fbpx

Yuk Cek Beasiswa S1 di Korea Selatan, Ternyata Banyak!

Artikel Pilihan, Info Beasiswa, Kampus Luar Negeri

Annyeonghaseyo! Scholarship Hunters yang baru lulus SMA punya cita-cita untuk kuliah di Korea Selatan dengan beasiswa? Bisa banget kok! Korea Selatan memang terkenal dengan kualitas pendidikan yang baik dan banyak universitasnya yang masuk ke jajaran universitas top dunia. Oleh karena itu, banyak universitas di korea yang menawarkan beasiswa di berbagai jenjang untuk mahasiswa internasionalnya. Yuk, simak informasi terkait beasiswa S1 di Korea Selatan agar kamu dapat segera mendaftar!

1. Beasiswa GKS Undergraduate

Global Korea Scholarship (GKS) adalah beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Korea untuk pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1, S2, dan S3 di Korea Selatan. Untuk jenjang S1, GKS memiliki 2 jenis skema  pendaftaran yang bisa ditempuh untuk bisa mendaftar, yaitu mendaftar melalui kedutaan besar Korea Selatan dan mendaftar melalui kampus yang ada di Korea Selatan. Beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan di beberapa universitas unggulan di Korea Selatan, seperti Seoul National University, Yonsei University, Korea University, dan Sungkyunkwan University. Untuk cakupan beasiswa dan persyaratan pendaftaran, cek di sini ya!

2. Beasiswa AMA+ Korea

Untuk kamu yang tertarik kuliah seni di Korea, program beasiswa Art Major Asian+ (AMA+) merupakan pilihan yang pas. Beasiswa AMA+ adalah beasiswa S1 dan S2 untuk mendukung siswa dengan bakat artistik untuk melanjutkan studi di Korea University of Arts dalam rangka mempromosikan pertukaran internasional dalam pendidikan dan persahabatan dua negara. Pendaftaran beasiswa ini biasanya  dimulai di bulan Mei/Juni. Beasiswa ini mencakup biaya perkuliahan, tunjangan per bulan sebesar 800,000 KRW, asuransi Kesehatan, tiket pesawat pulang dan pergi, kursus bahasa dan budaya korea.

3. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) Scholarship

KAIST memberikan beasiswa kepada lulusan SMA yang ingin melanjutkan studi S1 (dan S2) di Korea Selatan. Program studi di KAIST, di antaranya Fisika, Matematika, Kimia, Biologi, Teknik Mesin, Teknik Penerbangan, Teknik Elektor, Ilmu Komputer, Teknik Sipil dan Lingkungan, Desain Industri, Yeknik Industri,  dan lainnya.  Beasiswa ini mencakup biaya kuliah penuh selama 8 semester, tunjangan 350 KRW/bulan dan asuransi kesehatan nasional. Info lengkap untuk  pendaftaran S1 tersedia di halaman resmi beasiswa S1 KAIST.

Baca Juga: Beasiswa dan Universitas Terbaik di Korea Selatan

4. Beasiswa Yonsei UIC

Bagi kamu siswa SMA yang ingin kuliah di Yonsei University dengan beasiswa, terdapat beasiswa Yonsei UIC yang bisa didaftarkan loh! Yonsei University, Underwood International College (lebih sering disebut UIC), adalah universitas swasta unggulan di Korea Selatan. UIC termasuk institusi pendidikan yang memiliki seleksi ketat, menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, dan menggabungkan lingkungan belajar elit berbasis liberal arts bergaya Amerika dengan sumber daya Korea. Program studi yang ditawarkan oleh Yonsei University UIC adalah Comparative Literature and Culture, Economics, International Studies, Political Science and International Relations, Life Science and Biotechnology, Asian Studies, Information and Interaction Design, Bio-Convergence, Energy and Environmental Science and Engineering, Nano Science and Engineering, dan lainnya. Ingin tahu cara daftar dan jenis beasiswa yang ditawarkan? Cek website resmi Yonsei University UIC di sini ya!

Baca Juga: Tips Membuat Essay yang Juara untuk Beasiswa

Informasi mengenai beasiswa-beasiswa dapat kamu konsultasikan bersama para expert beasiswa di Schoters. Jangan takut repot mendaftar karena kamu akan dibantu oleh ahlinya di sini!

Pin It on Pinterest

Share This