10 Cara Belajar TOEFL untuk Pemula Menguasai dengan Cepat

Sertifikat TOEFL menjadi salah satu syarat wajib jika kalian ingin mendaftar beasiswa atau universitas luar negeri. Untuk itulah kalian harus belajar bahasa Inggris dengan baik agar mendapat skor tinggi serta tidak menemui kesulitan saat belajar di luar negeri. Untuk mendapat skor TOEFL tinggi, terdapat beberapa cara belajar TOEFL untuk pemula yang sangat efektif. Yuk, kita ulas beberapa caranya!

 

Cara belajar TOEFL untuk pemula

1. Kenali jenis pertanyaan dan instruksi di tes TOEFL

Cara belajar TOEFL untuk pemula pertama yang bisa Hunters lakukan adalah mengenali jenis pertanyaan dan instruksi pada tes TOEFL. Sebab, semakin terbiasa kalian dengan jenis soal, semakin cepat kalian memahami apa yang dimaksud soal. Untuk itu, cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai jenis pertanyaan dan instruksi yang ada di tes TOEFL.

2. Pelajari grammar secara berkala 

Cara belajar TOEFL untuk pemula selanjutnya adalah mempelajari grammar bahasa Inggris secara berkala. Komponen grammar adalah komponen yang diuji secara langsung di tes TOEFL. Untuk itu, kalian harus banyak belajar mengenai peraturan dalam bahasa Inggris dengan cara memahami rumus dan sering membaca.

3. Pelajari kosakata baru setiap hari

Cara belajar TOEFL untuk pemula ketiga adalah mempelajari kosakata bahasa Inggris baru setiap hari. Sebab, semakin banyak kosakata bahasa Inggris yang kalian miliki, semakin mudah kalian mengerjakan soal tes TOEFL. Cara paling mudah mempelajari kosakata baru adalah dengan membaca atau menghafal kosakata baru dengan flashcard. 

4. Membaca dan menemukan kata baru setiap hari

Semakin banyak kalian membaca, maka peluang menemukan kosakata baru akan semakin besar. Selain itu, semakin sering kalian membaca, akan semakin besar pula kesempatan membaca kosakata yang pernah dipelajari. Dengan begitu, kalian akan semakin hafal/ingat arti dari kosakata tersebut.

5. Membuat catatan

Membuat catatan tentang progres pembelajaran, kosakata baru yang ditemui, kesalahan saat mengerjakan latihan soal, maupun catatan perasaan kalian saat mempelajari soal tes TOEFL dapat membantu kalian dalam mengevaluasi proses belajar.

 

Baca Juga: Mengenal TOEFL IBT dan Tips Meraih Skor Tinggi

 

6. Meluangkan waktu minimal 2 jam tiap hari

Belajar kalau sempat saja tapi berharap dapat skor tinggi? Yuk sudahi tidur kalian, dan segera bangun untuk mewujudkan mimpi! Sempatkan waktu kalian minimal 2 jam per hari untuk belajar tes TOEFL.

Tidak harus belajar hal baru tiap hari, kalian juga bisa belajar ulang apa yang telah kalian pelajari. Selain me-refresh ingatan, hal ini memastikan bahwa kalian telah benar-benar paham pada konsepnya.

7. Mengumpulkan latihan soal

Contoh soal tes TOEFL banyak tersedia di internet secara gratis. Unduh banyak latihan soal tersebut dan coba kerjakan secara perlahan dan cek berapa kira-kira skor yang kalian dapat.

8. Pelajari kelas kata

Kelas kata pada bahasa Inggris adalah noun, pronoun, verb, adjective, adverb, preposition, conjunction, dan interjection. Pelajari masing-masing kelas kata dan contohnya agar kalian dapat mengerjakan soal grammar dan bagian reading dengan baik.

9. Menonton film

Jika kalian ingin mengasah kemampuan membaca dan mendengarkan, tonton film dengan bahasa Inggris dengan subtitle bahasa Inggris pula. Dengan strategi ini, kalian akan tahu bagaimana sebuah kata dilafalkan oleh penuturnya. Selain itu, kalian juga bisa mempelajari kosakata baru.

10. Mendengarkan lagu berbahasa Inggris

Cara belajar TOEFL untuk pemula terakhir yang bisa Hunters lakukan adalah dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Cara ini bisa kamu lakukan jika bosan belajar hanya dengan membaca atau menulis. Carilah video di YouTube yang menyediakan lirik untuk lagu yang kalian sukai. Dengan begitu, kalian dapat belajar berbicara, membaca, dan mendengarkan sekaligus!

 

Baca Juga: Tes TOEFL untuk Persyaratan Beasiswa

 

Jika kalian masih menemui kesulitan dalam mempersiapkan tes TOEFL, sangat disarankan untuk menghubungi konsultan TOEFL preparation yang sudah berpengalaman bertahun-tahun dan mengantarkan ribuan mahasiswa Indonesia mendapatkan skor TOEFL yang tinggi.

 

Nah, itu dia, Hunters, beberapa cara belajar TOEFL untuk pemula. Dari beberapa tips di atas, mana nih yang udah kamu lakuin?

Ikuti bimbingan TOEFL bersama Schoters!

Schoters adalah konsultan yang menyediakan kelas persiapan tes TOEFL dan persiapan mendaftar beasiswa luar negeri yang telah berpengalaman. Segera hubungi Schoters dan mulai kelas persiapan tes TOEFL sesuai dengan jadwal kalian!

 

Cara belajar TOEFL untuk pemula