Bahasa Inggris Bisnis dan Biasa, Apa Bedanya?

Tips & Trik, 15 Sep 2022

Untuk bisa meningkatkan karier kamu ke tingkat yang lebih tinggi, kemampuan untuk mahir berbahasa Inggris di lingkungan bisnis wajib dimiliki. Bukan hanya untuk berkarier di luar negeri; sekarang, di Indonesia bahasa Inggris juga sudah menjadi makanan sehari-hari untuk keperluan formal di lingkungan kerja. Mulai dari meeting hingga negosiasi, kemampuan bahasa Inggris bisnis sifatnya sangat penting bagi kesuksesan perusahaan di era modern ini. 

Business English memiliki ciri khusus yang kemungkinan besar jarang kamu temui pada bahasa Inggris sehari-hari. Artinya, kamu perlu belajar lebih detail terkait hal tersebut. Dengan mempelajari bahasa Inggris bisnis, kamu memiliki lebih banyak kesempatan untuk berkarier di perusahaan global maupun berkomunikasi dengan pebisnis kelas atas.

Apa Itu Bahasa Inggris Bisnis?

Kamu mungkin bingung, apa sih perbedaan antara bahasa Inggris bisnis dan sehari-hari? Nah, sebagai awalan, kamu perlu mengerti terlebih dahulu pengertian dari bahasa Inggris bisnis berikut ini.

Bahasa Inggris bisnis adalah bentuk bahasa Inggris yang secara spesifik dipakai untuk keperluan formal seperti negosiasi, perdagangan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahasa Inggris bisnis dianggap sebagai bentuk spesialisasi dalam pembelajaran bahasa Inggris, serta merupakan bagian dari bahasa Inggris untuk tujuan khusus. Materi ini biasanya dipelajari oleh mereka dari negara yang bukan penutur bahasa Inggris agar bisa berbisnis dengan orang-orang dari negara-negara berbahasa Inggris.

Karakteristik Bahasa Inggris Bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahasa Inggris bisnis mempunyai karakteristik yang berbeda dari bahasa Inggris sehari-hari. Bahasa Inggris bisnis secara khusus menggunakan kosakata khusus, memerlukan kejelasan konteks, dan menerapkan struktur tata bahasa yang rapi.

Dalam bahasa Inggris bisnis, jika tidak ada penjelasan yang konkret dalam sebuah surat formal, mereka hanya akan membuang waktu lawan bicara mereka. Kata yang digunakan juga lebih singkat, langsung ke poin utama yang ingin disampaikan.

Selain itu, kamu juga akan menemukan penggunaan grammar yang ringkas, namun jauh lebih efektif daripada bahasa Inggris sehari-hari. Banyak orang menganggap bahwa keahlian ini cukup sulit untuk dipelajari, padahal sebenarnya ini tidak sesulit yang kamu kira jika kamu bisa mengerti karakteristik dari bahasa Inggris bisnis.

          Baca juga: 9 Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol untuk Pemula, Mudah!

Bedanya dari Bahasa Inggris Sehari-hari

Secara khusus, terdapat beberapa perbedaan antara bahasa Inggris bisnis dan bahasa Inggris sehari-hari yang perlu kamu ketahui. Perbedaan ini mencakup tingkatan bahasa, pilihan kata, tujuan penggunaan, formalitas bahasa, dan metode pembelajaran.

Pada bahasa Inggris bisnis, tingkatkan bahasa yang digunakan biasanya hanya bisa dilafalkan oleh orang yang sudah fasih berbahasa Inggris. Dengan kata lain, kosakata yang digunakan tergolong advanced atau sudah pada tingkatan tertinggi.

Lalu, pilihan kata bahasa Inggris bisnis biasanya mengacu pada suatu hal yang sangat spesifik. Kamu tidak perlu menjelaskan secara detail untuk menyampaikan tujuan karena kata tersebut sudah memiliki ketentuan atau bahasanya sendiri.

Tujuan penggunaannya juga berbeda, lho. Bahasa Inggris bisnis biasanya digunakan untuk kepentingan profesional seperti saat kamu sedang bertemu dengan kolega, klien bisnis, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal ini jauh berbeda dari bahasa Inggris konvensional yang bisa digunakan dalam ruang lingkup bersifat kasual.

Bahasa Inggris bisnis juga biasanya menggunakan pilihan kata yang jauh lebih formal dibandingkan penggunaan kata yang biasanya dipakai pada bahasa Inggris sehari-hari. Lalu, yang terakhir, metode pelajaran untuk bisa mahir bahasa Inggris bisnis jauh lebih mengedepankan praktik dibandingkan belajar bahasa Inggris konvensional yang sebagian besar porsi belajarnya berupa teori.

Manfaat Belajar Bahasa Inggris Bisnis

Seperti yang sudah dikatakan di awal, mahir menggunakan bahasa Inggris bisnis bisa sangat bermanfaat di lingkungan formal, seperti pekerjaan maupun bisnis yang kamu jalankan. Dengan menguasai bahasa Inggris bisnis, kamu akan dimudahkan untuk melakukan komunikasi dengan klien bisnis dan menunjukkan profesionalitas perusahaan kamu.

          Baca juga: 7 Manfaat Penting Kursus Bahasa Inggris

Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Terpercaya

Bagi yang memerlukan keahlian bahasa Inggris bisnis, kamu bisa mempelajarinya melalui penyedia layanan kursus profesional seperti Schoters. Tentunya kamu akan belajar dengan tutor yang berpengalaman langsung dalam menggunakan bahasa Inggris bisnis. Kamu akan dipandu hingga mahir dengan berbagai wawasan luas mengenai cara menggunakan bahasa Inggris bisnis secara tepat.

Selain itu, di kursus bahasa Inggris bisnis Schoters, kamu juga akan berinteraksi langsung dengan tutor 1-on-1 sehingga proses pembelajaran menjadi lebih mudah dimengerti dan kamu bisa segera menguasai bahasa Inggris untuk keperluan bisnis. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan daftar sekarang di sini.

bahasa inggris bisnis