4 Alternatif Beasiswa Kuliah di POSTECH, Korea Selatan

Pohang University of Science and Technology atau yang biasa juga disebut dengan POSTECH, adalah salah satu universitas di Korea Selatan yang berdiri sejak tahun 1986 dan dalam waktu singkat, menjadi salah satu universitas berorientasi riset ternama di Asia. Universitas yang berlokasi di Pohang, salah satu kota di Korea Selatan yang terkenal dengan patung Hand of Harmony yang mencuat dari dasar laut di Pantai Homigot ini, membuka berbagai jurusan di bidang science dan engineering, baik di tingkat S-1, S-2 maupun S-3. Pelajar internasional yang ingin melanjutkan studinya di Pohang University of Science and Technology juga tidak perlu khawatir dengan kendala bahasa, mengingat sebagian besar program studi yang ditawarkan di Pohang University of Science and Technology menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

Kesempatan untuk belajar di Pohang University of Science and Technology juga semakin dipermudah dengan berbagai alternatif beasiswa yang dapat dicoba bagi pelajar internasional termasuk di antaranya POSCO Asia Fellowship, Global Korea Scholarship Program, POSTECH Teaching or Research Assistantship (TA/RA), dan POSTECH Settlement Allowance for New International Students.

 

Informasi Umum POSTECH

POSTECH adalah salah satu universitas swasta terbaik di Korea Selatan yang berlokasi di Pohang, sebuah kota pelabuhan yang terletak di Provinsi Gyeongsang Utara yang terkenal sebagai penghasil produk perikanan, pertanian hingga anggur yang terkenal di Korea Selatan. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1986 ini berhasil menduduki peringkat 71 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia dan peringkat 3 dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Korea Selatan berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS 2023.

 

Program Studi di POSTECH   

POSTECH membuka berbagai jurusan atau program studi baik di jenjang sarjana maupun pascasarjana dengan spesialisasi di bidang science and technology. 

Untuk jenjang sarjana, POSTECH menawarkan jurusan di berbagai bidang studi termasuk di antaranya mathematics, physics, chemistry, mechanical engineering, industrial engineering, chemical engineering hingga humanities and social sciences.

Untuk jenjang pasca sarjana, POSTECH membuka jurusan untuk bidang studi seperti life sciences, material science and engineering, electrical engineering, creative IT engineering, advanced material science, integrative biosciences and biotechnology, technology and innovation management (TIM) dan masih banyak lagi. Menariknya, seluruh program studi di jenjang pascasarjana yang dibuka di POSTECH menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

Selain itu, untuk mendukung pengalaman belajar mengajar mahasiswa di universitas, POSTECH menyediakan berbagai fasilitas pendukung seperti Tae-Joon Park Digital Library, Student Union Building hingga Posco International Center dan juga berbagai event menarik untuk menambah pengalaman mahasiswa saat belajar di POSTECH seperti Sunrise Festival yang diikuti oleh seluruh klub mahasiswa POSTECH dan The Science War, sebuah event tahunan yang merupakan kolaborasi antara POSTECH dan KAIST, 2 (dua) universitas terbaik di Korea Selatan.

 

Baca Juga : Ulik Seoul National University Mulai dari Biaya hingga Jurusan

 

Beasiswa POSTECH Yang Dapat Dicoba

Tertarik untuk melanjutkan studi di POSTECH namun khawatir dengan kendala biaya?

Jangan khawatir karena terdapat beberapa beasiswa POSTECH yang bisa kamu coba untuk membiayai studi termasuk di antaranya program Global Korea Scholarship (GKS) untuk seluruh jenjang pendidikan, Academic Excellence Scholarship, Academic Achievement Scholarship dan masih banyak lagi yang dibuka oleh POSTECH untuk jenjang Sarjana serta program POSCO Asia Fellowship, Vingroup Scholarship dan program Assistantship yang ditawarkan oleh POSTECH untuk jenjang pascasarjana.

1. Posco Asia Fellowship

Beasiswa Posco Asia Fellowship adalah beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Posco TJ Park kepada pelajar Asia yang hendak melanjutkan studi di tingkat Master dan Doktoral di perguruan tinggi di Korea Selatan. Beasiswa ini diberikan kepada 50 pelajar internasional setiap tahunnya.

Cakupan beasiswa 

Tingkat S-2

  1. Biaya kuliah selama 4 semester

  2. Biaya hidup selama 22 bulan (1.000.000 KRW per bulan)

Tingkat S-3

  1. Biaya kuliah selama 6 semester

  2. Biaya hidup selama 22 bulan (1.000.000 KRW per bulan)

Dokumen yang diperlukan

  1. Application Form dan Statement of Purpose

  2. Surat Rekomendasi

  3. Ijazah dan Transkrip

  4. Sertifikasi Kemampuan Bahasa Inggris

  5. Identitas Diri

Beasiswa ini biasanya dibuka pada bulan Maret-April, dengan proses seleksi yang dilakukan pada bulan Juni dan pengumuman hasil pada bulan Juli.

2. Global Korea Scholarship Program

Global Korea Scholarship Program adalah program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Korea Selatan kepada pelajar internasional baik di tingkat S-1, S-2 dan S-3 untuk mengikuti studi di perguruan tinggi di Korea Selatan. Beasiswa ini diberikan kepada 220 pelajar tingkat S1 dan 1080 pelajar tingkat S-2/-S3 (jumlah penerima beasiswa dapat berubah-ubah setiap waktu, tergantung anggaran yang ada).

Cakupan beasiswa

  1. Biaya penerbangan Indonesia-Korea Selatan

  2. Tunjangan kedatangan sebesar 200.000 KRW

  3. Biaya hidup sebesar 900.000 – 1.000.000 KRW

  4. Biaya asuransi kesehatan 20.000 KRW per bulan

  5. Biaya kursus bahasa 800.000 KRW per semester

  6. Biaya kuliah

  7. Insentif bagi pemegang Excellent Korean Language Proficiency sebesar 100.000 KRW

  8. Biaya dukungan penelitian sebesar 210.000 – 240.000 KRW per semester

  9. Biaya cetak disertasi 500.000 – 800.000 KRW

  10. Completion grant yang diberikan satu kali sebesar 100.000 KRW

Persyaratan umum 

  1. Berusia maksimal 25 tahun untuk tingkat S-1 dan 40 tahun untuk tingkat S-2/S-3

  2. Sudah menyelesaikan jenjang pendidikan sebelumnya

  3. Memiliki GPA di atas 80% untuk jenjang pendidikan sebelumnya

Untuk program beasiswa GKS, calon mahasiswa dapat melamar melalui 2 jalur di bawah ini:

  1. Jalur universitas, di mana mahasiswa dapat melamar program beasiswa langsung ke POSTECH sebelum kemudian direkomendasikan oleh universitas ke Pemerintah Korea Selatan

  2. Jalur kedutaan, di mana mahasiswa melamar program beasiswa melalui Kedutaan Korea Selatan di negara asal

Beasiswa ini umumnya dibuka pada bulan September untuk tingkat S-1 dan Februari untuk tingkat S-2/S-3.

 

Baca juga: Kuliah di Korea Fully Funded dan Banyak Benefit dengan Beasiswa GKS

 

3. Postech Teaching or Research Assistanship

Program beasiswa POSTECH Teaching or Research Assistantship adalah program beasiswa yang diberikan oleh POSTECH kepada mahasiswa pascasarjana yang terpilih untuk bekerja sebagai asisten pengajar atau peneliti oleh supervisor masing-masing. Melalui beasiswa ini, biaya kuliah, biaya hidup dan biaya asrama akan ditanggung selama periode assistantship. 

4. Postech Settlement Allowance for New International Student

Program beasiswa POSTECH Settlement Allowance For New International Students adalah program beasiswa yang diberikan oleh POSTECH kepada pelajar internasional tingkat S-2 dan S-3 yang berasal dari luar Korea Selatan, yang belum pernah tinggal di Korea Selatan selama 6 bulan sebelum diterima di POSTECH. 

Beasiswa ini mencakup tunjangan kedatangan (resettlement allowance) dan subsidi biaya penerbangan. 

 

Baca Juga: Bingung Pilih Kampus? Yuk Kenalan dengan Universitas Terbaik di Korea Selatan!

 

Temukan Beasiswa ke Korea Selatan Lainnya

Selain 4 beasiswa di atas, tentunya masih beasiswa untuk ke Korea Selatan lainnya Hunters. Tidak perlu bingung bagaimana cara mencari informasi beasiswa-beasiswa tersebut -> Cukup hubungi konsultan expert Schoters dan dapatkan list beasiswa ter-update!

Mau langsung dibimbing secara intensif buat daftar beasiswa-beasiswanya? -> Langsung gabung program Study Abroad Academy Schoters!

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)