10 Universitas Terbaik di Australia versi Times Higher Education

Dari tahun ke tahun, Australia selalu menjadi salah satu destinasi studi favorit bagi pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan studi di luar negeri. Ada banyak universitas terbaik di Australia yang bisa jadi rekomendasi menjadi daya tarik tersendiri bagi pelajar internasional untuk lanjut studi ke Negeri Kangguru ini.

Lantas, kampus mana saja sih yang termasuk ke dalam universitas terbaik di Australia? Untuk itu, yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. University of Melbourne, Melbourne

Universitas terbaik di Australia pertama dalam daftar ini adalah University of Melbourne. University of Melbourne adalah salah satu perguruan tinggi berorientasi riset di Australia yang berlokasi di Melbourne, salah satu kota terbesar di Australia yang juga terkenal sebagai salah satu kota yang paling nyaman ditempati di dunia.

Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1853 ini, kini menduduki peringkat 1 perguruan tinggi di Australia dan peringkat 34 perguruan tinggi terbaik dunia versi Times Higher Education.

Pilihan Studi di University of Melbourne

University of Melbourne menawarkan berbagai jurusan di tingkat S-1, S-2 dan S-3 untuk bidang studi seperti arts, humanities and social sciences, architecture, building, planning and design, business and economics, education, engineering, environment, fine arts and music, health, IT and computer science, law, science dan veterinary, agriculture and food sciences.

Beasiswa yang Ditawarkan di University of Melbourne

University of Melbourne juga membuka berbagai kesempatan beasiswa untuk membantu pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di universitas ini, termasuk di antaranya :

  1. Melbourne International Undergraduate Scholarship. Program beasiswa ini ditujukan untuk pelajar internasional tingkat S-1 di semua jurusan yang ada di University of Melbourne.
  2. Graduate Research Scholarship. Program beasiswa ini ditujukan untuk pelajar internasional program Master by Research atau program PhD di berbagai bidang studi di University of Melbourne. Untuk mendapatkan beasiswa ini, calon mahasiswa harus sudah diterima terlebih dahulu di salah satu program studi research di University of Melbourne.  
  3. Australia Awards Scholarship. Program beasiswa ini ditujukan untuk seluruh pelajar internasional di tingkat S-2 dan S-3 yang ingin melanjutkan studi di berbagai bidang studi di Australia, termasuk di University of Melbourne.

 

2. Monash University, Melbourne

Universitas selanjutnya yang menjadi salah satu universitas terbaik di Australia adalah Monash University, yang juga berlokasi di Melbourne. Universitas yang juga tercatat sebagai universitas terbesar di Australia ini menduduki peringkat 2 terbaik di Australia dan peringkat 44 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia versi Times Higher Education. Selain berlokasi di Australia, Monash University juga memiliki banyak kampus internasional di luar Australia seperti Malaysia, Italia, Cina, dan juga Indonesia.

Pilihan Studi di Monash University

Monash University membuka berbagai program studi baik di jenjang S-1, S-2 dan S-3 untuk berbagai bidang studi seperti art, design and architecture, business and economics, education, engineering, information technology, law, medicine, nursing and health sciences, pharmacy and pharmaceutical sciences dan science.

Beasiswa yang Ditawarkan di Monash University

Terdapat beberapa program beasiswa yang khusus ditawarkan untuk pelajar internasional di Monash University, termasuk di antaranya :

  1. K.C Kuok Scholarship. Program beasiswa ini ditawarkan kepada pelajar internasional tingkat S-1 dari negara ASEAN, termasuk Indonesia, yang belum pernah belajar di Monash University sebelumnya dan berasal dari keluarga dengan penghasilan rendah
  2. Monash International Leadership Scholarship. Program beasiswa ini dibuka untuk mahasiswa tingkat sarjana dan pascasarjana (coursework) yang sudah diterima untuk melanjutkan studi di Monash University. Penerima beasiswa biasanya akan diminta untuk berpartisipasi dalam berbagai program promosional, marketing dan rekrutmen untuk Monash University.
  3. Australia Awards Scholarship. Program beasiswa ini ditujukan untuk seluruh pelajar internasional di tingkat S-2 dan S-3 yang ingin melanjutkan studi di berbagai bidang studi di Australia, termasuk di Monash University.

 

3. The University of Queensland, Brisbane

The University of Queensland (UQ) adalah salah satu universitas terbaik di Australia yang berlokasi di Brisbane. Brisbane adalah salah satu kota di Australia yang terkenal sebagai kota yang ramah dengan standar biaya hidup yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kota besar lainnya di Australia, seperti Melbourne atau Sydney.

UQ sendiri sudah berdiri sejak tahun 1909 dan kini menduduki peringkat ke-3 di Australia dan peringkat ke-53 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia versi Times Higher Education.

Pilihan studi di The University of Queensland

UQ membuka sekitar 390 program sarjana dan pascasarjana yang tersebar di berbagai bidang studi antara lain agricultural and animal sciences, architecture, design and urban planning, arts, humanities and social sciences, business and economics, communication, media and experience design, computer science and IT, education, engineering, environment, health and medicine, law dan science and mathematics.

Beasiswa yang Ditawarkan di The University of Queensland

Terdapat beberapa program beasiswa yang secara khusus ditawarkan untuk pelajar internasional di UQ, termasuk di antaranya :

  1. International High Achievers Scholarship. Program beasiswa partial ini ditawarkan kepada pelajar internasional tingkat sarjana maupun pascasarjana (coursework) yang sudah diterima untuk melanjutkan studi penuh waktu di hampir seluruh program studi di UQ serta dinilai memiliki prestasi akademik dan kemampuan berbahasa Inggris sesuai dengan persyaratan.
  2. Australia Awards Scholarship. Program beasiswa ini ditujukan untuk seluruh pelajar internasional di tingkat S-2 dan S-3 yang ingin melanjutkan studi di berbagai bidang studi di Australia, termasuk di UQ.
  3. Australian Government Research Training Program. Program beasiswa ini dibuka untuk pelajar internasional yang ingin melanjutkan gelar research di UQ seperti Master of Philosophy, Ph.D atau Professional Doctorate dengan spesialisasi riset.

 

Baca juga: Informasi Beasiswa Australian Government Research Training Program

 

4. The University of Sydney

Universitas terbaik di  Australia berikutnya adalah The University of Sydney yang berlokasi di Sydney, kota terbesar di Australia yang selalu menjadi ikon dengan berbagai landmark-nya yang terkenal, seperti Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge.

Universitas pertama di Australia yang sudah berdiri sejak tahun 1850 ini, kini menduduki peringkat ke-4 di Australia dan peringkat ke-54 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia yang dirilis oleh Times Higher Education.

Pilihan Studi di The University of Sydney

The University of Sydney menawarkan berbagai program studi untuk seluruh jenjang pendidikan di berbagai bidang studi termasuk di antaranya arts and social sciences, architecture, design and planning, business, education and social work, engineering and computer science, law, medicine and health, music dan science.

Beasiswa yang Ditawarkan di The University of Sydney

The University of Sydney juga membuka beberapa program beasiswa untuk pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di universitas ini, termasuk di antaranya:

  1. Vice Chancellor’s International Scholarships Scheme. Program beasiswa partial ini ditawarkan kepada pelajar internasional tingkat sarjana maupun pascasarjana (coursework) yang sudah diterima untuk melanjutkan studi di universitas ini.
  2. Australia Awards Scholarship. Program beasiswa ini ditujukan untuk seluruh pelajar internasional di tingkat S-2 dan S-3 yang ingin melanjutkan studi di berbagai bidang studi di Australia, termasuk di The University Of Sydney.
  3. Sydney International Student Award (Indonesia). Program beasiswa partial ini dibuka untuk pelajar internasional seluruh jenjang baik sarjana maupun pascasarjana (coursework dan research) yang memiliki prestasi akademik yang baik.

5. Australian National University, Canberra

Australian National University (ANU) juga merupakan universitas terbaik di Australia. Universitas yang berlokasi di Canberra, ibukota Australia ini adalah satu-satunya universitas yang didirikan oleh Parlemen Australia. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1946 ini kini menduduki peringkat ke-5 di Australia dan peringkat ke-62 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia menurut versi Times Higher Education.

Pilihan Studi di Australian National University

ANU memiliki 7 (tujuh) fakultas yang membuka beragam program studi di tingkat S-1, S-2 dan S-3 di berbagai bidang termasuk arts and social sciences, business and economics, engineering and computer science, law, medicine, biology and environment, dan physical and mathematical sciences.

Beasiswa yang Ditawarkan di Australian National University

ANU menawarkan program beasiswa yang dapat dicoba oleh pelajar internasional untuk belajar di universitas ini, antara lain :

  1. ANU Chancellor’s International Scholarships Scheme. Program beasiswa partial ini ditawarkan kepada pelajar internasional tingkat sarjana maupun pascasarjana. Beasiswa ini tidak berlaku untuk pendaftar program Doctor of Medicine and Surgery dan Master of Military and Defence Studies.
  2. Australia Awards Scholarship. Program beasiswa ini ditujukan untuk seluruh pelajar internasional di tingkat S-2 dan S-3 yang ingin melanjutkan studi di berbagai bidang studi di Australia, termasuk di Australian National University.
  3.  ANU HDR Fee Merit Scholarship. Program beasiswa partial ini dibuka untuk pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di program higher research degree di ANU. Program ini terbuka setiap tahunnya untuk semua bidang studi yang ada di ANU.

 

Baca juga: Cek Info Beasiswa Australia Awards Scholarship (AAS) Terbaru

 

6. The University of New South Wales

Salah satu universitas terbaik di Australia lainnya adalah The University of New South Wales yang ada di Sydney, Kensington. Universitas terbaik di Australia ini sudah menjadi bagian dari “Group of Eight” dan menjadi tujuan banyak mahasiswa internasional.

Didirikan 73 tahun lalu di 1 Juli 1949, telah mencetak banyak alumni berpengaruh mulai dari Scott Morrison, Perdana Menteri Australia ke-30 hingga Puti Lingkungan Hidup Indonesia 2022, Cindy May Mcguire. Universitas terbaik di Australia ini juga menggaet ranking ke 45 dunia menurut QS World University Rankings.

Pilihan Studi di The University of New South Wales

Salah satu universitas terbaik di Australia ini membuka program Sarjana, Master, Short Course, dan PhD. Beberapa bidang studi yang ditawarkan antara lain:

  1. Natural and Physical Sciences;

  2. Information technology;

  3. Engineering and Related Technologies;

  4. Architecture and Building;

  5. Environmental and Related Studies;

  6. Health;

  7. Education;

  8. Business and Management;

  9. Humanities and Law;

  10. Creatives Arts.

 

Detail jurusan yang ditawarkan oleh The University of New South Wales bisa kamu lihat di website resmi mereka, ya.

Beasiswa yang Ditawarkan oleh The University of New South Wales

Sebagai salah satu universitas terbaik di Australia, kampus ini menawarkan dua jenis beasiswa yaitu, untuk mahasiswa domestik dan internasional. Bagi pelajar Indonesia, ada beberapa beasiswa yang bisa kamu coba!

1. International Scientia Coursework Scholarship

Beasiswa ini diberikan langsung oleh University of New South Wales kepada para pelajar dunia yang memiliki pencapaian akademik dan kemampuan kepemimpinan yang baik. Terlebih bagi mereka yang mengikuti kegiatan di luar kelas. Melalui beasiswa ini, kamu bisa mendapatkan manfaat $20.000 per tahun.

2. Australia’s Global Award

Universitas terbaik di Australia ini juga membuka pintu lain bagi para mahasiswa berprestasi dengan memberikan manfaat sebesar $5.000 hingga $10.000 per tahunnya.

3. UNSW Global Academic Award

Sedikit berbeda dengan dua program di atas, beasiswa ini merupakan manfaat yang diberikan kepada mahasiswa internasional UNSW yang telah menyelesaikan UNSW Global Foundation dan ingin melanjutkan ke jenjang Sarjana. Manfaat yang diberikan oleh beasiswa ini adalah $5.000 hingga $10.000 per tahun.

4. Australia Awards Scholarship

Program beasiswa ini ditujukan untuk seluruh pelajar internasional di tingkat S2 dan S3 yang ingin melanjutkan studi di berbagai bidang studi di Australia, termasuk di Australian National University.

7. The University of Western Australia

Terletak di Perth, salah satu universitas terbaik di Australia ini merupakan kamus public-research yang ada di bagian Barat Australia. Telah berdiri dari tahun 1911, University of Western Australia (UWA) telah mencetak alumni penting Australia dari tokoh politik, hukum, pengusaha, komedian, dan peneliti. UWA, juga merupakan bagian dari “Group of Eight” loh!

Pilihan Studi di University of Western Australia

Universitas terbaik di Australia ini membuka tiga jenjang program, Sarjana, Pascasarjana, dan Profesional. Beberapa pilihan studi untuk mahasiswa internasional antara lain:

  1. Architecture and Design;
  2. Computing, Math and Engineering;
  3. Education and Teaching;
  4. Humanities and Social Science;
  5. Law and Business;
  6. Media;
  7. Music;
  8. Medicine and Health;
  9. Science.

 

Melalui daftar di atas, apakah ada jurusan dari University of Western Australia yang menarik perhatianmu?

Beasiswa yang Ditawarkan oleh University of Western Australia

Sebagai salah satu bagian dari universitas terbaik di Australia, UWA juga membuka pintunya untuk para pelajar internasional yang mencari beasiswa. Berikut beberapa pilihan yang bisa kamu coba!

1. UWA Fogarty Foundation Scholarship

Beasiswa ini merupakan salah satu program utama di kampus dan merupakan kerja sama antara UWA dan Fogarty Foundation. Beasiswa ini terbuka bagi kamu yang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan nilai akademik yang baik. Manfaat yang kamu dapatkan sebesar $80.000.

2. UWA International Student Awards

UWA, sebagai salah satu universitas terbaik di Australia, kampus memberikan bantuan dana sebesar $20.000 bagi mahasiswa internasional yang memiliki prestasi akademik. Apakah kamu merupakan salah satunya?

3. Australia Awards Scholarship

Program beasiswa ini ditujukan untuk seluruh pelajar internasional di tingkat S2 dan S3 yang ingin melanjutkan studi di berbagai bidang studi di Australia, termasuk di Australian National University.

 

Baca juga : Informasi Beasiswa Australia Awards Scholarship 2023

 

8. University of Adelaide

Seperti namanya, universitas terbaik di Australia ini berada di Adelaide bagian Selatan Australia. Menjadi universitas paling tua ketiga di Australia, kampus ini memiliki galeri seni, perpustakaan hingga museum yang penting di Australia. Posisi University of Adelaide sendiri ada di peringkat ke-109 dunia menurut QS World University Ranking 2023 dan peringkat pertama di Selatan Australia.

Pilihan Studi di University of Adelaide

Hampir sama dengan universitas terbaik di Australia lainnya, kampus ini menawarkan jenjang S1, S2, S3 dan kelas profesional bagi para mahasiswanya. Beberapa pilihan studinya antara lain:

  1. Accounting and Finance;
  2. Agriculture, Food and Wine;
  3. Allied Health;
  4. Animal and Veterinary Science;
  5. Architecture;
  6. Arts;
  7. Biomedical Science and Biotechnology;
  8. Business;
  9. Defense, Cyber and Space;
  10. Dentistry and Oral Health;
  11. Economic;
  12. Energy, Mining and Resources;
  13. Engineering;
  14. Environment and Sustainability;
  15. Health and Medical Sciences;
  16. Humanities and Social Science;
  17. Law;
  18. Mathematical Sciences;
  19. Media;
  20. Medicine;
  21. Mental Health and Wellbeing;
  22. Music;
  23. Nursing;
  24. Psychology;
  25. Public Health;
  26. Sciences;
  27. Teaching and Education;
  28. Technology.

 

Cukup menarik dan bidang studi yang diberikan. Apakah ada kelas yang ingin kamu dalami nantinya?

Beasiswa yang Ditawarkan University of Adelaide

University of Adelaide telah bekerjasama dengan banyak lembaga hingga saat ini, berikut beberapa pilihan beasiswa yang bisa kamu coba sebagai pelajar Indonesia di salah satu universitas terbaik di Australia!

1. Australia Awards Scholarship

Program beasiswa ini ditujukan untuk seluruh pelajar internasional di tingkat S2 dan S3 yang ingin melanjutkan studi di berbagai bidang studi di Australia, termasuk di Australian National University.

2. Australian Government Research Training Program Scholarship

Beasiswa yang lebih dikenal sebagai RTSP ini diberikan kepada mahasiswa internasional yang mengambil jenjang master penelitian. Durasi beasiswa ini selama 3.5 tahun untuk PhD dan 2 tahun untuk master. Setiap tahunnya, kamu juga akan mendapatkan manfaat sebesar $28,854.

3. Program Scholarship

Selain beberapa program beasiswa di atas, banyak fakultas di universitas terbaik di Australia ini menawarkan beasiswa untuk mahasiswa internasional. Beberapa diantaranya adalah School of Chemical Engineering, Dental Surgery and Doctor of Clinical Dentistry.

9. University of Technology Sydney

Berada di peringkat 137 dunia menurut QS World Ranking University, University of Technology Sydney (UTS) menjadi tujuan universitas terbaik di Australia versi Schoters berikutnya. Dikenal dengan bidang studi di kesehatan, infrastruktur dan inovasinya, kampus ini menyiapkan kursinya untuk mahasiswa internasional sepanjang tahunnya.

Pilihan studi di University of Technology Sydney

Sebagai salah satu universitas terbaik di Australia, UTS berbagai jurusan. Berikut beberapa jurusan terbaik versi QS World Rankings University 2022:

  1. Library and Information Management;
  2. Computer Science and Information System;
  3. Engineering, Electrical and Electronic, Civil and Structural, Minerals and Mining;
  4. Nursing;
  5. Art and Design;
  6. Architecture and Built Environment;
  7. Law;
  8. Accounting and Finance;
  9. Communications and Media Studies;
  10. Sports – related subjects.

 

Salah satu kelebihan dari UTS sendiri adalah kurikulumnya yang menekankan praktik dan persiapan di dunia kerja. 

Beasiswa yang Ditawarkan oleh University Technology Sydney

Sebagai salah satu universitas terbaik di Australia, UTS telah menyiapkan beberapa beasiswa yang bisa kamu coba sebagai pelajar Indonesia!

1. Information Technology International Undergraduate Excellence Scholarship

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa internasional yang belajar di jurusan Teknologi Informasi. Melalui satu periode beasiswa, kamu berhak mendapatkan manfaat sebesar %5.000.

2. UTS College to UTS Pathway Scholarship – Indonesia

Beasiswa ini diberikan kepada para pelajar Indonesia dengan prestasi akademik yang baik. Selama masa penerimaan beasiswa kamu berhak mendapatkan diskon 25% dari biaya pendidikan di University Technology Sydney.

3. UTS Diploma to Degree Scholarship for High School Graduates

Beasiswa ini diberikan kepada para pelajar SMA di Indonesia dan Vietnam yang memiliki bukti prestasi akademik dan sesuai dengan persyaratan jurusan tujuan. Selama masa penerimaan beasiswa kamu berhak mendapatkan diskon 25% dari biaya pendidikan di University Technology Sydney.

10. University of Wollongong

Berada di kota Wollongong, universitas terbaik di Australia selanjutnya jatuh pada University of Wollongong. Didirikan pada 1951, kampus ini telah meluluskan lebih dari 120.000 mahasiswa dan mencetak alumni berpengaruh. Selain itu, kampus ini juga ada di peringkat 185 menurut QS World University rankings.

Pilihan Studi di University Wollongong

Sejak berdirinya, University Wollongong telah banyak berkembang. Berikut beberapa jurusan dan fakultas yang diajarkan di sini!

  1. Accounting, Finance and Economic;
  2. Business, Marketing and Management;
  3. Law;
  4. Communications and Media;
  5. Computer Science and Information Technology;
  6. Creative and Performing Arts;
  7. Education;
  8. Engineering;
  9. Environmental and Biological Sciences;
  10. Health;
  11. Humanities and Social Inquiry;
  12. Literature and Language;
  13. Math, Physics and Chemistry;
  14. Medical Science;
  15. Nursing;
  16. Psychology and Human Behavior;
  17. Social Sciences and Advocacy.

 

Salah satu universitas terbaik di Australia ini juga membuka tiga jenjang studi ya, yakni S1, S2, S3 dan profesi.

Beasiswa yang Ditawarkan oleh University Wollongong

Sebagai salah satu universitas terbaik di Australia, kampus mengerti pentingnya beasiswa untuk para pelajar internasional. Berikut beberapa program yang mereka tawarkan.

1. University Excellence Scholarship

Bagi para awardee yang mendapat beasiswa ini, kamu akan mendapatkan diskon 30% biaya SPP. Beasiswa ini juga berlaku pada seluruh jurusan kecuali Doctor of Medicine, Nutrition and Dietetics, Exercise Science and Rehabilitation, Education, dan Social Work and Psychology. 

2. University of Wollongong Diplomat Scholarship

Bagi para awardee yang mendapat beasiswa ini, kamu akan mendapatkan diskon 30% biaya SPP. Beasiswa ini juga berlaku pada seluruh jurusan kecuali Nutrition and Dietetics, Exercise Science and Rehabilitation, Education, dan Social Work and Psychology. 

3. UOW Alumni Postgraduate Scholarship

Nah bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di UOW setelah S1, kamu juga berhak mendapatkan diskon 10% biaya SPP untuk semua bidang studi.

 

Nah, itu dia, Hunters, 10 universitas terbaik di Australia beserta informasi mengenai jurusan dan beasiswanya. Dari daftar universitas terbaik di Australia tersebut, mana nih yang termasuk kampus tujuanmu?

 

Siapkan pendaftaran bersama Schoters

Mau berangkat ke luar negeri dan lolos beasiswa impian? Scholarship Hunters bisa mulai persiapan dari sekarang, loh. Schoters menawarkan layanan bimbingan untuk membantu Scholarship Hunters meraih beasiswa impian yuk, konsultasi dengan mentor berpengalaman.

Program bimbingan lainnya juga bisa diakses melalui halaman website Schoters.

universitas terbaik di australia