5 Alasan Kamu Perlu Ikut Kursus Bahasa Jepang

Tips & Trik, 14 Sep 2022

Tahukah kamu bahwa bahasa Jepang merupakan bahasa kesembilan yang paling banyak digunakan di dunia? Secara global, bahasa Jepang dituturkan oleh 128,3 juta orang. Sebagai salah satu bahasa yang terkenal dan digunakan oleh banyak orang, ada banyak alasan mengapa kamu perlu ikut kursus bahasa Jepang untuk menguasainya. Apa saja? Berikut informasinya!

1. Bisa Menjadi Peluang Usaha

Alasan pertama kamu perlu ikut kursus bahasa Jepang adalah untuk membuka berbagai peluang usaha. Kemampuan bahasa asing adalah modal yang sangat berguna untuk menambah pemasukan. Misalnya, kamu bisa coba pekerjaan freelance sebagai penerjemah bahasa Jepang yang saat ini cukup dicari di tanah air. Anak-anak kuliah yang mahir bahasa Jepang bisa memanfaatkan kemampuan ini sebagai pekerjaan sampingan untuk menambah uang jajan.

Tapi kalau level bahasa Jepang-mu sudah lebih advanced, kamu bisa memulai karier sebagai interpreter. Buat kamu yang suka film atau drama Jepang, menjadi interpreter membuka peluang bagimu untuk bertemu idola Jepang di acara-acara tertentu, lho. Kamu bisa memanfaatkan kemahiran bahasa Jepang yang kamu miliki sebagai passive income yang menjanjikan.

2. Menambah Networking

Networking atau koneksi akan meningkatkan kepercayaan dirimu dan membantu mengembangkan keterampilan sosial. Saat mengikuti kursus bahasa Jepang, kamu juga punya peluang menambah networking lewat  berbagai interaksi yang kamu lakukan. 

Berhubungan baik dengan teman di kelas kursus dan guru bahasa Jepang bisa menjadi circle baru yang memperluas networking. Siapa tahu, networking ini nantinya akan bermanfaat saat kamu memasuki dunia kerja. Atau, paling tidak, kamu yang mahir bahasa Jepang bisa jadi lebih percaya diri jika berteman dengan orang Jepang asli.

3. Memudahkan Saat Kuliah

Jika kamu berencana kuliah di Jepang, tentu kamu harus menguasai bahasa Negeri Sakura ini. Jepang memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik karena merupakan salah satu negara maju di dunia. Jalanmu untuk mewujudkan mimpi melanjutkan pendidikan ke Jepang akan lebih mudah tercapai jika kamu sudah menguasai bahasa Jepang. Saat nanti sudah diterima sebagai mahasiswa di sana, kamu juga akan lebih mudah belajar karena sudah paham bahasanya. 

            Baca juga: Mau Kuliah di Jepang? Intip 5 Kampus Terbaik di Jepang

4. Kesempatan Bekerja di Perusahaan Asing

Ada banyak manfaat bekerja di perusahaan asing, salah satunya adalah karier yang menjanjikan. Kamu juga kemungkinan akan mendapat gaji yang lebih besar dibandingkan perusahaan lokal. Banyaknya jumlah perusahaan Jepang yang ada di Indonesia saat ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang kerja secara maksimal dengan menguasai Bahasa Jepang.

Orang yang mahir menggunakan bahasa Jepang umumnya diincar oleh banyak perusahaan Jepang di Indonesia untuk dijadikan translator dan interpreter. Kamu yang tertarik memulai karier di perusahaan Jepang sebagai seorang translator atau  interpreter tentunya harus mampu menguasai bahasanya terlebih dahulu. Itulah mengapa kamu perlu ikut kursus bahasa Jepang.

5. Lebih mudah Saat Traveling ke Jepang

Keunikan Jepang dalam memadukan wisata tradisional dan modern dengan apik menjadikannya salah satu negara Asia yang paling banyak dikunjungi oleh pelancong mancanegara. Jepang memiliki banyak wisata menarik, mulai dari Gunung Fuji, Tokyo Skytree, Kastil Matsumoto, Ginza, Ueno Park, hingga Kuil Asakusa.

Kamu yang tertarik traveling ke Jepang akan mampu menikmati waktu berharga di Jepang jika mampu berbahasa Jepang. Pasalnya, tidak semua orang Jepang mampu menggunakan bahasa Inggris. Karenanya, kamu mungkin akan mengalami sedikit kesulitan jika traveling ke Jepang hanya bermodal bahasa Inggris. 

Jika kamu mengikuti kursus bahasa Jepang dan cukup menguasai bahasa percakapan sehari-hari, traveling di Jepang akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Menguasai bahasa Jepang akan sangat memudahkanmu dalam menggunakan transportasi umum dan mencari tempat makan yang menarik di Negeri Sakura.

           Baca juga: Beasiswa MEXT-Undergraduate (Gakubu) untuk Kuliah di Jepang

Rekomendasi Kursus Bahasa Jepang Terpercaya

Agar bisa merasakan seluruh manfaat tersebut, pastikan kamu memilih tempat kursus bahasa Jepang yang kredibel dan berpengalaman seperti Schoters. Kelas di Schoters telah menerapkan kurikulum khusus bagi pemula yang ingin belajar bahasa Jepang mulai dari level basic. Kamu juga bisa menanyakan informasi beasiswa untuk kuliah di Jepang, lho

Dengan mengikuti Japanese Academy by Schoters, kamu bisa melatih skill bicara sehari-hari dalam bahasa Jepang dan mendapat informasi mengenai berbagai beasiswa kuliah di Jepang. Dipandu oleh tutor profesional dan ahli di bidangnya, kursus di Schoters membuat belajar bahasa asing semakin mudah. Selain melayani kursus bahasa Jepang, Schoters juga melayani kursus bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya.

Informasi lengkap mengenai Japanese Academy dan kelas persiapan lainnya bisa Hunters dapatkan di sini, ya.

kursus bahasa jepang