Kuliah Riset di Australia dengan Beasiswa Edith Cowan University

Info Beasiswa, 18 Des 2022

Edith Cowan University (ECU) adalah salah satu perguruan tinggi berusia muda yang berada di negara bagian Western Australia, Australia. Sebagai salah satu perguruan tinggi muda dunia, ECU terus membuktikan kualitas pendidikan yang dimiliki dengan menduduki peringkat 94 dalam daftar 100 perguruan tinggi muda terbaik dunia versi Times Higher Education. Perguruan tinggi yang namanya terinspirasi dari perempuan pertama yang diangkat menjadi anggota parlemen Australia ini membuka berbagai program studi untuk jenjang pendidikan S-1, S-2 dan S-3 termasuk di antaranya clinical, pre-clinical and health, arts and humanities, social sciences, education, physical sciences, engineering and technology, law, business and economics, life sciences, computer science dan psychology.

Untuk membantu pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di perguruan tinggi ini, ECU juga membuka berbagai program beasiswa yang dapat diikuti termasuk di antaranya program beasiswa Edith Cowan University yang dikhususkan untuk pelajar yang hendak melanjutkan studi di tingkat pascasarjana melalui riset (higher degree by research), baik program Masters by Research (MbR), Doctor of Philosophy (PhD) atau Integrated PhD. Beasiswa ini sendiri diberikan berdasarkan pencapaian akademik dan penelitian yang dilakukan.  

               Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Universitas Terbaik di Australia

Cakupan Beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Biaya kuliah selama periode studi maksimal 4 (empat) tahun untuk pelamar program PhD dan biaya kuliah selama periode studi maksimal 2 (dua) tahun untuk pelamar program MbR.
  2. Biaya hidup selama periode studi maksimal 3 (tiga) tahun untuk pelamar program PhD dan maksimal 2 (dua) tahun untuk pelamar program MbR. Biaya hidup ini bernilai sebesar 29.863 per tahun.
  3. Biaya asuransi kesehatan untuk pelajar internasional (Overseas Student Health Cover) apabila pelajar tinggal di Australia selama periode studi
  4. Biaya pembuatan visa untuk pelajar internasional dengan nilai maksimal sebesar 550 Dolar Australia

Persyaratan Beasiswa

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat mengikuti program beasiswa ini antara lain:

  1. Sudah menerima unconditional offer dari salah satu program studi pascasarjana melalui riset di ECU, baik MbR, PhD maupun Integrated PhD.
  2. Pelajar yang sudah memasukkan berkas pendaftaran ke program studi namun belum mendapatkan unconditional offer masih bisa mendaftar program beasiswa ini, dengan catatan dapat menerima unconditional offer sebelum waktu pendaftaran beasiswa ditutup

Selain itu persyaratan untuk dapat mendaftar program pascasarjana di ECU dapat berbeda-beda tergantung jurusan yang dituju. Meskipun demikian, terdapat beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi sebagai berikut:

Program PhD

  1. Lulus dari Master Degree (Research) atau Bachelor Honours Degree. Pendaftar dengan kualifikasi pendidikan lainnya harus menunjukkan pengalaman penelitian penuh waktu selama 6 (enam) bulan
  2. Memiliki skor IELTS minimal 6.5 (dengan skor masing-masing komponen minimal 6.0), kecuali pendaftar jurusan Nursing and Midwifery yang harus menunjukkan skor IELTS minimal 7.0 (dengan skor masing-masing komponen minimal 7.0)

Program Integrated PhD

  • Lulus dari Master Degree (Research), Master Degree (Coursework) di bidang studi terkait, Master Degree (Coursework) yang memiliki 2/3 komponen studi dalam bentuk riset atau Bachelor Honours Degree.
  • Memiliki skor IELTS minimal 6.5 (dengan skor masing-masing komponen minimal 6.0), kecuali pendaftar jurusan Nursing and Midwifery yang harus menunjukkan skor IELTS minimal 7.0 (dengan skor masing-masing komponen minimal 7.0)

Program Masters by Research

  1. Lulus dari sarjana di bidang studi terkait
  2. Mampu menunjukkan skor kemampuan berbahasa Inggris sesuai ketentuan

Sebagai catatan, terdapat beberapa kriteria pelajar yang tidak bisa mendaftar untuk program beasiswa ini antara lain:

  1. Penerima beasiswa Australia Awards Scholarship atau beasiswa dari Pemerintah Australia lainnya selama 2 (dua) tahun terakhir
  2. Memiliki penghasilan atau menerima beasiswa lainnya yang bernilai lebih besar dari 75% stipend rate yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Australia.
  3. Mahasiswa yang akan memulai program studi pascasarjananya lewat dari batas waktu yang ditetapkan oleh ECU

Prosedur Pendaftaran dan Dokumen yang Diperlukan

Secara garis besar, dokumen yang diperlukan untuk mendaftar ke program pascasarjana di ECU antara lain:

  1. Research abstract sebanyak 300 kata dan research proposal sebanyak 2 (dua) halaman. Untuk menyusun kedua dokumen ini, pendaftar disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu mencari informasi terlebih dahulu terkait berbagai penelitian yang dilakukan di ECU dengan membuka tautan berikut ini.
  2. Informasi tentang latar belakang pekerjaan, akademik dan kualifikasi lainnya dalam bentuk CV
  3. Informasi mengenai pengalaman penelitian sebelumnya seperti publikasi, research grants, conference papers yang pernah ditulis sebelumnya serta informasi mengenai proyek penelitian yang pernah diikuti  

Seluruh dokumen di atas harus ditulis atau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebelum diunggah ke dalam portal pendaftaran yang disediakan.

Pendaftaran untuk beasiswa ECU Higher Degree Research Scholarship ini dapat dilakukan melalui tautan ini sebelum semester 1 perkuliahan dimulai (biasanya dimulai pada bulan April setiap tahunnya) dan sebelum semester 2 perkuliahan dimulai (biasanya dimulai pada bulan September tahunnya) untuk program studi Master by Research dan Integrated PhD, sementara pendaftaran untuk program studi PhD dibuka sepanjang tahun.

                         Baca juga: Cek Info Beasiswa Australia Awards Scholarship (AAS) Terbaru

Siapkan Pendaftaran Bersama Schoters

Mau berangkat ke luar negeri dan lolos beasiswa impian? Scholarship Hunters bisa mulai persiapan dari sekarang, loh. Schoters menawarkan layanan bimbingan untuk membantu Scholarship Hunters meraih beasiswa impian yuk, konsultasi dengan mentor berpengalaman.

beasiswa ecu edith cowan university