Australian National University: Program, Syarat, dan Beasiswa

Tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di salah satu universitas terbaik di Australia?

Salah satu universitas terbaik di Australia yang bisa masuk ke dalam daftar destinasi studi impian kamu adalah Australian National University (ANU) yang berlokasi di ibukota Australia, Canberra. Universitas yang baru saja merayakan ulang tahun yang ke-76 di tahun 2022 ini adalah salah satu universitas terbaik di Australia yang secara konsisten masuk dalam deretan perguruan tinggi terbaik di dunia. 

Berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS pada tahun 2023, ANU berhasil menduduki peringkat pertama di Australia dan peringkat 30 dalam daftar perguruan tinggi terbaik di dunia. Selain peringkat akademik, berdasarkan laporan Australian Government Excellence in Research for Australia pada tahun 2018-2019, 95% riset atau penelitian yang dilakukan di ANU memiliki rating di atas standar dunia.

Ingin tahu informasi menarik lainnya tentang Australian National University (ANU) sebelum memutuskan untuk mendaftar ke universitas yang berada di pusat salah satu kota tersehat di dunia ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

Informasi umum mengenai Australian National University

Kualitas pendidikan kelas dunia yang ditawarkan oleh ANU membuat ANU terus menjadi lokasi tujuan studi favorit bagi pelajar yang berminat melanjutkan pendidikan di Australia. Setidaknya terdapat 10.252 mahasiswa di jenjang sarjana (undergraduates) dan 7.128 mahasiswa di jenjang pasca sarjana (postgraduates) yang bergabung di ANU. 

Yang menarik adalah, berdasarkan laporan yang dirilis oleh Times Higher Education pada tahun 2020, lulusan ANU adalah salah satu lulusan universitas Australia yang paling dicari oleh perusahaan.

Selain itu, banyak juga dari alumni ANU yang masuk ke pemerintahan dan menjadi pengambil kebijakan di banyak negara – termasuk salah satunya ekonom Indonesia sekaligus Managing Director di Bank Dunia, Ibu Mari Elka Pangestu dan Bapak Marty Natalegawa, mantan Menteri Luar Negeri Indonesia.

ANU sendiri memiliki beberapa fasilitas yang menarik yang dapat digunakan oleh mahasiswa yang melanjutkan studi di universitas ini, termasuk di antaranya Mount Stromlo Observatory, sebuah observatorium yang menjadi rumah ANU Research School of Astronomy dan Astrophysics dan juga Siding Spring Observatory, yang merupakan observatorium optikal terbesar di Australia yang memiliki peran besar dalam perkembangan ilmu astronomi, astrophysics dan space science di Australia.

 

Baca Juga: Yuk Cek Estimasi Biaya Hidup Bulanan di Australia serta Cara Agar Lebih Hemat !

 

Program studi yang ditawarkan Australian National University

ANU membuka banyak program studi di seluruh jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pascasarjana, untuk beragam bidang studi yang tersebar di 7 (tujuh) academic colleges yang ada di ANU. 

Ketujuh academic colleges tersebut antara lain :

  1. ANU College of Arts and Social Sciences
  2.  ANU College of Asia and The Pacific
  3. ANU College of Business and Economics
  4. ANU College of Engineering and Computer Science
  5. ANU College of Health and Medicine
  6. ANU College of Law
  7. ANU College of Science

Selain academic colleges, ANU juga memiliki unit akademik lainnya seperti National Centre for Indigenous Studies, National Computational Infrastructure dan Centre for Higher Education, Learning and Teaching. Beragamnya program studi yang dibuka di ANU membuat kesempatan kamu untuk menemukan program studi yang sesuai dengan minat dan rencana masa depan menjadi lebih besar.  

 

Persyaratan masuk Australian National University

Persyaratan masuk yang dibutuhkan untuk mendaftar ke ANU dapat berbeda-beda tergantung program studi yang dituju. Secara umum, persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar masuk ke ANU adalah sebagai berikut : 

  1. Lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk pendaftar jenjang S1 atau memiliki kualifikasi akademik internasional lainnya sesuai ketentuan program studi 
  2. Lulus dari jenjang S1 untuk pendaftar jenjang S2 sesuai ketentuan program studi 
  3. Lulus dari jenjang S2 untuk pendaftar jenjang S3 sesuai ketentuan program studi 
  4. Menunjukkan bukti kemampuan berbahasa Inggris dengan skor minimal sesuai ketentuan program studi
  5. Menunjukkan hasil tes terstandarisasi dengan skor minimal sesuai ketentuan program studi

 

Tertarik dengan beasiswa Australian National University dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Beasiswa yang dapat dicoba

Ingin kuliah di ANU dengan menggunakan beasiswa? Berikut adalah program beasiswa yang bisa kamu coba untuk mendaftar ke ANU.

1. Beasiswa LPDP

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah program beasiswa fully funded yang dibuka oleh Pemerintah Indonesia kepada pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang pasca sarjana, baik Master maupun Doktoral, di berbagai universitas di luar negeri, termasuk ANU. Pendaftar beasiswa LPDP dapat memilih semua program studi yang tersedia di ANU menggunakan program beasiswa LPDP.

 

Baca Juga: Ini Dia Persiapan yang Dapat Kamu Lakukan Beasiswa LPDP 2023-mu Lolos

 

2. Australian Awards Scholarship

Program Australian Awards Scholarship (AAS) adalah program beasiswa fully funded yang ditawarkan oleh Pemerintah Australia kepada pelajar Indonesia yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di jenjang Master dan Doktoral, di berbagai universitas di Australia, termasuk ANU.

Secara umum, AAS menerima semua program studi yang dibuka oleh universitas di Australia. Meskipun demikian, setiap tahunnya AAS menetapkan area studi yang menjadi prioritas dalam memilih kandidat penerima beasiswa.

3. ANU Chancellor’s International Scholarship

ANU Chancellor’s International Scholarship adalah program beasiswa partial yang diberikan oleh ANU kepada pelajar internasional yang sudah diterima masuk di salah satu program di ANU, baik di jenjang sarjana maupun pasca sarjana. Penerima beasiswa akan dipilih berdasarkan kriteria akademik yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Mahasiswa yang berhasil menerima beasiswa ini akan mendapatkan keringanan biaya kuliah sebesar 25% atau 50% dari total keseluruhan yang harus dibayarkan.   

4. ANU PhD Scholarship

ANU PhD Scholarship adalah program beasiswa yang diberikan ANU yang sudah mendaftar ke program PhD atau Professional Doctorate by Research di ANU. Beasiswa yang termasuk dalam kategori beasiswa fully funded ini diberikan dalam periode waktu 3.5 tahun dan bernilai sebesar AUD$ 34.000 per tahun.

 

Rekomendasi bimbingan lolos Australian National University

Ingin lolos masuk ke Australian National University? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus Australian National University? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap. 

 

[Schoters] Form Konsultasi Harvester