13 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris yang Mudah dan Seru

Bahasa Asing, 29 Nov 2022

Beasiswa di awal tahun 2023 sudah ada di depan mata, tapi apakah Hunters sudah punya sertifikat bahasa Inggris? Nah, bagi yang belum punya dan baru mau mulai bahasa Inggris, Schoters punya 13 cara cepat belajar bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan dalam keseharianmu. Berikut step by step-nya!

1. Buat tujuan yang jelas

Motivasi seseorang untuk belajar bahasa Inggris ada beragam. Mulai dari persiapan beasiswa, keperluan pekerjaan, atau pun hanya sekedar bentuk menambah skill set. Oleh karena itu berbeda tujuannya, berbeda pula cara cepat belajar bahasa Inggrisnya. 

2. Buat jadwal belajar 

Setelah mengetahui tujuan dan hasil dari proses belajarmu, salah satu cara belajar bahasa Inggris dengan cepat adalah membuat jadwal belajar hingga terbentuk sebuah rutinitas.

Meski terdengar sepele, menciptakan rutinitas itu penting loh dalam menerapkan cara cepat belajar bahasa Inggris. Karena mempelajari bahasa merupakan proses yang lama dan membutuhkan latihan yang banyak. Melalui rutinitas atau jadwal yang sudah Hunters buat, kamu tidak akan cepat merasa jenuh. 

3. Cari teman belajar

Cara cepat belajar bahasa Inggris yang efektif lainnya adalah mencari teman belajar, baik secara online atau offline. Seperti yang sudah disampaikan di atas, belajar bahasa Inggris bisa menjadi sesuatu yang berat dan membosankan. Untuk mengakali hal tersebut Hunters bisa menciptakan suasana belajar yang seru dan anti-bosan.

Kamu bisa menemukan teman belajar online melalui berbagai situs sosial media, game online dan lain sebagainya. Cara cepat belajar bahasa Inggris ini merupakan teknik yang murah dan efisien. Terlebih kamu bisa menemukan teman belajar yang juga tertarik mempelajari bahasa Indonesia.

          Baca juga: Hal yang Harus Kamu Persiapkan untuk  Duo Lingo Test

4. Berlatih berbahasa Inggris di keseharian

Selain mencari teman, cara cepat belajar bahasa Inggris yang praktis adalah mempraktekkannya dalam keseharian. Kamu bisa mempraktekkannya bersama teman belajar offline ataupun dengan dirimu sendiri di depan cermin. Semakin sering berlatih maka semakin bagus pula pelafalan dan kosa kata yang kamu miliki. 

5. Pelajari frasa bukan hanya kata kata

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang kaya dan saat belajar tidak jarang kamu akan menemukan berbagai ungkapan atau kata yang sama namun arti yang berbeda jika digunakan pada saat-saat tertentu. Nah, agar kamu tidak salah menggunakan ungkapan-ungkapan itu, belajarlah melalui frasa dan bukan hanya kosakata saja.

Mempelajari kata dengan konteksnya merupakan cara belajar bahasa Inggris dengan cepat karena kamu akan menambah pengetahuanmu mengenai kosa kata, ungkapan populer bahkan cara komunikasi seorang native. Seru bukan?

6. Berlatih mendengarkan dan membaca lewat media online

Menyambung dengan cara cepat belajar bahasa Inggris di atas, kamu bisa menggunakan bacaan dan forum di media online. Bahkan kamu juga boleh memulainya dengan membaca komik, novel, komunitas, game dan video-video di internet. Dengan membiasakan diri membaca, mendengarkan dan menulis, kemampuan bahasa Inggrismu akan terasah. 

Melalui berbagai media dan forum online di atas kamu bisa menemukan teman belajar, mempelajari ungkapan dan merasakan pengalaman real-life berkomunikasi dengan native. 

7. Buat catatan 

Satu hal lain yang tidak bisa Hunters lewatkan ketika menerapkan cara belajar bahasa Inggris dengan cepat adalah “mencatat”. Seperti kata pepatah, “Ikatlah ilmu dengan menulis”. Kamu bisa mencatat setiap kosa kata atau ungkapan baru lewat buku catatan kecil atau notes di ponsel. Bahkan jika sudah terkumpul banyak, buku catatanmu bisa sekaligus menjadi kamus saku bahasa Inggrismu sendiri. Menarik bukan?

8. Metode Mnemonic

Cara cepat belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah mengembangkan kosakata melalui metode Mnemonic. Metode Mnemonik merupakan teknik untuk mempermudah kamu mengingat sesuatu dan sudah dipakai sejak zaman Yunani dan Romawi Kuno. 

Menggunakan metode Mnemonic berarti menciptakan sistem di otakmu untuk mengingat suatu kata, kalimat, idiom dengan mengaitkannya dengan hal lain. Langkah untuk menerapkan cara belajar bahasa Inggris dengan cepat ini yaitu:

  1. Menyiapkan kata dan kata kunci
  2. Mengaitkan kata tersebut dengan kode atau kata kunci yang kamu persiapkan
  3. Buat visualisasi atau khayalan di otakmu
  4. Terus ulangi kata-kata tersebut

Contoh cara mengaitkan metode Mnemonic: mengaitkan kata “princess” dengan “Diana” yang merupakan putri Diana dari kerajaan Inggris. Begitu seterusnya. 

9. Ubah pengaturan bahasa di ponsel

Satu cara cepat belajar bahasa Inggris yang paling mudah untuk dilakukan adalah mengubah pengaturan bahasa di ponselmu. Hampir sama seperti poin keempat, cara belajar bahasa Inggris dengan cepat ini bertujuan untuk membiasakan kamu dengan bahasa Inggris. 

Semakin banyak paparan bahasa Inggris yang kamu dapatkan, semakin mudah juga kamu memahami bahasa Inggris. Selain itu kamu juga bisa mengubah setting bahasa di aplikasi yang ada di smartphone kamu ya. 

          Baca juga: Pentingnya Kursus Bahasa Inggris 

10. Rekam suara atau catat hasil latihan

Selain memperbanyak latihan, evaluasi juga wajib kamu lakukan. Memberikan evaluasi terhadap diri sendiri merupakan salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris agar kamu mengetahui seberapa jauh kamu sudah berkembang dan seberapa dekat kamu dengan tujuan belajarmu. 

Sebagai bentuk evaluasi, kamu bisa merekam suaramu untuk melihat apakah pelafalan itu sudah jelas pada kata-kata tertentu atau bagaimana kamu berbicara pada kalimat panjang. Selain merekam suara, kamu juga bisa mencatat hasil latihan bahasa Inggrismu dan membuat grafik perkembangan diri.

Melalui evaluasi di atas, kamu bisa melihat lebih jelas kelebihan dan kekuranganmu. Sehingga kamu tahu mana hal yang harus kamu tingkatkan dan metode belajar seperti apa yang cocok untukmu. 

11. Prioritaskan kualitas belajar dari kuantitas belajar

Menyambung pada poin kedua, saat menentukan jadwal atau rutinitas, prioritaskan kualitas daripada kuantitas belajar. Poin terpenting dalam menerapkan cara belajar bahasa Inggris dengan cepat adalah menentukan bahwa kamu benar-benar mendapatkan hal baru dari sebelum kamu belajar. 

Daripada belajar 2 hingga 3 jam per hari namun membuatmu merasa jenuh, maksimalkan 30 menit hingga 1 jam perhari untuk belajar adalah cara cepat belajar bahasa Inggris yang lebih baik. Karena belajar tanpa ada perasaan terbebani akan menambah kualitas belajar itu sendiri. Hal ini juga mencegah kamu mundur atau menyerah di tengah proses belajar. 

12. Learning mindset (jangan takut salah)

Belajar bahasa baru bukan hal yang mudah dan penuh tantangan, terlebih pada hal-hal yang berasal dari dalam diri sendiri. Untuk itu, penting bagi kamu memiliki learning atau growth mindset. Pola pikir berkembang akan membuat kamu lebih menghargai proses, tantangan dan kegagalan yang akan kamu hadapi nantinya. 

Learning atau growth mindset dapat kamu dapatkan melalui kebiasaan seperti mengakui kelemahan dan berusaha memperbaikinya, menerima kritik dan saran, tidak takut salah dan selalu penasaran serta ingin belajar.

13. Ikut kelas privat

Nah salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris lainnya adalah mengikuti kelas privat. Kelas privat sendiri cocok bagi kamu yang merasa berat untuk mencapai tujuanmu, terlebih bagi kamu yang memiliki waktu yang terbatas. Kelas privat juga akan banyak membantu kamu untuk menyiapkan rutinitas dan hal-hal lain yang tidak bisa didapat ketika belajar sendiri.

Nah bagi para Hunters yang ingin belajar secara privat dan mendapatkan tips cara cepat belajar bahasa Inggris lainnya, kamu bisa mengikuti bahasa di Lingua Academy bersama tutor profesional yang siap mendampingimu di setiap proses belajar. Bagi Hunters yang tertarik, kamu bisa klik link ini ya!