Cara Daftar Universitas MIT, Kampus Terbaik di Dunia

Untuk dapat berkuliah di MIT atau Massachusetts Institute Of Technology, kamu tentu perlu mematuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Nah, untuk itu, simak beberapa syarat yang diperlukan dan cara daftar Universitas MIT di bawah ini!

Cara daftar Universitas MIT

1. Cara daftar Universitas MIT dengan membuat akun

Cara daftar Universitas MIT yang pertama adalah membuat akun. Mahasiswa yang ingin mendafatarkan dirinya, wajib membuat akun di MyMIT. Selama pengisian akun tersebut, pastikan nama akun dan password yang dibuat mudah diingat dan jangan sampai salah dalam menjawab. Cara daftar Universitas MIT yang satu ini wajib dilakukan. Sebab, jika tidak, Hunters tidak akan bisa maju ke tahap selanjutnya.

2. Cara daftar Universitas MIT dengan mengikuti tes

Cara mendaftar Universitas MIT yang kedua adalah mengikuti tes. Untuk mahasiswa internasional yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa sehari–hari, wajib mengikuti SAT Reasoning Test atau ACT Plus Writing dan 2 tes mata pelajaran SAT, yaitu 1 tes matematika (level 1 atau 2), dan satu lagi tes dari ilmu Sains antara Fisika, Kimia, atau Biologi. Sedangkan untuk mahasiswa internasional yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari–hari wajib mengikuti salah satu dari 2 tes di bawah ini:

  1. SAT atau ACT dan 2 tes mata pelajaran.
    Tes mata pelajaran terdiri dari 1 tes matematika (level 1 atau 2) dan satu lagi tes dari ilmu sains antara fisika, kimia, atau biologi. Proses seleksi dalam tes ini sangatlah ketat, karena yang nantinya diterima ke universitas hanya yang memiliki peringkat
  2. Tes  TOEFL (Test of English as a Foreign Language) dan tes 2 mata pelajaran SAT.
    Tes mata pelajaran terdiri dari 1 tes matematika (level 1 atau 2) dan satu lagi tes dari ilmu sains antara fisika, kimia, atau biologi.

 

Tes yang perlu kamu ikuti ini memiliki standar minimal yang harus dipenuhi. Skor minimal TOEFL yang mesti dicapai tiap pelamar adalah:  Paper Based Test (PBT) sebanyak 577, dan  Internet Based Test (IBT) sebanyak 90. Cara daftar Universitas MIT yang satu ini juga wajib dilakukan. Sebab, jika Hunters tidak mengikuti tes, kamu tidak akan bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

 

Baca Juga: Informasi Seputar Kuliah di MIT

3. Cara daftar Universitas MIT dengan melaporkan skor yang didapat

Cara daftar Universitas MIT yang ketiga adalah melaporkan hasil skor tes. Skor atau nilai dari tes yang telah diraih harus dilaporkan secara resmi ke universitas, dan nilai yang harus dilaporkan adalah nilai ujian ACT, SAT, atau TOEFL yang diselenggarakan Universitas Massachusetts Institute Of Technology, dan bukan nilai TOEFL yang tertera di transkrip nilai. Kode untuk SAT dan TOEFL nya adalah 3514 dan kode untuk ACT adalah 1858.

4. Cara daftar Universitas MIT dengan mengikuti ujian A Level: Mata pelajaran yang disyaratkan

Cara daftar Universitas MIT yang keempat adalah mengikuti ujian A Level. Ini disebabkan karena Universitas MIT merupakan universitas yang berbasis Teknologi dan Sains sehingga kamu harus mampu menguasai pelajaran yang berhubungan dengan bidang tersebut.

Oleh karena itu, untuk bisa mendaftar di Universitas Massachusetts Institute Of Technology, tiap calon mahasiswa setidaknya pernah mempelajari: Bahasa Inggris selama 4 tahun, Matematika dengan minimal dasar – dasar kalkulus, Ilmu sejarah atau ilmu pengetahuan sosial (IPS) selama minimal 2 tahun, Biologi, Kimia dan Fisika. Akan menjadi nilai lebih apabila kamu melampirkan hasil ujian A Level

5. Membuat esai universitas tujuan

Cara daftar Universitas MIT yang kelima adalah membuat esai. Dalam membuat esai, kamu tidak perlu membuatnya dengan panjang tetapi cukup menjawab pertanyaan–pertanyaan yang akan diajukan dengan kalimat yang efisien namun kritis dan tajam.

6. Mengisi lembar kegiatan yang ada di formulir

Cara daftar Universitas MIT yang keenam adalah mengisi formulir lembar kegiatan. Lembar kegiatan ini dapat diisi dengan aktifitas yang sering kamu lakukan ketika masih aktif di sekolah maupun di waktu senggang kamu. Dalam pengisian, pastikan jika aktifitas yang akan ditulis adalah aktifitas yang bermanfaat supaya bisa menambah poin kamu.

7. Mengumpulkan surat rekomendasi

Cara daftar Universitas MIT yang ketujuh adalah mengumpulkan surat rekomendasi. Surat rekomendasi dari sekolah wajib ditulis dalam bentuk bahasa Inggris, dan surat tersebut harus berdasarkan 3 orang dari sekolahmu.

Pertama dari guru mata pelajaran terkait, bisa guru Sains atau Ilmu Pengetahuan Alam, kedua dari guru Bahasa atau guru Ilmu Sosial,  dan yang terakhir dari guru pembimbing atau wali kelas. Dalam penulisan surat rekomendasi, usahakan yang ditulis adalah sisi positif tentang potensi kamu di jurusan yang kamu pilih.

Tertarik dengan berkuliah di MIT dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun👇

Cara daftar Universitas MIT

8. Mengikuti wawancara

Cara daftar Universitas MIT yang terakhir adalah mengikuti wawancara. Proses wawancara bisa dilakukan secara langsung atau melalui media bantu. Namun, umumnya untuk calon mahasiswa internasional biasanya dilakukan menggunakan Skype.

 Agar dapat mengikuti alur tersebut, tentu kamu sebagai calon mahasiswa juga perlu mengetahui waktu pendaftarannya. Setiap tahun pendaftaran reguler di Universitas Massachusetts Institute Of Technology selalu sama jadwalnya, sehingga kamu cukup mengafal bulan-bulan penting serta deadlinenya. Deadlinenya berada pada bulan:
  1. September-Oktober
    Bulan ini merupakan saat yang tepat untuk memulai mengumpulkan berkas, membuat akun di MyMIT, kemudian mengirimkan aplikasi ke bagian penerimaan mahasiswa baru.
  2. Desember
    Bulan ini merupakan tanggal terakhir atau deadline untuk  mengadakan perjanjian dengan pewawancara.
  3. Januari
    Deadline memasukkan aplikasi ke MIT.
  4. Januari atau Februari
    Pelamar perlu melengkapi formulir yang ada di February Updates & Notes Form dengan alamat http://mitadmissions.org/apply/freshman/midyear selama link masih tersedia.
  5. Februari
    Deadline untuk mengumpulkan berkas–berkas pengajuan bantuan pembiayaan kuliah.
  6. Akhir bulan Maret
    Pengumuman penerimaan.

 

Informasi biaya dan beasiswa di Universitas MIT

Setelah membahas tata cara daftar Universitas MIT, sekarang kita bakal bahas seputar biaya dan beasiswa yang ada di Universitas MIT, ya, Hunters. Untuk itu, yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Informasi biaya kuliah di Massachusetts Institute Of Technology

Uang kuliah yang perlu dikeluarkan oleh mahasiswa sarjana di Universitas Massachusetts Institute Of Technology adalah sebanyak $40.732, dan masih bisa bertambah hingga $52.507 dalam satu tahun. Untuk meringankan hal tersebut, sebanyak 62% mahasiswa Universitas Massachusetts Institute Of Technology  telah menerima bantuan dana dalam bentuk beasiswa dari pemerintah federal, pemerintah negara bagian, institusi, dan sumber lainnya dengan rata-rata $38.964 per mahasiswa.

2. Beasiswa Massachusetts Institute Of Technology

Universitas Massachusetts Institute Of Technology sendiri sebenarnya sudah menganggarkan $87,6 juta untuk beasiswa. Dengan adanya peluang emas ini, maka kesempatan kamu agar dapat melanjutkan studi sarjana atau pasca sarjana di Universitas Massachusetts Institute Of Technology  semakin terbuka lebar. Untuk mendapatkan beasiswa ini, tiap tahun kamu cukup mengajukan permohonan bantuan keuangan kepada Universitas Massachusetts Institute Of Technology.

 

Baca Juga: Tembus Kuliah di MIT dengan Rekomendasi Beasiswa Ini!

 

Jika kamu telah memenuhi syarat yang telah ditetapkan, maka kamu akan berhak menerima beasiswa dalam bentuk pemotongan uang kuliah hingga setengah harga untuk fasilitas tempat tinggal, sebagian besar pelajar undergraduate program (S1) tinggal di salah satu dari 12 asrama yang disediakan oleh Universitas Massachusetts Institute Of Technology, atau bisa juga tinggal di 39 afiliasi persaudaraan, perkumpulan pelajar, maupun grup-grup yang tinggal di dalam Massachusetts Institute Of Technology.

Kuliah di Kampus Terbaik di Dunia

Dalam satu tahun pertama, semua pelajar yang belum menikah wajib tinggal di salah satu asrama yang telah disediakan, dan dalam setiap asrama memiliki pengawas masing-masing yang biasanya diisi oleh seorang dosen. Nah, pada tahun kedua, para pelajar mulai dibebaskan untuk memilih tempat tinggal, bisa melanjutkan untuk tinggal di asrama kampus atau tidak.

Untuk pelajar program graduate (pascasarjana), tempat tinggalnya bisa memilih di 5 asrama kampus yaitu Ashdown House (NW35), Edgerton House (NW10), Sidney-Pasifik (NW86), Tang Hall(W84) danWarehouse (NW30). Selain asrama, kampus juga menyediakan 2 komplek apartmen yaitu Westgate dan Eastgate.

Alumni MIT

Dengan berbagai predikat universitas yang luar biasa, tentu tidak heran jika universitas ini mengasilkan banyak alumnus yang terkenal di mata dunia. Beberapa orang alumnus yang terkenal dari kampus ini antara lain:

  1. Buzz Aldrin ScD (Astronot Apollo);
  2. Kofi Annan (sekjen PBB yang merupakan alumni management);
  3. Prof Richard Feynman (Fisikawan yang meraih nobel Fisika);
  4. Katherine Dexter McCormick (Biologist);
  5. Ronald McNair Ph.D (Fisikawan dan Astronot Challenger).
Tentu akan sangat membanggakan jika kamu merupakan alumni dari universitas ini karena kamu pernah mendalami ilmu yang sama dengan orang-orang terkenal tersebut.

Raih Beasiswa Kuliah di MIT bersama Schoters!

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di Schoters!

Cara daftar Universitas MIT