Info Lengkap Beasiswa Magang di Luar Negeri

Mempersiapkan karier di masa depan mungkin tidak cukup dengan bekal ilmu saja. Sebaba, beberapa pekerjaan mensyaratkan pengalaman yang cukup untuk dapat diterima sebagai pegawai. Untuk itu, cukup penting bagi kalian untuk memiliki pengalaman bekerja sebelum lulus kuliah atau biasa kita sebut magang. Lalu, jika kalian ingin berkuliah di luar negeri, apakah juga bisa magang sebelum lulus? Jawabannya, bisa! Sebab, ada beberapa beasiswa di bawah ini yang menawarkan beasiswa magang di luar negeri.

Beasiswa magang di luar negeri

Pada umumnya, kampus-kampus di Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa sangat mendukung mahasiswanya untuk ikut dalam program magang, terutama untuk jenjang S1 yang dilakukan selama summer saat kuliah libur. Beberapa beasiswa magang di luar negeri untuk jenjang ini beserta negara yang sudah disebut di atas dapat kamu pertimbangkan untuk menjadi pilihan. Berikut tanggal penting yang harus diperhatikan:

1. LPDP
Pendaftaran:
Tahap 1: 25 Februari-27 Maret 
Tahap 2: 4 Juli-5 Agustus

2. Beasiswa Indonesia Maju
Pendaftaran: 11 Mei-30 Juni

3. Beasiswa Prestasi Talenta
Pendaftaran: 2 Mei-30 Juni

 

Baca juga: 7 Manfaat Kuliah S2 dan S3 di Luar Negeri

 

Tertarik dengan berkuliah di luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.👇

 

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Beberapa program magang yang dapat menjadi alternatif bagi kalian yang tertarik di bidang kesehatan, teknologi, dan leadership informasinya dapat dilihat di bawah ini.

  1. Harvard Stem Cell Institute Internship Program, Amerika Serikat
    Program ini fokus untuk para ilmuwan masa depan yang sedang menempuh program S-1 tahun 2,3, dan 4 untuk melakukan riset pada bidang stem cell. Pendaftaran dibuka pada tangga; 1 Desember hingga 1 Januari.
  2. OIST Research Internship Program, Jepang
    Program magang ini berlangsung selama 3 sampai 4 bulan di Okinawa Institute of Science and Technology Graduate University. Serunya, seluruh dana disediakan oleh kampus. Magang ini berfokus pada bidang ilmu alam, lingkungan, teknik, dan kedokteran. Pendaftaran untuk program ini dibuka tanggal 15 April untuk tahap 1 dan 15 Oktober untuk tahap 2.
  3. Taiwan International Graduate Program, Taiwan
    Program yang diadakan oleh Academia Sinica ini adalah program pra-doktor yang berfokus pada bidang ilmu biologi, kimia, lingkungan, komputer, dan integrasi antara ilmu alam dan teknologi. Jika kalian berminat, pendaftaran dibuka pada tanggal 1 November hingga 27 Januari. Program akan dimulai pada bulan September. 
  4. Community College Initiative Program, Amerika Serikat
    Program yang disponsori oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) ini bertujuan untuk melatih mahasiswa menjadi profesional pada bidang kemasyarakatan yang mencakup keterampilan teknis (SOP, policy, dan evaluasinya), keterampilan kepemimpinan, komunikasi, dan kecakapan berbahasa Inggris. Program yang sepenuhnya gratis ini berdurasi selama satu tahun, kalian akan belajar di sekolah lokal di berbagai bidang keilmuan seperti agrikultur, teknis, bisnis, IT, jurnalisme, dan turisme. Jika berminat, daftar di laman situs AMINEF sebelum 31 Desember, ya!

 

Untuk mendaftar di beasiswa-beasiswa yang menawarkan beasiswa penuh itu, biasanyakalian harus mempersiapkan dokumen-dokumen di bawah ini:

  1. Ijazah;
  2. Rapor atau Transkrip Nilai;
  3. KTP/Paspor;
  4. LoA dari universitas yang dituju;
  5. Surat rekomendasi;
  6. Sertifikat kejuaraan tingkat nasional maupun internasional;
  7. Sertifikat kecakapan berbahasa Inggris;
  8. Surat keterangan medis dari rumah sakit;
  9. Study plan;
  10. Esai.

 

Namun, tiap beasiswa berbeda dokumen persyaratannya. Jadi, silakan mengacu pada guideline masing-masing beasiswa.

 

Baca juga: 5 Manfaat Kuliah Sambil Kerja di Jepang

 

Manfaat magang di luar negeri

Magang dalam bentuk riset maupun bekerja di perusahaan luar negeri tentu membawa pengalaman yang mungkin tidak bisa didapatkan jika kita magang di Indonesia. Beberapa manfaat yang dapat kamu kumpulkan saat magang di luar negeri di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Bekerja dengan banyak orang dari banyak negara
Mengenal orang lain terlebih dari latar belakang yang berbeda akan memberikan banyak pelajaran bagaimana perbedaan itu dapat digunakan sebagai kekuatan. Hal ini tentunya akan mengasah kemampuan kamu dalam menilai suatu persoalan, merumuskan solusi, dan menyelesaikan persoalan yang ada.

2. Mendapatkan tantangan yang berbeda
Berada di lingkungan asing akan memaksa kamu untuk cepat beradaptasi. Hal ini akan semakin mengasah kemampuan penyesuaian diri dimanapun kamu berada. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat ketika kamu mendapat pekerjaan atau ditugaskan di tempat yang berbeda-beda.

3. Mengetahui cara kerja orang dari budaya dan negara yang berbeda
Kamu dapat belajar dari orang lain bagaimana mereka mengatur waktu mereka, gaya komunikasi mereka, dan tentunya bagaimana strategi mereka dalam menyelesaikan masalah dan pekerjaan. Dengan berbagai perspektif yang ada, keahlian kamu akan semakin kaya.

 

Nah, itu dia, Hunters, beberapa beasiswa magang di luar negeri untuk kamu yang sedang melanjutkan studi di negara lain. Dari daftar beasiswa magang di luar negeri di atas, mana nih beasiswa yang jadi incaranmu?

Siapkan pendaftaran bersama Schoters

Mau berangkat ke luar negeri dan lolos beasiswa impian? Scholarship Hunters bisa mulai persiapan dari sekarang, loh. Schoters menawarkan layanan bimbingan untuk membantu Scholarship Hunters meraih beasiswa impian yuk, konsultasi dengan mentor berpengalaman.

Program bimbingan lainnya juga bisa diakses melalui halaman website Schoters.

beasiswa magang di luar negeri