Raih Kesempatan Magang di Korea dengan Program Beasiswa UST

Siapa yang ingin merasakan magang di Korea Selatan? Beasiswa program UST Global Research Internship bisa menjadi pilihan terbaik nih! Beasiwa ini diberikan oleh University of Science and Technology (UST), yang merupakan salah satu kampus bergengsi di negeri Ginseng lho, Hunters.

Universitas ini didirikan pada tahun 2003 dan hanya memiliki program Graduate School. Itu artinya universitas ini hanya memiliki program S-2 dan S-3 saja. Universitas ini didirikan berdasarkan kumpulan National Research Institute yang ada di Korea Selatan. Jadi, jika Hunters berkuliah di UST, maka kamu 100% mahasiswa dan researcher.

Tidak heran jika universitas ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pelajar internasional, khususnya yang menekuni bidang research. Selain itu belajar di Korea Selatan juga memiliki beberapa manfaat dan keuntungan, seperti kemajuan teknologi dan inovasi yang luar biasa, biaya hidup terjangkau, meningkatkan kemampuan bahasa Korea, destinasi tempat wisata menarik, kualitas hidup yang tinggi, dan lainnya. Hal itulah yang membuat negara Korea Selatan diburu banyak pelajar internasional, khususnya pada berbagai beasiswa yang ditawarkannya.

 

Beasiswa UST Global Research Internship

Program beasiswa UST Global Research Internship ini menawarkan kesempatan magang di 32 lembaga penelitian yang didanai oleh pemerintah Korea Selatan selama dua bulan. Penelitian dalam UST Global Research Internship terdiri dari empat bidang utama, yaitu Biotechnology, Engineering and Technology, Information Technology, serta Nano Science and Technology. 

Beasiswa ini akan memberikan tunjangan magang (KRW 1.000.000/ bulan atau setara dengan 11 juta rupiah), asuransi, sertifikat magang, dan asrama (berdasarkan ketersediaan).

Lantas, kenapa sih harus magang penelitian dan apa saja manfaatnya? Pada dasarnya istilah magang penelitian ini hanya terdapat dalam universitas saja. Magang penelitian mengacu pada tugas seorang mahasiswa, umumnya di semester akhir. Magang penelitian sendiri biasanya memiliki nilai SKS tersendiri, sehingga wajib diikuti oleh setiap pelajar.

Secara umum, manfaat magang bagi pelajar adalah memberikan pengalaman kerja dan menambah wawasan. Selain itu juga akan menambah jejaring sosial, serta mengasah kemampuan dan keterampilan pelajar dalam dunia kerja. Magang penelitian di luar negeri juga akan membantu Hunters mendapatkan berbagai peluang kerja di dunia internasional, serta mencari referensi baru dengan suasana lingkungan yang berbeda dengan suasana di Indonesia.

Bagaimana, tertarik mendaftar program beasiswa ini? Simak ulasan mengenai kriteria pendaftar dan persyaratan dokumennya ya Hunters.

 

Baca Juga: Kenali Lebih Dalam Seputar Kuliah di Korea Selatan

 

Persyaratan

  1. Pelamar internasional yang tinggal di Korea
  2. Pemegang VISA yang masih berlaku hingga akhir masa magang
  3. Warga negara non-Korea
  4. Pelajar internasional yang saat ini terdaftar di program sarjana (tahun ke-3 atau ke-4), atau pelajar yang saat ini terdaftar di program master
  5. Pelajar yang cuti atau sudah lulus dari program studi tidak akan diterima

Dokumen yang Dibutuhkan

  1. Salah satu sertifikat pendaftaran/cuti/ kelulusan dari perguruan tinggi (sekolah pascasarjana jika ada)
  2. Transkrip untuk semua semester dari perguruan tinggi (sekolah pascasarjana jika berlaku)
  3. Surat rekomendasi dari kampus
  4. Skor tes bahasa Inggris
  5. Formulir aplikasi

Jika Hunters tertarik dengan kesempatan mengikuti program ini, tidak ada salahnya untuk mencoba. Hunters bisa pelajari dan penuhi persyaratannya, serta persiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk mengikuti program beasiswa UST Global Research Internship ini. Raih berbagai manfaat dari mengikuti program beasiswa UST Global Research Internship, dan jadilah researcher yang membanggakan. Semangat Hunters!

 

Baca Juga: Ingin Kuliah di Korea Selatan? Intip Cara Mendapatkan Beasiswanya

 

Tahapan Pendaftaran

Beberapa tahapan dan seleksi yang wajib kalian lalui untuk dapat menjadi peserta magang di UST adalah sebagai berikut: 

  1. Mengunduh formulir pendaftaran
  2. Melakukan pendaftaran melalui website sistem penerimaan peserta magang internasional UST
  3. Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap
  4. Mengunggah dokumen-dokumen yang disyaratkan
  5. Mengikuti proses seleksi yang dilakukan oleh profesor pembimbing yang dipilih atau ditentukan. Pada seleksi ini terdapat beberapa hal yang akan dievaluasi, seperti:
    1. Reviu dokumen
    2. Reviu kesesuaian bidang penelitian dengan profesor
    3. Wawancara secara daring
  6. Pengumuman hasil seleksi

 

Timeline Beasiswa

Pada program beasiswa ini terdapat beberapa periode tanggal penting yang wajib kalian amati, antara lain:

  1. Periode pendaftaran: 20 April sampai 11 Mei
  2. Pembuatan visa dan pengurusan dokumen lain: Juni
  3. Periode magang: 4 Juli sampai 29 Agustus

Tanggal-tanggal tersebut dapat berubah mengikuti perkembangan kondisi. Jika terdapat perubahan, UST akan mengumumkannya melalui website Global Research Internship mereka.

 

Keuntungan Magang di Korea Selatan

Terdapat banyak keuntungan melakukan magang sebagai peneliti di Korea Selatan. Sebagai salah satu negara maju di Asia, tentunya Korea Selatan dapat menjadi tolok ukur bagaimana penelitian seharusnya dilakukan. Beberapa keuntungan magang sebagai peneliti yang dapat kalian pertimbangkan adalah:

  1. Mengerti perkembangan teknologi
    Terdapat banyak alat atau teknologi dalam melakukan penelitian yang tidak tersedia di Indonesia, namun tersedia dengan baik di Korea Selatan. Untuk itu, hal ini akan sangat penting dalam menambah pengalaman kalian dalam mengetahui perkembangan teknologi dan mengoperasikan mesin atau alat penelitian mutakhir.
  2. Mengembangkan keterampilan
    Sejalan dengan semakin bertambahnya pengetahuan tentang alat atau mesin mutakhir, keterampilan kalian dalam melakukan penelitian akan semakin meningkat. Pengetahuan dalam menyelesaikan masalah atau membuat alternatif pada suatu permasalahan pun akan semakin lebar. Hal ini sangat penting bagi kalian seorang peneliti untuk dapat mencari solusi secara cepat dan tepat.
  3. Menambah relasi internasional
    Peserta magang sebagai peneliti di UST berasal dari berbagai belahan dunia. Untuk alasan ini, kalian dapat menambah relasi di berbagai tempat yang dapat menjadi kesempatan kalian untuk berkolaborasi di masa depan. Selain itu, mengenal orang dari berbagai latar belakang dapat memberikan pandangan baru bagi kalian tentang melihat suatu permasalahan.

 

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

UST Scholarship