7 Fakta Kuliah di Jerman yang Harus Kamu Tahu

Menimba ilmu dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Jerman merupakan salah satu negara yang diminati oleh pelajar Indonesia. Tahukah, Hunters, terdapat 2.460 orang pelajar Indonesia yang berkuliah di Jerman, lho! Hunters, apakah kamu salah satu yang tertarik untuk melanjutkan studi di Jerman? Untuk itu, mari kita perhatikan tujuh fakta kuliah di Jerman bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di sana!

1. Bahasa yang digunakan

Fakta kuliah di Jerman pertama yang ada di dalam daftar ini adalah bahasa yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Bahasa yang digunakan ketika kuliah di Jerman adalah bahasa Jerman. Namun, memang terdapat beberapa program yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Untuk bisa mengambil program perkuliahan di Jerman, Hunters akan diminta untuk memberikan sertifikasi kemampuan bahasa Jerman.

2. Biaya kuliah di Jerman

Fakta kuliah di Jerman selanjutnya di dalam daftar ini adalah biaya kuliah yang gratis. Jerman memberikan kesempatan kuliah gratis di universitas negeri di Jerman. Namun, tetap ada biaya daftar ulang yang pada umumnya sekitar 250 euro atau 4 juta rupiah.

Selain itu, akan adanya biaya tambahan transportasi selama enam bulan yang disebut dengan Semesterticket. Jika ingin mendapatkan beasiswa, Hunters dapat mencari alternatif melalui beasiswa DAAD (Deutscher Akademischer Austausch Dienst).

3. Akomodasi 

Studentenwerk adalah organisasi layanan mahasiswa yang ada pada setiap universitas di Jerman. Organisasi ini memiliki tugas dalam penyediaan ekonomi, sosial, kesehatan, dan budaya kepada pelajar yang terdaftar di semua lembaga pendidikan tinggi Jerman.

Jenis akomodasi yang paling terjangkau adalah sekitar 240 euro per bulan. Oleh karena itu, banyak pelajar yang berminat. Hanya dengan melalui situs web administrasi Studentenwerk lokal ke universitas yang dipilih, pelajar sudah bisa tenang hidup di Jerman.

 

Baca juga: Mau Kuliah Di Jerman? Kamu Harus Tahu 10 Hal Tentang Jerman Ini

 

4. Fasilitas yang diberikan untuk pelajar

Fakta kuliah di Jerman lainnya dalam daftar ini adalah lengkapnya fasilitas yang diberikan. Ada beragam fasilitas yang ditawarkan oleh Studentenwerk kepada para pelajar. Pilihan termurah ialah kamar dengan dapur umum, kamar mandi, dan ruang tamu.

Jika ingin memilih apartemen, diperbolehkan untuk memilih antara dua dan tujuh kamar tidur. Tempat tinggal yang lebih pribadi juga disediakan, yaitu berupa apartemen single dan double namun dengan harga yang sedikit mahal.

5. Absensi kehadiran mahasiswa

Fakta kuliah di Jerman kelima dalam daftar ini adalah Berbeda dengan absensi kehadiran di Indonesia, Jerman tidak mementingkan tingkat kehadiran pelajarnya. Jika Hunters tidak hadir dalam perkuliahan maka tidak akan mempengaruhi dalam perhitungan nilai akademik. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah menjawab dan mengikuti ujian pada setiap mata kuliah yang ada.

6. Hanya satu kali ujian

Fakta menarik kuliah di Jerman selanjutnya adalah terkait pelaksanaan ujian. Perlu Hunters ketahui bahwa kuliah di Jerman tidak mengenal ujian remedial, lho! Pelajar yang tidak lulus dalam ujian mata kuliah, harus mengulang mata kuliah tersebut selama satu semester. Jadi, harus sungguh-sungguh dalam belajar, ya, Hunters.

7. Tidak ada acara wisuda

Fakta kuliah di Jerman terakhir yang ada di dalam daftar ini adalah tidak ada perayaan wisuda. Sering kali kita melihat pelajar yang telah lulus sidang merayakan kelulusannya dengan kerabat melalui acara wisuda di Universitas. Namun, berbeda dengan universitas di Jerman yang tidak mengenal acara wisuda maka tidak ada pelajarnya yang menggunakan toga serta membawa keluarga ketika sudah lulus sidang. Artinya, pelajar yang sudah dinyatakan lulus sidang hanya mendapatkan ijazah beberapa minggu berikutnya tanpa ada acara apa pun.

Kuliah di luar negeri memang tidak mudah dilakukan dan jauh dari keluarga. Tidak hanya itu saja, perlu adanya adaptasi pada kebudayaan, bahasa, makanan, minuman, serta gaya hidup yang berbeda dari negara asal. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu Hunters akan terbiasa dan sangat menyenangkan kok! So, percaya deh Hunters bisa mendapatkan gelar yang diinginkan di Jerman dan menjadi lulusan terbaik dengan ilmu yang tidak diragukan lagi.

 

Baca juga: Mau Kuliah di Jerman? Wajib Ikut Studienkolleg Dulu

 

Nah, itu dia, Hunters, beberapa fakta kuliah di Jerman yang perlu bkamu ketahui. Jadi, setelah melihat fakta-fakta tersebut, apakah kamu jadi tertarik untuk kuliah di Jerman.

 

Rekomendasi kursus bahasa Jerman terpercaya

Untuk lulus dari ujian masuk dan mewujudkan impian kuliah di Jerman, tentu akan jadi tantangan yang berat. Karena itu, kamu harus memiliki persiapan yang cukup dan pengetahuan bahasa Jerman yang lebih.

Dengan tutor yang yang berpengalaman serta kelas online yang memudahkan kamu untuk bimbingan di mana pun dan kapan pun, kamu akan mendapatkan pemahaman yang baik untuk mempersiapkan ujian masuk Studienkolleg.

Informasi lengkap mengenai German Academy dan kelas persiapan lainnya bisa Hunters dapatkan di sini.

fakta kuliah di jerman