Ketahui Beasiswa DAAD EPOS MIDE dan Deadline Pendaftarannya

Info Beasiswa, 03 Des 2022

Pemerintah Jerman melalui Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) atau dalam bahasa Inggris The German Academic Exchange Service telah banyak memberikan beasiswa kepada mahasiswa dari seluruh dunia untuk belajar berbagai program studi, salah satunya adalah beasiswa DAAD EPOS MIDE (Master’s in International and Development Economics).

Mengenal Beasiswa DAAD EPOS MIDE

Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia yang telah memiliki setidaknya 2 tahun pengalaman bekerja untuk meneruskan pendidikan di jenjang S2 di bidang ekonomi dan pengembangannya di Hochschule für Technik und Wirtschaft Berlin atau University of Applied Sciences di Berlin. Lalu apa saja siapa saja yang bisa mendaftar, persyaratan, cakupan beasiswa, dan tenggat waktu pendaftarannya? Mari kita simak informasi di bawah ini!

          Baca Juga: Penting! Ketahui Hal ini Sebelum Kamu Kuliah di Jerman

Siapa saja yang bisa mendaftar?

  1. Berasal dari negara berkembang (Indonesia termasuk)
  2. Memiliki setidaknya 2 tahun pengalaman bekerja di pemerintahan ataupun swasta dan pernah bekerja pada bidang perencanaan dan pelaksanaan yang berkontribusi pada area teknologi, ekonomi, dan kemasyarakatan. 
  3. Memiliki gelar sarjana di bidang yang sesuai dengan MIDE.
  4. Lulus sarjana kurang dari 6 tahun dari tanggal pendaftaran
  5. Memenuhi persyaratan masuk ke program MIDE
    1. Memiliki ekuivalensi 210 ECTS atau setara dengan 3.5 tahun masa studi di jenjang S1 dengan setidaknya 3 mata kuliah yang berkaitan dengan ilmu ekonomi.
    2. Memiliki salah satu sertifikasi profisiensi berbahasa Inggris:
      1. TOEFL: paper based: 580, computer-based: 237, internet-based: 96
      2. IELTS 7
      3. CPE
      4. CAE
      5. BEC Higher
      6. TOEIC 800
  6. Perempuan dan kandidat yang berasal dari kalangan kurang beruntung akan mendapatkan prioritas dari beasiswa ini. 

Persyaratan pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran beasiswa DAD. Jangan lupa bubuhkan tanda tangan dan tanggal. 
  2. Menulis statement of motivation (ditandatangani) yang berisi tentang penjelasan mengenai ketertarikan untuk belajar di MIDE dengan penekanan pada kontribusi pendidikan pada karir kalian. Jelaskan pula bagaimana kontribusi pendidikan dan perkembangan karir terhadap masyarakat.
  3. Confirmation of Employment: Bukti bahwa kalian telah bekerja selama minimal 2 tahun. Bukti ini harus menyatakan jabatan kalian saat mendaftar beasiswa ini. Bukti ini berasal dari bagian SDM tempat kalian bekerja dan memiliki kop surat, diberi tanggal, tanda tangan, dan cap basah. 
  4. Letter of Reference dari atasan/manager kalian. Surat ini pada intinya harus menyatakan bahwa kalian bisa kembali bekerja setelah lulus dari program MIDE. Surat ini harus ditulis dalam halaman yang memiliki kop surat, diberi tanggal, tanda tangan, dan cap basah.
  5. Ringkasan skripsi dengan panjang maksimal 2 halaman.
  6. Jika mendaftar lebih dari 1 program di beasiswa DAAD, urutkan program studi sesuai dengan prioritas. Pastikan kalian tidak merubah urutan prioritas pada formulir pendaftaran program studi lainnya. 
  7. Pastikan fokus Confirmation of Employment dan Letter of Reference kalian berbeda. 
    1. Confirmation of Employment: biasanya ditulis oleh bagian SDM dan berisi tanggal mulai bekerja dan tugas-tugas yang diemban selama menjadi pegawai. Jika ada, tuliskan pula evaluasi dari skill dan/atau capaian selama bekerja. 
    2. Letter of reference (or recommendation): penilaian pribadi dari atasan atau manajer yang biasanya berisi 3 poin penting ini:
      1. Penjelasan bagaimana pemberi rekomendasi mengenal penerima rekomendasi, dan berapa lama.
      2. Penilaian pemberi rekomendasi atas kecakapan dan pencapaian beserta contoh-contohnya. Poin ini harus pendek namun padat isi.
      3. Ringkasan yang menjelaskan bagaimana dan seberapa baik penerima rekomendasi ini direkomendasikan oleh pemberi rekomendasi.

          Baca Juga: Tips Lolos Beasiswa DAAD

Cakupan beasiswa

  1. Biaya hidup sebesar EUR 850 selama 17 bulan.
  2. Subsidi biaya belajar dan penelitian.
  3. Subsidi untuk biaya transportasi (termasuk asuransi kecelakaan) tiket pesawat pergi pulang dari Jerman ke negara asal setelah program selesai.
  4. Asuransi kesehatan
  5. Kelas bahasa Jerman (Februari atau Maret)

Tanggal-tanggal penting

  1. Pembukaan pendaftaran: 15 Mei
  2. Tenggat waktu pendaftaran: 31 Agustus

Konsultasikan Rencana Persiapan Kuliah ke Jerman!

Untuk tembus universitas top di Jerman tentunya membutuhkan persiapan ekstra. Terlebih, apabila kamu ingin menggunakan beasiswa.

Apakah kamu ingin mendapatkan beasiswa ke Jerman? --> Ikuti bimbingan kuliah luar negeri bersama mentor lulusan kampus top dunia.

Mau CV dan dokumen pendaftaran beasiswamu di review? --> Konsultasikan persyaratan beasiswamu disini.

beasiswa daad epos mide