Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik

Di era digital seperti saat ini, belajar bahasa Inggris secara mandiri menjadi jauh lebih mudah dan menyenangkan dengan menggunakan berbagai aplikasi belajar bahasa Inggris yang tersedia dan dapat diunduh dengan mudah ke perangkat elektronik masing-masing. Meskipun aplikasi belajar bahasa Inggris tidak bisa sepenuhnya menggantikan metode belajar tradisional bersama guru atau mentor, aplikasi belajar ini bisa menjadi media penunjang yang membantu kamu menguasai bahasa Inggris lebih cepat. Aplikasi belajar bahasa juga biasanya menggunakan media seperti permainan atau audio visual lainnya yang lebih menarik, sehingga belajar tata bahasa, suku kata dan struktur kalimat yang rumit sekali pun terasa ringan.

Lalu aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik mana saja yang menarik untuk dicoba dan diunduh segera? Simak daftarnya di bawah ini.

Duolingo

Duolingo barangkali adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Aplikasi belajar bahasa asing populer ini dirancang sedemikian rupa untuk membantu pengguna aplikasi agar dapat menguasa bahasa asing mana pun, termasuk bahasa Inggris dengan cepat melalui berbagai mini lesson, score boards hingga skill trees yang disesuaikan dengan level kemampuan berbahasa Inggris pengguna.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Duolingo adalah fitur leaderboard dimana pengguna aplikasi dapat bersaing dengan pengguna aplikasi lainnya secara real time, sehingga proses belajar bahasa Inggris menggunakan Duolingo terasa seperti permainan yang menyenangkan. Tidak heran kalau kemudian Duolingo menjadi salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik yang bisa digunakan oleh pengguna yang masih pemula sekalipun.

Sayangnya, kelemahan utama Duolingo juga terletak pada materi belajar yang cenderung terlalu sederhana sehingga tidak cukup untuk menggambarkan kompleksitas penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.  

Lingodeer

Serupa dengan Duolingo, Lingodeer adalah aplikasi belajar bahasa Inggris populer lainnya yang menggunakan permainan untuk menyampaikan materi belajar kepada pengguna. Selain menggunakan permainan, materi dalam Lingodeer juga dirancang untuk mengikuti tema secara spesifik seperti body parts, sports, hobbies, families dan lain sebagainya. Aplikasi belajar bahasa Inggris yang satu ini juga berfokus kepada aspek tata bahasa secara mendetail dan lebih luas dibandingkan Duolingo, apalagi ketika pengguna sudah sampai ke level yang tinggi dalam aplikasi. Dengan demikian, Lingodeer adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang cocok digunakan oleh banyak pengguna, mulai dari level beginner hingga intermediate.

Sayangnya, Lingodeer juga masih memiliki beberapa kelemahan seperti verbal lesson yang masih terbatas dan penyajian kosa kata baru yang tidak mengikuti urutan yang baku.

          Baca juga : Cara Memperbaiki Speaking Bahasa Inggris

The British Council

Ingin belajar tata bahasa (grammar) lebih lengkap?

Kamu bisa mencoba mengunduh aplikasi The British Council yang menyajikan berbagai materi mengenai berbagai aturan tata bahasa secara lengkap menggunakan berbagai lesson dan games. Level yang tersedia dalam aplikasi belajar bahasa Inggris ini tergolong komprehensif, mulai dari level pemula sampai level advanced. Setiap kali pengguna aplikasi menyelesaikan salah satu lesson, pengguna juga bisa melihat progress belajar yang sudah dicapai dalam aplikasi. Selain itu, aplikasi ini juga tersedia dalam 2 (dua) versi bahasa Inggris yang berbeda yaitu British English dan American English.

Di luar kelebihan yang tersedia, salah satu kelemahan utama aplikasi belajar bahasa Inggris yang satu ini memiliki elemen permainan yang terbatas, khususnya apabila dibandingkan dengan Duolingo atau Lingodeer.

Quiz Your English

Aplikasi belajar bahasa Inggris lainnya yang menarik untuk digunakan adalah Quiz Your English, sebuah aplikasi yang tepat digunakan oleh pengguna yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian bahasa Inggris. Aplikasi belajar bahasa Inggris yang dikembangkan oleh Cambridge Assessment English ini dirancang berdasarkan 3 (tiga) level CEFR yang berbeda yaitu A1/A2, B1/B1+ dan B2/C1 dan mencakup grammar, vocabulary dan functional language. Menariknya lagi, aplikasi belajar bahasa Inggris ini dirancang menggunakan format kompetisi sehingga pengguna dapat menantang pengguna lainnya dari berbagai penjuru dunia untuk beradu dalam menyelesaikan level dalam aplikasi.

Sayangnya, untuk mengakses berbagai fitur tambahan yang disediakan dalam aplikasi ini, pengguna tetap harus membayar untuk mengakses fitur-fitur tersebut. Selain itu, pengguna bisa merasa cukup terganggu dengan banyaknya iklan yang muncul dalam aplikasi.

Beelingu

Pengguna yang memiliki prioritas utama untuk meningkatkan keterampilan membaca dalam bahasa Inggris bisa mencoba mengunduh aplikasi belajar bahasa Inggris bernama Beelingu, sebuah aplikasi belajar bahasa Inggris yang menggunakan format storytelling dalam 2 (dua) bahasa untuk berlatih membaca. Dengan menggunakan Beelingu, pengguna bisa membaca cerita dalam bahasa Inggris terlebih dahulu sebelum kemudian memastikan arti cerita tersebut dalam bahasa asli pada saat yang bersamaan. Menarik, bukan? Selain itu, pilihan bacaan dalam aplikasi ini juga cukup bervariasi mulai dari cerita anak klasik sampai artikel-artikel populer di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Meskipun menyediakan berbagai materi gratis, aplikasi ini sayangnya memiliki pricing plan yang cukup membingungkan pengguna saat memilih.  

          Baca juga : Keuntungan Menguasai Bahasa Inggris

Grammarly

Aplikasi belajar bahasa Inggris berikutnya yang bisa direkomendasikan untuk pengguna yang ingin meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris adalah Grammarly. Aplikasi belajar yang satu ini membantu pengguna untuk menemukan kesalahan yang dibuat saat menulis, memberi penjelasan untuk berbagai kesalahan yang telah dibuat serta memperbaiki kesalahan. Selain itu, Grammarly juga membantu memperbaiki tone yang digunakan dalam kalimat.

Sebagai catatan, meskipun Grammarly cukup akurat dalam mendeteksi kesalahan penulisan, aplikasi ini tetap tidak bisa 100% mendeteksi errors sehingga tidak dapat menggantikan proofreader manual. Selain itu, saran yang diberikan oleh Grammarly juga belum tentu benar.

Busuu

Aplikasi belajar bahasa Inggris terakhir yang menarik untuk dicoba dalam daftar ini adalah Busuu, sebuah aplikasi yang menyediakan berbagai lesson dalam bahasa Inggris dimana pengguna bisa berlatih berbicara dalam bahasa Inggris dan mendapatkan umpan balik langsung dari penutur asli (native speakers) dalam bahasa Inggris.

Selain kesempatan untuk berbicara langsung dengan penutur asli, setiap lesson dalam Busuu mencakup kosakata kunci, sampel dialog, sesi latihan menulis, sesi rekaman dan lesson review sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman belajar yang komprehensif dari membaca (reading), menulis (writing), berbicara (speaking) dan mendengarkan (listening).

 

Selamat belajar!

aplikasi belajar bahasa inggris