Pahami Penggunaan dan Contoh Article dalam Bahasa Inggris

Saat belajar bahasa Inggris, sering kali ditemukan articles atau kata sandang di dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Kalau kamu masih belum familiar dengan kata sandang, dalam bahasa Indonesia kamu mungkin sering mendengar penggunaan kata sang, para, si, dan lainnya. Sedangkan, dalam bahasa Inggris, kata sandang juga wajib digunakan dalam hal berkomunikasi yang disebut sebagai article.

Articles sendiri dibedakan menjadi dua yaitu definite articles dan indefinite articles. Definite articles adalah kata sandang tertentu yang berupa kata sandang ‘the’ dan digunakan pada bentuk – bentuk kata tertentu saja. Sedangkan indefinite articles adalah memakai kata sandang ‘a’ dan ‘an’ yang memiliki arti sebuah.

Definisi Article dan Fungsinya

Article dalam bahasa inggris artinya kata sandang, yaitu kata yang arti maknanya belum lengkap sebelum digabung dengan kata yang lain. Jenis kata sandang ada dua, yaitu:

  1. Kata sandang tidak tentu, indefinite article.
  2. Kata sandang tertentu, definite article.

 

Baca Juga: Cek 13 Daftar Website yang Dapat Bantu Kamu Belajar Bahasa Inggris

 

Indefinite Article

Indefinite article artinya article tersebut menjelaskan kata benda yang tidak tentu. Indefinite article ini adalah “a” dan “an”. Article a dan an digunakan:

  1. a” diletakan sebelum kata yang berawalan konsonan (huruf mati). Contohnya: Laptop menjadi a laptop (sebuah laptop), Car menjadi a car (sebuah mobil), Table menjadi a table (sebuah meja), Pen menjadi a pen (sebuah pena)
  2. an” diletakan juga sebelum kata yang diawali dengan huruf vokal (huruf hidup). Contohnya: Umbrella menjadi an umbrella, Oven menjadi an oven, Egg menjadi an egg, Apple menjadi an apple.
  3. a” dan “an” dapat diletakan sebelum countable noun tunggal (benda yang dapat dihitung) yang disebutkan pertama kali. Contohnya: We talk a topic about global warming, You need a paper, They buy an avocado.
  4. Sebelum countable noun yang dipakai untuk contoh suatu grup atau benda, seperti: A lectures must be active in ceminar, A farmer must be careful using chemical, A wife needs money and love.
  5. Bersama dengan noun complement (pelengkap), yaitu: Jokowi is a president, Syahrini is a singer, She is a doctor, They are a presenter.
  6. Sebelum ungkapan jumlah tertentu, biasanya menggunakan kata a lot of, a great deal of, a basket of. Contohnya: They bought a lot of vegetable, There is a great deal of gold, Father took a basket of Durian.
  7. Sebelum ungakapan bilangan tertentu a lot of, a great deal of, a basket of, a kilo of, diletakan sebelum to be. Contohnya: There is a lot of vegetable on the floor, Father buys a kilo of olive oil every day.
  8. Untuk mengatakan kecepatan, harga, rasio, dan lain – lain, seperti: Cristian Ronaldo plays football twice a day, Valentino rossi drive car speed is 60 km an hour, The apple is Rp 30.000, a kg.
  9. Untuk mengatakan kalimat seru pada noun tunggal: What a nice book!, What a handsome boy!, What an interesting song!.

 

Peniadaan Article a dan an

a dan an tidak dipakai jika:

  1. Sebelum plurals (benda jamak). Contohnya: You need chairs, We ate apples.
  2. Sebelum uncoutable noun (benda yang tak dapat dihitung), seperti: They drink water, We eat rice.
  3. Sebelum nama menu, kecuali diikuti kata sifat (adjective) atau untuk penghormatan. Contoh: I have dinner at famous restaurant, I have a good dinner today (pakai article karena ada adjective sebelumnya).

 

Definite Article

Definite article adalah kata sandang tertentu. Benda yang dimaksud sudah jelas pasti, bukan yang lain. Definite article berupa “the”.

  1. Sebelum benda yang sudah disebutkan sebelumnya. Contoh: I have a book. The book is on the table, It is my knife. The knife is very expensive, My mother brought a handphone. The handphone is black.
  2. Sebelum benda satu – satunya (didunia), seperti: The sun, The moon, The earth, The sky, The world.
  3. Sebelum superlative dan cardinal number (first, second, third, dan lainnya). Contoh: The best, The largest, The tallest, The smallest.
  4. Sebelum nama kebangsaan, seperti: The Malaysian, The France, The Germany, The Indonesian.
  5. Sebelum nama orang (proper noun) guna menerangkan keluarga. Contoh: The Mr. Budi.
  6. Sebelum nama yang berpola noun + of + noun: The temple of Prambanan, The united States of America.
  7. Sebelum nama yang berpola adjective + noun: The good book, The best place, The National Gallery.
  8. Sebelum noun tunggal, sebagai perwakilan nama benda atau hewan. Contoh: The sheep eat grass, The Sumatran tiger is danger, The bird sleep on the tree.
  9. Di depan kata sifat yang mewakili kelompok orang. Contoh: The rich (orang kaya secara umum), The poor (orang miskin secara umum), The young (anak muda secara umum).

 

Peniadaan ArticleThe

The tidak dipakai jika:

  1. Sebelum nama tempat secara umum: I live in Jakarta, (tanpa the, bukan the Jakarta), We have been from Bandung, We are from America bukan we are from the America.
  2. Sebelum benda abstrak kecuali dalam kalimat tertentu: Children need education.
  3. Sebelum nama makan: They have dinner at 07.30 pm, They had lunch together.
  4. Sebelum nama permainan: They play badminton.
  5. Sebelum kata home: He is at home bukan he is at the home, They usually go home after the lesson bukan go to the home.

Baca Juga: Inilah 20 Panduan Untuk Pemula yang Ingin Belajar Bahasa Inggris Sampai Lancar

 

Zero article

Sebenarnya, selain ada dua jenis article di atas, ada juga zero article yang bisa diartikan adalah tanpa penggunaan kata sandang. Sederhananya, setiap objek atau subjek tidak mutlak menggunakan kata sandang, ada juga beberapa hal yang tidak perlu ditambahkan kata sandang. Contohnya: nama – nama bahasa, olahraga, academic subject, dan lainnya. Bagaimana contoh kalimatnya?

  • Can you speak Japanese? (Dapatkah kamu bicara bahasa Jepang?)
  • Those children played football. (Anak-anak itu bermain bola.)

Itu dia penjelasan singkat mengenai article atau yang bisa disebut sebagai kata sandang dalam bahasa Inggris. Walaupun terlihat sepele, materi ini merupakan materi paling dasar dalam belajar bahasa Inggris, lho! Materi ini pasti dipakai baik dalam penulisan maupun percakapan sehari – hari. Biar makin paham lagi, Schoters saranin Hunters untuk latihan secara mandiri dengan membuat 10 contoh kalimat article

Menurut Hunters, materi bahasa Inggris apa lagi yang wajib dipelajari sebagai dasar pembelajaran bahasa Inggris? Yuk, temukan jawaban kamu lewat kelas bahasa di Schoters. Kamu juga bisa memulai dengan mengetahui level bahasa Inggris kamu, lho Hunters! Tunggu apalagi, segera daftarkan dirimu sekarang.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Bahasa Inggris

Butuh bimbingan IELTS terpercaya? Join Kelas Bahasa Inggris by Schoters. konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)