Mengenal Lebih Jauh Universitas Terbaik di Australia

Kuliah di Luar Negeri, 03 Nov 2022

Dari tahun ke tahun, Australia selalu menjadi salah satu destinasi studi favorit bagi pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan studi di luar negeri. Kualitas pendidikan yang mumpuni, pilihan program studi yang beragam serta lingkungan yang tenang, aman dan ramah pelajar, membuat Australia senantiasa selalu menjadi pilihan utama bagi para pelajar internasional.

“Lalu universitas mana saja yang menjadi universitas terbaik di Australia?” 

1. University of Melbourne, Melbourne

University of Melbourne adalah salah satu perguruan tinggi berorientasi riset di Australia yang berlokasi di Melbourne, salah satu kota terbesar di Australia yang juga terkenal sebagai salah satu kota yang paling nyaman ditempati di dunia. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1853 ini, kini menduduki peringkat 1 perguruan tinggi di Australia dan peringkat 34 perguruan tinggi terbaik dunia versi Times Higher Education.

Pilihan Studi di University of Melbourne

University of Melbourne menawarkan berbagai jurusan di tingkat S-1, S-2 dan S-3 untuk bidang studi seperti arts, humanities and social sciences, architecture, building, planning and design, business and economics, education, engineering, environment, fine arts and music, health, IT and computer science, law, science dan veterinary, agriculture and food sciences.

Beasiswa yang Ditawarkan di University of Melbourne

University of Melbourne juga membuka berbagai kesempatan beasiswa untuk membantu pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di universitas ini, termasuk di antaranya :

  • Melbourne International Undergraduate Scholarship. Program beasiswa ini ditujukan untuk pelajar internasional tingkat S-1 di semua jurusan yang ada di University of Melbourne. 
  • Graduate Research Scholarship. Program beasiswa ini ditujukan untuk pelajar internasional program Master by Research atau program PhD di berbagai bidang studi di University of Melbourne. Untuk mendapatkan beasiswa ini, calon mahasiswa harus sudah diterima terlebih dahulu di salah satu program studi research di University of Melbourne.    

  • Australia Awards Scholarship. Program beasiswa ini ditujukan untuk seluruh pelajar internasional di tingkat S-2 dan S-3 yang ingin melanjutkan studi di berbagai bidang studi di Australia, termasuk di University of Melbourne.

2. Monash University, Melbourne

Universitas selanjutnya yang menjadi salah satu universitas terbaik di Australia adalah Monash University, yang juga berlokasi di Melbourne. Universitas yang juga tercatat sebagai universitas terbesar di Australia ini menduduki peringkat 2 terbaik di Australia dan peringkat 44 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia versi Times Higher Education. Selain berlokasi di Australia, Monash University juga memiliki banyak kampus internasional di luar Australia seperti Malaysia, Italia, Cina, dan juga Indonesia.

Pilihan Studi di Monash University

Monash University membuka berbagai program studi baik di jenjang S-1, S-2 dan S-3 untuk berbagai bidang studi seperti art, design and architecture, business and economics, education, engineering, information technology, law, medicine, nursing and health sciences, pharmacy and pharmaceutical sciences dan science.

Beasiswa yang Ditawarkan di Monash University

Terdapat beberapa program beasiswa yang khusus ditawarkan untuk pelajar internasional di Monash University, termasuk di antaranya :

  • K.C Kuok Scholarship. Program beasiswa ini ditawarkan kepada pelajar internasional tingkat S-1 dari negara ASEAN, termasuk Indonesia, yang belum pernah belajar di Monash University sebelumnya dan berasal dari keluarga dengan penghasilan rendah.    
  • Monash International Leadership Scholarship. Program beasiswa ini dibuka untuk mahasiswa tingkat sarjana dan pascasarjana (coursework) yang sudah diterima untuk melanjutkan studi di Monash University. Penerima beasiswa biasanya akan diminta untuk berpartisipasi dalam berbagai program promosional, marketing dan rekrutmen untuk Monash University. 
  • Australia Awards Scholarship. Program beasiswa ini ditujukan untuk seluruh pelajar internasional di tingkat S-2 dan S-3 yang ingin melanjutkan studi di berbagai bidang studi di Australia, termasuk di Monash University.

3. The University of Queensland, Brisbane

The University of Queensland (UQ) adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Australia yang berlokasi di Brisbane, salah satu kota di Australia yang terkenal sebagai kota yang ramah dengan standar biaya hidup yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kota besar lainnya di Australia seperti Melbourne atau Sydney, serta dekat dengan berbagai tujuan wisata alam yang terkenal di Australia seperti Gold Coast, Byron Bay dan Lone Pine Koala Sanctuary.   

UQ sendiri sudah berdiri sejak tahun 1909 dan kini menduduki peringkat ke-3 di Australia dan peringkat ke-53 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia versi Times Higher Education. 

Pilihan Studi di The University of Queensland

UQ membuka sekitar 390 program sarjana dan pascasarjana yang tersebar di berbagai bidang studi antara lain agricultural and animal sciences, architecture, design and urban planning, arts, humanities and social sciences, business and economics, communication, media and experience design, computer science and IT, education, engineering, environment, health and medicine, law dan science and mathematics.

Beasiswa yang Ditawarkan di The University of Queensland

Terdapat beberapa program beasiswa yang secara khusus ditawarkan untuk pelajar internasional di UQ, termasuk di antaranya :

  • International High Achievers Scholarship. Program beasiswa partial ini ditawarkan kepada pelajar internasional tingkat sarjana maupun pascasarjana (coursework) yang sudah diterima untuk melanjutkan studi penuh waktu di hampir seluruh program studi di UQ serta dinilai memiliki prestasi akademik dan kemampuan berbahasa Inggris sesuai dengan persyaratan. 
  • Australia Awards Scholarship. Program beasiswa ini ditujukan untuk seluruh pelajar internasional di tingkat S-2 dan S-3 yang ingin melanjutkan studi di berbagai bidang studi di Australia, termasuk di UQ.
  • Australian Government Research Training Program. Program beasiswa ini dibuka untuk pelajar internasional yang ingin melanjutkan gelar research di UQ seperti Master of Philosophy, PhD atau Professional Doctorate dengan spesialisasi riset.

              Baca juga: Informasi Beasiswa Australian Government Research Training Program

4. The University of Sydney, Sydney

Universitas berikutnya adalah The University of Sydney yang berlokasi di Sydney, kota terbesar di Australia yang selalu menjadi ikon Australia dengan berbagai landmark-nya yang terkenal seperti Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge. Universitas pertama di Australia yang sudah berdiri sejak tahun 1850 ini, kini menduduki peringkat ke-4 di Australia dan peringkat ke-54 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia yang dirilis oleh Times Higher Education.

 Pilihan Studi di The University of Sydney

The University of Sydney menawarkan berbagai program studi untuk seluruh jenjang pendidikan di berbagai bidang studi termasuk di antaranya arts and social sciences, architecture, design and planning, business, education and social work, engineering and computer science, law, medicine and health, music dan science.  

Beasiswa yang Ditawarkan di The University of Sydney

The University of Sydney juga membuka beberapa program beasiswa untuk pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di universitas ini, termasuk di antaranya :

  • Vice Chancellor’s International Scholarships Scheme. Program beasiswa partial ini ditawarkan kepada pelajar internasional tingkat sarjana maupun pascasarjana (coursework) yang sudah diterima untuk melanjutkan studi di universitas ini. 
  • Australia Awards Scholarship. Program beasiswa ini ditujukan untuk seluruh pelajar internasional di tingkat S-2 dan S-3 yang ingin melanjutkan studi di berbagai bidang studi di Australia, termasuk di The University Of Sydney.
  • Sydney International Student Award (Indonesia). Program beasiswa partial ini dibuka untuk pelajar internasional seluruh jenjang baik sarjana maupun pascasarjana (coursework dan research) yang memiliki prestasi akademik yang baik. 

5. Australian National University, Canberra

Australian National University (ANU) yang berlokasi di Canberra, ibukota Australia ini adalah satu-satunya universitas yang didirikan oleh Parlemen Australia. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1946 ini kini menduduki peringkat ke-5 di Australia dan peringkat ke-62 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia menurut versi Times Higher Education.

Pilihan Studi di Australian National University

ANU memiliki 7 (tujuh) fakultas yang membuka beragam program studi di tingkat S-1, S-2 dan S-3 di berbagai bidang termasuk arts and social sciences, business and economics, engineering and computer science, law, medicine, biology and environment, dan physical and mathematical sciences.

Beasiswa yang Ditawarkan di Australian National University

ANU menawarkan program beasiswa yang dapat dicoba oleh pelajar internasional untuk belajar di universitas ini, antara lain :  

  • ANU Chancellor’s International Scholarships Scheme. Program beasiswa partial ini ditawarkan kepada pelajar internasional tingkat sarjana maupun pascasarjana. Beasiswa ini tidak berlaku untuk pendaftar program Doctor of Medicine and Surgery dan Master of Military and Defence Studies
  • Australia Awards Scholarship. Program beasiswa ini ditujukan untuk seluruh pelajar internasional di tingkat S-2 dan S-3 yang ingin melanjutkan studi di berbagai bidang studi di Australia, termasuk di Australian National University.
  •  ANU HDR Fee Merit Scholarship. Program beasiswa partial ini dibuka untuk pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di program higher research degree di ANU. Program ini terbuka setiap tahunnya untuk semua bidang studi yang ada di ANU. 

                         Baca juga: Cek Info Beasiswa Australia Awards Scholarship (AAS) Terbaru

Siapkan Pendaftaran Bersama Schoters

Mau berangkat ke luar negeri dan lolos beasiswa impian? Scholarship Hunters bisa mulai persiapan dari sekarang, loh. Schoters menawarkan layanan bimbingan untuk membantu Scholarship Hunters meraih beasiswa impian yuk, konsultasi dengan mentor berpengalaman.

Program bimbingan lainnya juga bisa diakses melalui halaman website Schoters.

universitas terbaik di australia