Beasiswa Pemerintah Rumania 2019 Dibuka

Info Beasiswa, 02 Sep 2022

Romanian Government Scholarship adalah beasiswa yang diberikan Pemerintah Rumania untuk mahasiswa internasional di luar Uni Eropa untuk melanjutkan studi ke Rumania.  Ada 85 kouta penerima beasiswa untuk studi sarjana dan pascasarjana di Rumania.

Kriteria Pendaftar

  1. Warga Negara Asing (luar Uni Eropa).
  2. Pemohon beasiswa tidak boleh memegang kewarganegaraan Rumania, tidak meminta atau tidak mendapatkan bentuk perlindungan di Rumania, bukan orang tanpa kewarganegaraan yang kediamannya di wilayah Rumania. Belum mendapatkan manfaat dari beasiswa dari negara Rumania pada program studi yang sama.
  3. Memilki ijasah/transkrip dari institusi pendidikan yang terakreditasi atau diakui.
  4. Usia pelamar untuk beasiswa Maximal 35 tahun untuk S1 dan S2, 45 tahun untuk S3.

Cakupan Beasiswa 

1. Biaya kuliah.
2. Biaya akomodasi.
3. Biaya bulanan sebesar 65 euro untuk S1, 75 euro untuk S2 dan 85 euro untuk S3.

Persyaratan Dokumen

  1.  Surat pengantar yang diterbitkan oleh Kedutaan Besar Rumania di Indonesia.
  2.  Formulir aplikasi beasiswa pemerintah Rumania unduh disini ).
  3. Formulir aplikasi untuk penerbitan surat penerimaan (Acceptance letter) dari Kemendikbud Rumania (unduh disni). Acceptance letter diperlukan untuk pendaftaran di universitas dan pengajuan aplikasi visa tinggal.
  4. Salinan ijazah kelulusan yang dilegalisasir (ijazah sekolah menengah atas, ijazah S1, atau ijazah S2) dan terjemahannya secara resmi dalam bahasa Rumania, Inggris, atau Perancis.
  5. Salinan transkrip nilai atau dokumen kelengkapan ijazah yang lain.
  6. Salinan akte kelahiran yang telah dilegalisasir dan diterjemahkan secara resmi ke dalam bahasa Rumania, Inggris, atau Perancis.
  7. Salinan dari 3 (tiga) halaman pertama pada paspor.
  8. Surat keterangan sehat yang menyatakan bahwa kandidat tidak mengidap penyakit menular atau penyakit lain yang kiranya dapat menghambat studi yang bersangkutan.
  9. Curriculum vitae/daftar riwayat hidup dalam bahasa Inggris.
  10. Pasfoto terbaru sebanyak 2 (dua) lembar (dalam format paspor).

Beasiswa Diberikan Untuk 3 Jenjang Studi

  1.  Untuk program sarjana: Skema ini ditujukan bagi lulusan sekolah menengah atas (SLTA) atau setara untuk melanjutkan S1. Program berlangsung 3 – 6 tahun, tergantung pilihan jurusan.
  2. Untuk program master: Skema ini ditujukan bagi lulusan S1 atau setara untuk mengambil S2. Program berlangsung 1,5 tahun – 2 tahun dan diakhiri dengan disertasi.
  3. Untuk program doktoral: Skema ini ditujukan bagi lulusan S2 untuk mengambil program S3. Program berlangsung 3 – 4 tahun dan diakhiri dengan tesis doktor.

Bidang Studi yang ditawarkan 

Arsitektur, seni visual, budaya dan peradaban Rumania, jurnalisme, ilmu politik dan administrasi, ilmu pendidikan, ilmu sosial dan humaniora, studi-studi teknik, minyak dan gas, ilmu pertanian, kedokteran hewan.

Beasiswa TIDAK diberikan di bidang kedokteran dan farmasi.

Proses Pendafataran

Pendaftar harus datang terlebih dahulu ke Kedutaan Besar Rumania di Jakarta untuk mendapatkan surat pengantar. Kemudian siapkan juga dokumen aplikasi lainnya yang diperlukan di atas dan serahkan langsung ke kantor Kedubes Rumania di Jakarta pada alamat berikut:

Jl. Teuku Cik Ditiro No.42-A, 
Menteng, Jakarta Pusat 10310

Deadline

Batas akhir penerimaan oleh Perwakilan Diplomatik Rumania di Jakarta adalah tanggal 10 Maret 2019. Namun mengingat tanggal 10 Maret 2019 adalah hari Minggu, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) menyarankan untuk penyampaian ke Kedutaan Rumania di Jakarta Paling Lambat hari Jum’at, tanggal 8 Maret 2019.

Batas akhir penerimaan dokumen di KBRI Bucharest adalah hari jum’at tanggal 8 Maret 2019.

Sebagai Informasi, semua berkas pendaftaran harus diterima oleh kemlu Rumania pada tanggal 15 Maret 2019.