7 Panduan Belajar Hangul Korea untuk Pemula dan Tipsnya

Popularitas bahasa Korea sebagai salah satu bahasa asing yang paling banyak diminati untuk dipelajari tampaknya akan terus meningkat. Menariknya, belajar bahasa Korea juga tidak sesulit yang dibayangkan. Hangul atau huruf Korea memiliki banyak kesamaan dengan huruf dalam bahasa Inggris, sehingga menguasai Hangul jauh lebih mudah dibandingkan bahasa Cina atau Jepang. Yuk simak informasi lengkap tentang sejarah hangul dan berbagai tips belajar Hangul Korea untuk pemula yang bisa dicoba di bawah ini.

 

Sejarah singkat Hangul

Sebagai salah satu abjad termuda di dunia, Hangul diciptakan oleh Raja Sejong Agung, raja keempat dari Dinasti Joseon pada tahun 1443-1444 M. Sebelum Hangul diciptakan oleh Raja Sejong, masyarakat Korea menggunakan karakter Cina klasik untuk berkomunikasi melalui tulisan. Sayangnya, karakter Cina klasik yang disebut dengan Hanja ini sangat rumit sehingga tidak semua orang mampu membaca dan menulis menggunakan Hanja. Oleh sebab itu, hanya kalangan bangsawan saja yang bisa mengakses informasi secara tertulis.

Terdorong oleh keinginan untuk membuat semua lapisan masyarakat melek huruf, Raja Sejong Agung kemudian menciptakan huruf baru yang lebih sederhana dari Hanja serta mudah dipelajari dalam waktu singkat, yang kemudian diberi nama Hangul.

Menariknya, meskipun secara umum untuk menjadi fasih menggunakan bahasa Korea membutuhkan waktu yang cukup lama, menguasai huruf Hangul yang menjadi dasar dalam bahasa Korea membutuhkan waktu yang sangat singkat, yaitu sekitar 60-90 menit. Kalau begitu, apa saja yang bisa kamu lakukan untuk belajar Hangul Korea untuk pemula yang memulai dari nol?

 

Huruf Hangul

Huruf konsonan

ㄱ = g/k

ㄴ = n

ㄷ = d

ㄹ = r/l

ㅁ = m

ㅂ = b/p

ㅅ = s

ㅈ = jh

ㅊ = ch

ㅋ = kh

ㅌ = th

ㅍ = ph

ㅎ = h

ㅇ = –

Huruf vokal

ㅏ = a

ㅑ = ya

ㅓ = eo

ㅕ = yeo

ㅗ = o

ㅛ = yo

ㅜ = u

ㅠ = yu

ㅡ = eu

ㅣ = i

 

Ingin bisa berbicara bahasa Korea dengan lancar? Schoters punya kelas intensif bahasa Korea yang bisa bantu kamu jago membaca, menulis, hingga berbicara bahasa Korea dengan materi yang sudah disesuaikan dengan TOPIK (Test of Proficiency in Korean).

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Bahasa Korea” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

cara cepat belajar bahasa korea

 

Panduan belajar Hangul Korea untuk pemula

1. Kuasai huruf dasar dalam Hangul

Pertama, kuasai terlebih dahulu huruf dasar yang ada dalam Hangul. Berbeda dengan huruf dalam bahasa Inggris yang terdiri dari 26 huruf, Hangul terdiri dari 24 huruf berbeda yang terbagi menjadi 14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal yang kemudian bisa langsung dikombinasikan menjadi kata dan kalimat.

 

Baca juga: Ingin Belajar Bahasa Jepang? Yuk Ikuti Tips Ini! 

 

2. Kuasai huruf rangkap ganda dalam Hangul  

Setelah itu, kamu juga harus tahu huruf rangkap ganda yang ada dalam Hangul. Selain 24 huruf dasar, terdapat 5 huruf konsonan ganda dan 15 konsonan vokal ganda yang biasa digunakan untuk membentuk kata atau kalimat.

3. Memahami aturan dasar penulisan kata dalam Hangul  

Setelah menguasai berbagai huruf dalam Hangul, hal yang harus dilakukan berikutnya adalah memahami aturan dasar penulisan kata dalam hangul. Aturan ini antara lain :

  1. Setiap kata terdiri dari beberapa suku kata. Contoh : kata 여자 (yeoja) yang berarti perempuan terdiri dari 2 suku kata dan
  2. Setiap suku kata terdiri dari kombinasi dari setidaknya 1 (satu) huruf konsonan dan 1 (satu) huruf vokal. Contoh : (yeo) terdiri dari konsonan dan , sedangkan terdiri dari konsonan dan vokal (a)
  3. Dalam hangul, huruf konsonan ditulis terlebih dahulu sebelum huruf vokal dan ditulis dari sebelah kiri

4. Berlatih membaca Hangul

Setelah menguasai huruf dalam Hangul dan mengetahui aturan dasar penulisan kata dalam Hangul, mulailah membiasakan diri membaca huruf Hangul yang ada dalam kata atau kalimat. Kamu bisa mulai membaca berbagai tulisan korea yang kamu temui di iklan, artikel berita, majalah, atau bahkan tulisan-tulisan sederhana di balik kotak makanan untuk berlatih membaca dan menghafal huruf Hangul.

 5. Berlatih menulis menggunakan Hangul

Selain membaca, jangan lupa untuk sering berlatih menulis huruf hangul untuk membantu kamu mengingat seluruh huruf Korea yang ada dengan lebih cepat. Konsistensi dalam berlatih adalah kunci utama untuk menguasai bahasa asing dengan cepat, jadi sebisa mungkin sisihkan waktu paling tidak 15 menit sehari untuk berlatih membaca dan menulis huruf Hangul.

6. Menambah kosakata baru dalam bahasa Korea

Setelah menguasai huruf Hangul, kamu juga mulai bisa menambah berbagai kosakata baru dalam bahasa Korea. Mulailah dari kosakata dasar yang sederhana seperti angka, nama hari, nama benda, nama binatang dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa lebih terbiasa menggunakan dan mengingat huruf Hangul secara lebih cepat dan efisien. Kamu juga bisa menggunakan berbagai flashcards menarik yang tersedia untuk menambah banyak kosakata baru.

Baca juga: Tips Belajar Bahasa Korea Secara Otodidak

 

 7. Gunakan berbagai aplikasi untuk belajar Hangul

Masih bingung harus mulai belajar hangul darimana? Untuk membantu kamu belajar Hangul dengan cepat dan efektif secara mandiri, kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi yang tersedia seperti Lingodeer atau Duolingo untuk membantu kamu belajar Hangul dan bahasa Korea secara keseluruhan. Dengan aplikasi bahasa seperti ini, kamu bisa menambah berbagai kosakata baru serta bisa berlatih menggunakan kosakata baru tadi ke dalam kalimat sesuai konteks. Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah melacak progress latihan dengan menggunakan aplikasi-aplikasi ini.

 

Bimbingan Bahasa Korea Terpercaya di Schoters

Masih kesulitan dalam belajar bahasa Korea? Hunters bisa loh mengikuti kelas belajar bahasa Korea di Schoters. Yuk kenalan dulu dengan Schoters!

Schoters adalah  platform pendidikan digital terbesar di Asia Tenggara yang menyediakan program persiapan end-to-end bagi pelajar dan profesional untuk belajar di luar negeri, dengan atau tanpa beasiswa. Sejak 2018, Schoters telah berhasil membantu ribuan siswa Indonesia kuliah ke 400+ Kampus top dunia di 43 Negara tersebar di 5 Benua.

Tidak hanya memiliki program bimbingan beasiswa, Schoters juga memiliki program unggulan lainnya yaitu TOPIK Academy.

 

Kenapa harus ikut TOPIK Academy di Schoters?

  1. Kelas terdiri dari teori dan praktik
  2. Sudah termasuk kurikulum, materi, dan e-book sebagai panduan pembelajaran
  3. Materi disesuaikan dengan level yang dipilih
  4. Mendapatkan feedback dan bimbingan dari tutor untuk meningkatkan kemampuanmu
  5. Kelas privat dengan waktu fleksibel sesuai kesepakatan siswa dan tutor

Tertarik bergabung? Sebelum ambil kelas, Hunters bisa konsultasi gratis tentang TOPIK Academy di Schoters agar tahu mana program yang cocok sesuai kebutuhanmu!

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)

Sumber:

“Korean Alphabet – Learn the Hangul Letters and Character Sounds”. Joseph Gerocs. https://www.90daykorean.com/how-to-learn-the-korean-alphabet/