Mengenal TOEFL ITP dan Skor Penilaiannya

Tips & Trik, 17 Des 2022

Bisa berbahasa Inggris dengan baik bukanlah keterampilan biasa. Saat ini banyak sekali perusahaan yang memberikan syarat kemampuan berbahasa Inggris bagi pelamar yang ingin mendaftar. Selain itu, kemampuan Bahasa Inggris juga diperlukan untuk mendaftar beasiswa dan melanjutkan pendidikan ke jenjang studi di dalam maupun luar negeri. Selain kemampuan yang bisa dilihat dan didengar, perusahaan atau universitas biasanya akan meminta sertifikat sebagai bukti bahwa kita benar-benar memiliki keterampilan berbahasa Inggris yang telah teruji. Untuk itu, TOEFL ITP adalah salah satu alat atau tes yang sangat dipercaya untuk menguji kecakapan berbahasa Inggris kalian.

Mengenal TOEFL ITP

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah sebuah tes yang dipakai untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris seseorang. Dibuat dengan standar khusus, hasil tes akan menunjukkan apakah seseorang memiliki kemampuan berbahasa Inggris aktif maupun tidak.

Biasanya, mereka yang mengikuti TOEFL akan diminta untuk mengikuti sejumlah tes dan diharapkan memperoleh skor yang baik. Dalam praktiknya, lembaga penyelenggara TOEFL biasanya memiliki panduan pemberian nilai untuk menentukan kemampuan seseorang berdasarkan skor yang diperoleh.

TOEFL sendiri ada beberapa macam, yang cukup sering diikuti orang adalah TOEFL ITP atau TOEFL Institutional Testing Program. Sesuai namanya, tes ini biasanya diikuti sebagai syarat untuk memasuki sebuah institusi pendidikan baik di dalam maupun luar negeri terutama di institusi yang bahasa pengantar utamanya adalah Bahasa Inggris. Pengembang tes TOEFL ITP adalah Educational Testing Service (ETS), sebuah organisasi yang berkantor pusat di New Jersey, Amerika Serikat.

Salah satu ciri ITP adalah pelaksanaannya. Tes TOEFL ini biasanya dilaksanakan secara kolektif. Biasanya setelah peserta mengikuti pembekalan atau preparation selama beberapa waktu. Tujuan utama pembekalan adalah memberi gambaran kepada peserta agar tidak terlalu kaget ketika melakukan TOEFL. Namun, pembekalan ini bersifat opsional.

Pada pembekalan tersebut peserta juga akan menerima materi yang sama dengan materi yang keluar saat tes. Dalam pelaksanaan TOEFL, kemampuan Bahasa Inggris peserta akan diuji berdasarkan 3 bagian yaitu Listening, Structure and Written Expression, dan Reading. Harapannya, kalian dapat melakukan tes TOEFL ITP dengan hasil yang lebih memuaskan ketimbang tanpa mengikuti kelas preparation, dan ini sudah terbukti di banyak orang. 

Jika kalian berminat dalam mengikuti kelas preparation, Schoters menyediakan kelas TOEFL ITP Preparation dengan biaya sebesar Rp.2.899.000. Dalam kelas ini, kalian akan mendapatkan layanan 1-on-1 tutoring, kelas online yang interaktif dan fleksibel mengikuti jadwal kalian, simulasi tes TOEFL ITP untuk mengetahui perkembangan kamu, belajar dengan contoh tes TOEFL ITP yang terbaru, dan tentunya feedback yang bisa membuatmu lebih baik. 

Selain itu, kalian juga dapat mengambil TOEFL ITP Prediction Test yang tersedia di Schoters dengan harga Rp.109.000 saja. Untuk melakukan prediction test ini sangat mudah karena kalian bisa melakukannya di mana saja secara daring. Kalian juga bisa melakukannya dalam tempo 14 hari setelah pembelian, sehingga kalian bisa melakukan persiapan terlebih dahulu.

Jika kalian sudah siap melakukan tes TOEFL ITP, kalian bisa melakukan tes TOEFL ITP di banyak cabang atau pusat tes yang telah disetujui oleh ETS, salah satunya adalah Indonesian International Education Foundation (IIEF) yang mengoordinasikan banyak tes TOEFL ITP di seluruh Indonesia dengan frekuensi tes yang cukup sering. 

Pilihan lainnya adalah melakukan official TOEFL ITP test melalui Schoters dengan harga Rp.575.000. Layanan ini akan kemudahan untuk mengikuti tes TOEFL ITP pada tanggal pilihan kalian yang diadakan oleh ETS. Setelah melakukan tes, kalian akan mendapatkan sertifikat TOEFL ITP dengan masa berlaku 2 tahun.

             Baca juga: Penjelasan Lengkap Perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC

Pembagian Tes TOEFL ITP

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, setiap peserta yang mengikuti TOEFL ITP akan mengikuti 3 bagian ujian, berikut ulasan masing-masing bagian:

1. Listening Comprehension

Pada bagian ini, peserta diharapkan menjawab 50 pertanyaan dengan waktu pengerjaan sekitar 40 menit. Listening terdiri dari 3 bagian, yaitu part A, B, dan C. Setiap bagian memiliki tingkat kesulitan masing-masing dan harus kita ikuti selama ujian berlangsung.

Pada part A, kita akan diminta untuk mendengar short conversation atau percakapan pendek dan menjawab sejumlah pertanyaan berdasarkan percakapan tersebut. Pada part B, ada percakapan yang lebih panjang yang harus didengar dan diperhatikan agar setiap pertanyaan dapat dijawab dengan baik.

Sementara di part C, peserta akan mendengar kutipan academic lectures. Pada bagian Listening, peserta memang diharapkan untuk teliti pada setiap suara yang didengar. Bagian ujian ini cukup mudah apabila peserta mampu mendengar setiap bagian rekaman dengan baik. 

2. Structure and Written Expression

Terdiri dari 40 pertanyaan, bagian ini diharapkan selesai selama kurang lebih 25 menit. Pada bagian ini kemampuan kita dalam memahami struktur dan tata bahasa Bahasa Inggris akan diuji. Structure and Written Expression memiliki 2 bagian yaitu gap fill excercises dan error recognition exercise.

Setiap bagian tentu memiliki tingkat kesulitan berbeda. Untuk menyelesaikan bagian ujian ini, kita perlu lebih teliti dan benar-benar menguasai grammar karena setiap pertanyaan cukup tricky dan kerap membuat peserta terjebak untuk menuliskan atau memilih jawaban yang salah.

3. Reading

Bagian terakhir adalah Reading. Terlihat mudah, tapi ternyata banyak yang memiliki skor rendah di bagian ini. Terdiri dari 50 pertanyaan dengan waktu pengerjaan sekitar 55 menit, pada bagian ini akan disuguhkan lima teks paragraf dan masing-masing terdiri atas 25 baris. Seperti bagian-bagian sebelumnya, dibutuhkan ketelitian tingkat tinggi saat mengerjakan part Reading.

          Baca juga: Cek Info Harga Tes TOEFL iBT & Tips Capai Skor Maksimal

Skor Penilaian TOEFL ITP

Memiliki standar ujian berbeda membuat sistem pemberian skor dan penilaian TOEFL ITP juga berbeda dengan TOEFL lainnya. TOEFL ITP sendiri memiliki beberapa tingkat ujian, yaitu pemula, menengah dan lanjutan. Setiap tingkatan disesuaikan dengan latar belakang peserta dan kebutuhan sertifikat.

Untuk melanjutkan kuliah di luar negeri atau bekerja di perusahaan asing, biasanya kita akan diminta untuk mengikuti ujian level menengah dan lanjutan. Mengingat levelnya berbeda, sistem skor dan penilaian juga berbeda. Bagi yang mengikuti TOEFL tingkat pemula, skor yang diberikan sekitar 200–500. 

Sementara itu untuk level menengah dan lanjutan, skor yang diberikan sekitar 310–667 tergantung hasil tes. Semakin tinggi hasilnya semakin baik pula kemampuan Bahasa Inggris peserta. Beberapa perusahaan dan universitas bahkan ada yang menerapkan skor minimal untuk bisa masuk.

Di universitas luar negeri, skor TOEFL minimal yang diminta adalah 550–600. Sedangkan di perusahaan asing, biasanya skor minimal yang diharapkan adalah 500. Jadi jika mengikuti TOEFL untuk bisa masuk ke sebuah perusahaan atau universitas, sebaiknya kita mendapatkan skor yang lebih tinggi atau paling tidak sama dengan skor minimal yang ditetapkan.

Manfaat Mengikuti TOEFL ITP

Ada beberapa manfaat mengikuti TOEFL ITP yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan sebelum mengikuti ujian ini, di antaranya:

  • Meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris
  • Memperoleh sertifikat yang berlaku di dalam maupun luar negeri
  • Meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris terutama dalam hal struktur dan tata bahasa
  • Memperbesar kesempatan untuk berkarir di tempat yang lebih baik atau melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi

Bagaimana Hunters, tertarik mengikuti TOEFL? Saat ini ada banyak sekali lembaga penyelenggara tes terpercaya yang bisa dipilih untuk bisa mengikuti ITP. Salah satunya adalah Schoters. Didukung oleh tenaga profesional dan telah bekerja sama dengan banyak lembaga resmi membuat Schoters menjadi pilihan bijak dalam memperoleh sertifikat ITP.

TOEFL ITP

Pendaftaran TOEFL ITP 

Untuk informasi lengkap tentang ITP, Hunters bisa klik di sini. Sedangkan untuk informasi lain mengenai jadwal tes dan preparation, Hunters bisa mendaftar di sini. Nah, itulah ulasan tentang TOEFL ITP dan manfaatnya. Jangan lupa untuk baca info menarik lainnya tentang persiapan kelas bahasa Inggris di blog Schoters ya!