Strategi Belajar Bahasa Jepang Sehari-Hari untuk Pemula

Tips & Trik, 21 Des 2022

Bagi banyak orang, mempelajari bahasa Jepang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Huruf, susunan kalimat dan aturan bahasa yang berbeda membuat banyak orang menjadi ragu-ragu untuk mulai mempelajari bahasa Jepang lebih jauh. Meskipun demikian, menguasai bahasa Jepang dengan cepat dan menyenangkan juga bukan hal yang mustahil dilakukan. Banyak cara yang bisa dicoba untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang, bahkan dari nol sekalipun. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Hunters dilakukan untuk mulai belajar bahasa Jepang sehari-hari untuk pemula.  

1. Menguasai Huruf Jepang Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat mulai belajar bahasa Jepang adalah mengetahui dan menguasai 3 (tiga) jenis huruf yang digunakan dalam bahasa Jepang, yaitu Hiragana, Katakana dan Kanji.

A. Huruf Hiragana

Jenis huruf hiragana adalah jenis huruf pertama yang perlu dikuasai semua pemula dalam bahasa Jepang. Huruf hiragana sendiri terdiri dari 46 simbol fonetik, yang setiap hurufnya mewakili penyebutan satu suku kata. Karena setiap hurufnya hanya memiliki satu ejaan, Hiragana menjadi cukup mudah dipelajari.  

B. Huruf Katakana

Dibandingkan Hiragana yang lebih banyak dipakai untuk kosakata asli dalam bahasa Jepang, Katakana adalah huruf Jepang yang digunakan untuk kosakata Jepang yang berasal dari bahasa asing lainnya termasuk berbagai istilah teknis, nama tanaman dan binatang. Sama dengan hiragana, huruf katakana adalah simbol fonetik yang setiap hurufnya mewakili penyebutan satu suku kata.

C. Huruf Kanji

Menguasai huruf kanji barangkali adalah salah satu bagian terberat ketika belajar bahasa Jepang. Meskipun demikian, menguasai huruf kanji akan membantu dalam memahami, berbicara dan menulis dalam bahasa Jepang. Berbeda dengan huruf hiragana dan katakana yang merupakan simbol fonetik, huruf kanji yang diadaptasi dari huruf dalam bahasa Cina merupakan ideogram yang menggambarkan makna dari setiap simbol.  

          Baca juga: Yuk Ikuti Tips Belajar Bahasa Jepang untuk Persiapan Kuliah! 

2. Mengetahui Dasar Tata Bahasa Jepang

Setelah mengetahui huruf Jepang sebagai awal yang penting untuk belajar bahasa Jepang, langkah selanjutnya adalah mencari tahu tentang dasar tata bahasa Jepang, yang banyak berbeda dengan tata bahasa lainnya yang kita ketahui seperti bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Dalam bahasa Jepang, terdapat beberapa bentuk kalimat yang perlu diketahui seperti past, non-past, polite dan plain. Selain itu, penting juga untuk mengetahui sistem penulisan dalam bahasa Jepang yang dimulai dari kanan ke kiri, atas ke bawah. Mengetahui dasar tata bahasa Jepang ini sangat berguna untuk membantu pemula dalam memahami bahasa Jepang dengan lebih cepat.

3. Cari Tahu Beberapa Kalimat Penting Dalam Bahasa Jepang

Mengetahui beberapa kalimat dasar namun sering digunakan dalam percakapan juga merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk membiasakan diri dengan berbagai kalimat dalam bahasa Jepang dan penggunaannya di kehidupan sehari-hari. Jangan ragu untuk mencoba menggunakan kalimat-kalimat ini dengan percakapan bersama native speakers ya!  

4. Buat Jadwal Belajar

Salah satu kunci utama untuk menguasai bahasa asing, termasuk bahasa Jepang, dengan cepat adalah konsistensi saat belajar. Menyisihkan waktu untuk belajar dan berlatih bahasa Jepang setidaknya 15 menit setiap harinya dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa Jepang dengan cepat.

5. Membaca Manga

Ingin belajar bahasa bahasa Jepang dengan cara yang menyenangkan? Mulailah membaca berbagai manga atau komik khas Jepang yang tersedia dalam bahasa aslinya untuk membiasakan diri membaca huruf Jepang serta berbagai kalimat yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Gambar yang ada di dalam manga juga akan membantu pembaca untuk memahami konteks dan makna dari masing-masing kalimat dengan lebih cepat.

6. Menonton Anime

Sama dengan manga, menonton anime adalah salah satu langkah lain yang bisa dilakukan oleh pemula untuk mulai belajar bahasa Jepang dengan cepat tapi tidak membosankan. Melalui anime, kita bisa banyak belajar kata-kata baru dalam bahasa Jepang dan yang paling penting, meningkatkan kemampuan mendengar dalam bahasa Jepang.

          Baca juga: Kenapa Belajar Bahasa Jepang Itu Penting? Yuk Simak Artikel Berikut

7. Bergabung dengan Komunitas Belajar

Merasa bosan ketika belajar sendirian? Cobalah mencari dan bergabung dengan berbagai komunitas belajar bahasa Jepang untuk bertemu dengan orang lain yang memiliki minat dan tujuan yang sama dalam menguasai bahasa Jepang. Melalui komunitas belajar, kita juga bisa mulai berlatih bercakap-cakap serta berdiskusi menggunakan berbagai kalimat dan kata dalam bahasa Jepang yang sudah kita ketahui sebelumnya. Selain itu, kita juga bisa langsung mendapatkan feedback dari sesame teman yang akan membantu dalam proses belajar. Komunitas belajar bahasa Jepang ini bisa ditemukan melalui berbagai media sosial.

Rekomendasi Kursus Bahasa Jepang Terpercaya

Nah, itu tadi beberapa tips untuk belajar bahasa Jepang bagi pemula. Buat Hunters yang ingin belajar bahasa Jepang, yuk klik link berikut ya! -> Belajar bahasa Jepang bersama Schoters 

Selain kursus bahasa Jepang, Schoters juga melayani kursus bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya, klik link berikut untuk tahu lebih lanjut! -> Konsultasi bersama mentor Schoters 

belajar bahasa jepang sehari hari untuk pemula