karir yang lebih luas.

 

4. Pendampingan penuh

Program ginou jisshu memberikan pendampingan penuh pada peserta magang secara langsung dari professional. Bagi yang belum memiliki pengalaman atau keahlian khusus, Hunters tak perlu khawatir karena program ini dirancang untuk memberikan pelatihan dari dasar.

 

5. Investasi masa depan

Tidak hanya dalam pengembangan karir, bekerja di luar negeri juga dapat meningkatkan keterampilan teknis. Hunters dapat memperluas perspektif, mengembangkan kemampuan interpersonal, adaptasi, dan kepemimpinan. Ini dapat dijadikan sebagai investasi terbaik bagi tujuan karir Hunters di masa depan.

 

Baca Juga: Tokutei Ginou Perikanan: Visa Kerja Perikanan ke Jepang

 

Persyaratan untuk Mendaftar Ginou Jisshu

 

Penjelasan lengkap mengenai Ginou Jisshu, program magang di Jepang bagi tenaga kerja asing mulai dari kualifikasi, bidang pekerjaan, dan proses seleksi.

Terdapat beberapa syarat tertentu yang harus dipenuhi tenaga kerja asing jika ingin bekerja di Jepang

1. Persyaratan Dokumen & Berkas

  • Dokumen Pribadi Asli: KTP, Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran.
  • Dokumen Pendidikan Asli: Ijazah terakhir atau Surat Keterangan Lulus. 
  • Dokumen Pendukung (Opsional): NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), paspor aktif, dan sertifikat kemampuan bahasa Jepang (JLPT N4 atau JFT Basic A2). Dokumen-dokumen ini dapat menjadi nilai tambah, tetapi tidak selalu wajib.
  • Surat Persetujuan: Surat persetujuan dari orang tua atau keluarga. mandiri secara finansial.

 

2. Persyaratan Kualifikasi 

Persyaratan yang dibutuhkan jika ingin mengikuti program Ginou Jisshu dapat bervariasi tergantung pihak penyelenggara program dan negara asal peserta. Namun, secara umum terdapat beberapa persyaratan yang perlu dicantumkan calon pelamar, antara lain memiliki kondisi kesehatan yang prima baik fisik maupun mental. 

Pelamar juga tidak diperkenankan memiliki tato, tindik, atau cacat fisik yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Syarat penglihatan normal tanpa adanya gangguan seperti buta warna menjadi salah satu kriteria penting. Batas usia yang ditentukan adalah antara 19 hingga 29 tahun. Riwayat kesehatan yang bersih dari penyakit berat seperti hepatitis, HIV, atau tuberkulosis juga menjadi pertimbangan utama. Terakhir, pelamar harus memiliki ijazah SMA/SMK atau sederajat, serta memenuhi persyaratan tinggi badan minimal 150 cm untuk wanita dan 160 cm untuk pria.

 

Tertarik melanjutkan karir di Jepang dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Yuk konsultasi dengan Schoters untuk bantu persiapan bekerja di Jepang, kamu juga bisa konsultasi mengenai program magang dan bidang yang cocok dengan kamu!

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kerja di Jepang” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun.

Apa itu GInou Jisshu?

 

Bidang Pekerjaan yang Dibuka di Ginou Jisshu

 

Penjelasan lengkap mengenai Ginou Jisshu, program magang di Jepang bagi tenaga kerja asing mulai dari kualifikasi, bidang pekerjaan, dan proses seleksi.

Program ini menawarkan 80 bidang pekerjaan, beberapa diantaranya akan dijelaskan di bawah ini:

1. Bidang  Hospitality 

Prospek kerja pada bidang ini dapat berupa resepsionis, koki, pelayan, manajer hotel, dan lain sebagainya. Biasanya memerlukan kualifikasi pendidikan di bidang perhotelan. 

Umumnya, bidang ini juga mengharuskan pekerja memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik untuk mendukung kegiatan komunikasi dengan customer. Jadi, bagi Hunters yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kamu dapat mengambil Ginou Jisshu dalam bidang Hospitality. 

 

2. Health/Medical 

Bidang medis memberikan pelayanan kesehatan masyarakat baik dari segi kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pelayanan administrasi. Peserta yang akan mendaftar pada bidang ini memerlukan latar belakang pendidikan yang berhubungan seperti perawat atau jurusan kesehatan terkait. 

Posisi pekerjaan yang disediakan adalah perawat, asisten perawat, tenaga kerja medis, dan apoteker. Gaji yang ditawarkan juga relatif tinggi, tergantung pada posisi, kualifikasi dan pengalaman pekerja. 

 

3. Agriculture & Fishery

Bidang ini memanfaatkan sumber daya alam yang kemudian diolah oleh manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi. 

Hunters membutuhkan kemampuan bekerja fisik dan kemampuan mudah beradaptasi di lingkungan kerja yang berbeda diperlukan dalam bidang ini. Posisi pekerjaan yang dapat diraih adalah petani, nelayan, dan pekerja pengolah hasil pertanian/perikanan. 

 

4. IT & Technician

Pada bidang IT & Technician, Hunters akan mempelajari pengembangan perangkat lunak, pengelolaan jaringan komputer, analisis data, dan teknologi IT. Skill khusus yang dibutuhkan adalah kemampuan pemrograman, dan jaringan komputer.

Perkembangan teknologi yang terus berubah mewajibkan seorang technician untuk beradaptasi pada perubahan teknologi. Keterampilan problem solving juga dibutuhkan untuk pemecahan masalah-masalah dalam bidang IT. 

 

5. Factory 

Posisi magang di factory/pabrik membutuhkan kemampuan untuk bekerja sama dalam tim yang baik. Peserta magang akan diajarkan untuk mempelajari proses produksi, pengoprasian mesin, dan pengendalian kualitas produk.

Bagi Hunters yang ingin mendalami bidang ini, posisi pekerjaan yang dapat kamu tempati adalah operator produksi, teknisi produksi, dan quality control. Biasanya bidang ini memberlakukan sistem shift bagi pekerjanya.

 

Baca Juga: Magang di Jepang: Info Terkini Ginou Jisshu Terlengkap!

Proses Seleksi & Masa Kerja Ginou Jisshu

 

Proses seleksi Ginou Jisshu diawali dengan konsultasi untuk memahami tujuan dan minat kamu. Setelah itu, Hunters akan mengikuti wawancara awal di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang digunakan untuk menilai kesiapan. Seleksi selanjutnya adalah pemberlakuan tes fisik untuk memastikan peserta memiliki kondisi kesehatan yang baik. Tahap selanjutnya adalah wawancara dengan perusahaan Jepang yang akan menjadi tempat magang peserta. Kesempatan ini akan dilakukan untuk menguji kemampuan komunikasi dan antusiasme, peserta. Oleh karena itu, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik ya!

Program magang Jisshusei umumnya berlangsung selama 1-3 tahun. Selama periode tersebut, peserta wajib memperpanjang izin tinggal setiap tahunnya. 

Schoters hadir untuk memudahkan perjalanan magang kamu! Schoters menyediakan program pelatihan dan pendampingan yang komprehensif, mulai dari persiapan dokumen hingga pencarian pekerjaan yang sesuai dengan minat peserta. 

Dengan dukungan konsultan ahli, proses persiapanmu akan menjadi lebih mudah, terjangkau, dan terarah. Program Work Abroad Academy Schoters juga menawarkan pendampingan karir yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta dalam mencapai potensi karir terbaik.

Jangan ragu untuk bergabung dengan Schoters! Dengan harga yang kompetitif dan kualitas yang terjamin, Schoters siap membantu peserta mewujudkan impian magang di Jepang. 

 

Tertarik bekerja di Jepang? Yuk, persiapkan dirimu dengan bimbingan dan persiapan dokumen untuk melanjutkan karir di Jepang bersama Schoters!

Butuh bantuan lain untuk memulai karier di luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk persiapan kerja di Luar Negeri, dijamin lengkap dan sesuai kebutuhanmu!

Apa itu Ginou Jisshu?