Beasiswa British Council for Women in STEM: Beasiswa Khusus Perempuan

Info Beasiswa, 02 Nov 2022

Halo Hunters! Saat mendengar kata United Kingdom alias UK apa sih yang terlintas di benak kalian? Kerajaan, Ratu Elizabeth, liga sepak bola Inggris, aksen British, London Tower, The British Museum, atau Buckingham Palace? Tentu masih banyak lagi ya tentunya.

Inggris dan segala ciri khasnya memang kerap dibicarakan, terutama di bidang pendidikannya yang menarik hati banyak pelajar internasional. Inggris memiliki banyak universitas yang diakui dunia, dengan standar pendidikan yang tinggi. Maka dari itu, tidak jarang negara ini menjadi pertimbangan bagi para pelajar untuk menempuh pendidikan di sana.

Ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan dengan menempuh pendidikan di Inggris, seperti mengasah kemampuan berbahasa Inggris, membawa kamu masuk ke perusahaan multinasional impian, jalan-jalan ke luar negeri sendiri dengan rasa percaya diri, dan akses ke berbagai budaya yang ada di dunia.

Tahukah Hunters, bahwa British Council meluncurkan program beasiswa dalam kemitraan dengan 26 universitas di Inggris lho! Program beasiswa ini bertujuan meningkatkan peluang di bidang Science, Technology, Engineering dan Math (STEM) untuk para perempuan, karena menurut data dari UNESCO PBB, kurang dari 30 persen peneliti di seluruh dunia adalah perempuan dan hanya 30 persennya saja yang memilih bidang STEM untuk pendidikan tinggi.

Berikut ini informasi lebih lanjut tentang beasiswa untuk perempuan yang ingin melanjutkan kuliahnya ke jenjang S-2 di Inggris. 

Persyaratan 

  1. Seorang wanita, atau mengidentifikasi sebagai seorang wanita.
  2. Menjadi pemegang paspor dan penduduk tetap dari salah satu negara yang memenuhi syarat yang terdaftar.
  3. Telah mengajukan aplikasi untuk belajar program pascasarjana yang memenuhi syarat di salah satu bidang program dan di salah satu mitra universitas Inggris yang ditugaskan untuk masing-masing wilayah, seperti yang tercantum di situs laman beasiswa.
  4. Telah menyelesaikan semua komponen gelar sarjana yang memungkinkan mereka untuk masuk ke program pascasarjana di mitra universitas Inggris pada saat mereka mengajukan aplikasi mereka.
  5. Belum pernah belajar di tingkat sarjana atau lebih tinggi di Inggris atau baru-baru ini tinggal di Inggris.
  6. Tunjukkan kebutuhan dukungan keuangan melalui uji kemampuan yang dilakukan oleh mitra universitas Inggris.
  7. Menyelesaikan tingkat sarjana.
  8. Memenuhi persyaratan bahasa Inggris dari mitra universitas Inggris dan dapat mencapai tingkat bahasa Inggris yang diperlukan untuk studi / penelitian pascasarjana di universitas Inggris.
  9. Aktif, dibuktikan dengan pengalaman kerja atau ketertarikan di bidang yang diminati.
  10. Memiliki semangat dan ketertarikan terhadap mata kuliah yang dipilih dan berkomitmen untuk menjadi alumni beasiswa British Council.
  11. Bersedia menunjukkan kontribusi masa depan untuk pengembangan kapasitas dan kemajuan sosial-ekonomi melalui manfaat yang dicapai setelah lulus dari pendidikan tinggi Inggris.
  12. Kembali ke negara asal, selama minimal dua tahun setelah pemberian beasiswa berakhir.

            Baca Juga: Beasiswa Gates Cambridge Berikan Beasiswa dan Tunjangan Keluarga

Manfaat

  1. Kebanggaan akademik karena universitas di Inggris termasuk yang paling terdepan di dunia untuk bidang STEM
  2. Dukungan finansial termasuk di dalamnya biaya kuliah, tunjangan bulanan, biaya bepergian, biaya visa, dan asuransi kesehatan
  3. Tunjangan khusus untuk para ibu yang anak
  4. Tunjangan kursus bahasa Inggris

Jurusan yang Tersedia

  1. Ilmu Kesehatan dan Kedokteran: Ilmu Kedokteran, Kesehatan Masyarakat
  2. Teknik: Teknik Sipil
  3. TIK: Kecerdasan Buatan
  4. Studi Lingkungan: Perubahan Iklim

Dokumen yang Dibutuhkan

  1. Paspor
  2. KTP
  3. Transkrip akademik
  4. Surat referensi
  5. Esai personal statement (dapat bervariasi setiap universitas)
  6. Bukti kemahiran bahasa Inggris (IELTS/TOEFL iBT)

Catatan: Dokumen yang diperlukan mungkin berbeda setiap universitas.

Nah, itu dia informasinya, Hunters. Apakah kamu tertarik dengan peluang ini? Tidak ada salahnya untuk mencoba lho. Selain gratis, kamu juga akan mendapatkan berbagai manfaat lain, seperti belajar hidup mandiri, mengenal kultur budaya di Inggris, mendapat teman baru, ilmu yang bermanfaat, dan pengalaman seumur hidup yang belum tentu semua orang bisa dapatkan. Jadi, tunggu apalagi?

           Baca Juga: University of Oxford: Fakta Unik dan Cara Mendapatkan Beasiswa!

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

beasiswa british council for women in stem