4 Beasiswa S2 Eropa untuk Mahasiswa Indonesia

Mahasiswa Indonesia memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi S2 ke Eropa. Hal ini terkait dengan keinginan mereka untuk memperoleh kualitas pendidikan yang lebih baik dan pengalaman belajar baru yang berbeda dari di Indonesia. Selain itu, mahasiswa Indonesia juga melihat kesempatan untuk memperoleh beasiswa S2 Eropa yang sangat banyak dan bervariasi. 

Beasiswa tidak hanya dapat membantu mereka dalam pembiayaan studi, tetapi juga membuka kesempatan untuk mengeksplorasi pengalaman baru dan mengembangkan jaringan dengan orang-orang dari berbagai negara. Selain itu, kuliah di Eropa juga dianggap sebagai investasi masa depan yang baik untuk meningkatkan kualifikasi akademik dan karir di masa mendatang.

Rekomendasi beasiswa S2 Eropa

Di bawah ini adalah empat beasiswa S2 Eropa yang menjadi tujuan favorit mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi S2. Beasiswa ini berasal dari Inggris, Prancis, Italia, dan Spanyol.

1. Chevening Scholarship

Beasiswa S2 Eropa pertama yang ada dalam daftar ini adalah Chevening Scholarship. Beasiswa penuh dari pemerintah Inggris yang ditujukan untuk mahasiswa yang memiliki potensi kepemimpinan di masa depan dan ingin melanjutkan studi S2 di Inggris.

Beasiswa ini memberikan kesempatan kepada penerima untuk melanjutkan studi di universitas top di Inggris dengan berbagai program studi, biaya hidup, serta tiket pesawat pulang-pergi. Selain itu, penerima juga akan mendapatkan akses ke berbagai kegiatan akademik dan profesional, termasuk seminar dan pelatihan, serta jaringan alumni Chevening yang luas.

Persyaratan yang wajib kalian penuhi untuk mendaftar beasiswa ini adalah:

  1. Sertifikat kecakapan berbahasa Inggris:

    1. IELTS 6.5

    2. TOEFL iBT 79

  2. Paspor/KTP/KK/Akta lahir;
  3. Ijazah;
  4. Transkrip akademik;
  5. Award certificate (jika ada);
  6. Essay;
  7. 2 Letter of reference;
  8. Letter of Acceptance dari universitas yang dituju.

 

Baca Juga: Simak Informasi Mengenai Beasiswa Chevening

 

2. Eiffel Excellence Scholarship

Beasiswa S2 Eropa selanjutnya adalah Eiffel Excelence Scholarship. Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Prancis untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 di Prancis dalam berbagai disiplin ilmu.

Beasiswa Eiffel Excelence Scholarship memberikan dukungan keuangan yang komprehensif kepada mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 di Prancis. Selain biaya kuliah dan hidup, penerima juga akan mendapatkan asuransi kesehatan dan akses ke berbagai acara budaya dan sosial di Prancis.

Persyaratan yang wajib kalian penuhi untuk mendaftar beasiswa ini adalah:

  1. Certificate of residence;

  2. Alamat email dan nomor telepon;

  3. Certificate of academic enrollment dari kampus yang dituju;

  4. Asuransi kesehatan nasional (Securite Sociale);

  5. Mengisi surat evaluasi dua kali tiap tahun jika sudah menerima beasiswa ini.

 

Tertarik dengan beasiswa S2 Eropa dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview. Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun. 👇🏽 

 

beasiswa S2 Eropa

 

3. Invest Your Talent in Italy Scholarship

Invest Your Talent in Italya Scholarship adalah beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Italia. Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi S2 (Laurea Magistrale atau Master universitario) di berbagai universitas di Italia di berbagai bidang, termasuk seni, musik, dan fashion. Cakupan beasiswa meliputi biaya kuliah, visa, asuransi kesehatan dan kecelakaan.

Persyaratan yang wajib kalian penuhi untuk mendaftar beasiswa ini adalah:

  1. Transkrip akademik;
  2. Ijazah;
  3. Sertifikat kecakapan berbahasa Inggris:
    1. IELTS
    2. TOEFL
  4. Sertifikat kecakapan berbahasa Italia (jika ada);
  5. Video yang merekam kandidat menjelaskan motivasi mereka mengikuti beasiswa ini dengan durasi maksimal 1 menit;
  6. CV;
  7. Paspor. 

 

4. Erasmus South European Studies (EUROSUD)

Beasiswa ini memberikan kesempatan unik untuk terlibat dalam studi hubungan internasional multidisiplin tentang wilayah Eropa Selatan bersama dengan mitra-mitra universitas di Yunani, Spanyol, Portugal, Italia, Prancis, dan Inggris selama dua tahun untuk meraih gelar Master. Beasiswa ini memberikan dukungan biaya pendidikan dan biaya hidup bulanan.

Persyaratan yang wajib kalian penuhi untuk mendaftar beasiswa ini adalah:

  1. Sertifikat kecakapan berbahasa Inggris:
    1. IELTS 6.5;
    2. TOEFL iBT 90;
    3. CAE/CPE 176;
    4. PTE Academic 60.
  2. Ijazah;
  3. Transkrip akademik;
  4. 2 buah surat rekomendasi;
  5. CV;
  6. Mengisi formulir pendaftaran EUROSUD;
  7. Paspor.

 

Baca Juga: Ketahui Beasiswa Tanpa Wawancara, ada Eiffel Excellence Scholarship

 

Bimbingan lolos beasiswa S2 Eropa bersama Schoters

Ingin lolos beasiswa luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

[Schoters] Form Konsultasi Harvester