5 Manfaat Kuliah Sambil Kerja di Jepang

Melanjutkan pendidikan di Jepang merupakan impian bagi sebagian besar pelajar internasional, termasuk pelajar Indonesia. Sebab, di Jepang, Hunters tidak hanya mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan, tetapi juga dapat mencari pekerjaan untuk menambah uang saku dengan kuliah sambil kerja di Jepang.

Seorang pelajar internasional membagi pengalamannya saat kuliah sambil bekerja di Jepang. Ia menjelaskan bahwa hal tersebut dapat melatih mental, pola pikir, kemampuan manajemen uang dan waktu. Selain itu, bisa memiliki peluang yang besar untuk mendapat pekerjaan di Jepang setelah lulus pendidikan.

Menarik, bukan? Mari kita telaah satu per satu manfaat kuliah sambil bekerja di Jepang.

Beberapa manfaat kuliah sambil kerja di Jepang

1. Tambahan biaya hidup

Manfaat kuliah sambil kerja di Jepang pertama adalah bisa mendapatkan tambahan biaya hidup. Sebab, pelajar yang menyisihkan waktu luang untuk bekerja paruh waktu dapat menambah uang biaya hidup dan biaya sekolah. Gaji yang didapatkan bisa sekitar 10-15 juta rupiah dalam sebulan.

2. Mendapatkan ilmu pengetahuan

Manfaat kuliah sambil kerja di Jepang selanjutnya adalah menambah ilmu pengetahuian. Semua pelajar yang mengikuti program magang atau kerja akan mendapatkan ilmu terkait teknologi dan pengetahuan teknis lainnya. Oleh karena itu, pelajar yang mengikuiti program magang tidak hanya memiliki bekal pengalaman kerja saja, akan tetapi pelajar juga akan mendapatkan ilmu pengetahuan baru yang bermanfaat.

3. Tunjangan dan fasilitas

Program magang dilaksanakan selama satu sampai tiga tahun. Selain mendapatkan gaji pokok serta uang lembur, ada pula yang memberikan fasilitas asrama gratis, lho. Peserta magang juga akan mendapatkan asuransi atau yang disebut dengan nenkin (tunjangan masa tua). Asuransi akan cair ketika para peserta magang telah menyelesaikan program magang selama tiga tahun.

 

Baca Juga: Perbandingan Biaya Hidup di Jepang untuk Mahasiswa

 

4. Mendapatkan sertifikasi

Para peserta magang akan mendapatkan sertifikasi magang sesuai dengan keahlian bidangnya. Biasanya, sertifikasi dikeluarkan oleh lembaga pendidikan sebelum pergi atau setelah pergi dari Jepang. Sertifikat ini bernama JITCO yang setara dengan D3 Sastra Jepang. Oleh karena itu, ini menjadi salah satu manfaat kuliah sambil kerja di Jepang yang akan Hunters dapatkan.

5. Melatih mental

Program magang dapat membuat para peserta magang mengenali nilai-nilai dan budaya kerja di Jepang yang positif, seperti etos kerja, kedisiplinan, serta tata kerja yang sistematis. Program ini diharapkan dapat membentuk mental SDM yang unggul.

Ada banyak lowongan pekerjaan part-time bagi Hunters yang berminat, mulai dari pekerjaan yang membutuhkan skill khusus hingga pekerjaan yang mudah. Informasi mengenai lowongan pekerjaan bisa didapatkan dari berbagai media, seperti papan pengumuman di depan toko, sampai aplikasi khusus seperti Baitoru atau Town Work.

Setelah mengetahui bahwa ternyata ada banyak lowongan yang terbuka untuk Hunters bekerja sambil kuliah di Jepang, dan juga manfaat yang bisa diperoleh, masih ragu untuk mencoba hal baru dengan mengambil jalur perkuliahan ke Jepang?

 

Baca Juga: Beasiswa Magang di Jepang, Okinawa Institute of Science and Technology

 

Nah, itu dia, Hunters, beberapa manfaat kuliah sambil kerja di Jepang yang akan kamu dapatkan. Namun, perlu diingat bahwa kulaih sambil kerja bukanlah hal yang mudah. Sebab, Hunters tentu harus pandai-pandai menyesuaikan waktu agar keduanya bisa berjalan seiringan.

 

Siap kanjut kuliah di luar negeri?

Masih ragu untuk lanjut studi di universitas luar negeri incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

kuliah sambil kerja di jepang