Simak 4 Cara Mendapatkan Skor IELTS 7 dengan Mudah

Untuk mendaftar universitas atau beasiswa di luar negeri, pendaftar biasanya akan diminta menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris baik yang dibuktikan dengan skor IELTS terbaru dengan rata-rata minimal skor IELTS di atas skor 6-7. Kalau kamu tertarik melanjutkan pendidikan di luar negeri namun khawatir karena skor IELTS kamu masih belum memenuhi syarat, jangan berkecil hati. Ada banyak sekali cara mendapatkan skor IELTS 7 atau lebih tinggi yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kesempatan kamu diterima belajar di luar negeri. Apa saja cara mendapatkan skor IELTS 7? Simak ulasan singkat di bawah ini. 

 

Apa Itu IELTS?

International English Language Testing System atau yang biasa disingkat menjadi IELTS adalah salah satu tes bahasa Inggris terstandarisasi yang mengukur kemampuan berbahasa Inggris dalam 4 (empat) aspek yang berbeda, yaitu mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking).

Berdasarkan tujuan penggunaan, IELTS dibedakan menjadi 2 (dua) jenis tes yang berbeda, antara lain:

1. General IELTS, yang biasanya digunakan untuk keperluan migrasi ke luar negeri

2. IELTS Academic, yang biasanya digunakan untuk keperluan studi di luar negeri.

  

Rentang Skor IELTS

Skor IELTS dinilai menggunakan sistem 9 band untuk setiap komponen yang dinilai. Skor IELTS total kemudian didapatkan dengan menghitung rata-rata skor untuk setiap komponen. Sebagai contoh, seseorang yang mendapatkan skor 6.5 untuk listening, 6.5 untuk reading, 5.0 untuk writing dan 7.0 untuk speaking, akan mendapatkan skor IELTS total sebesar 6.5.

 

 4 Cara Mendapatkan Skor IELTS 7

Berikut adalah beberapa cara mendapatkan skor IELTS 7 atau lebih tinggi dengan cepat.

1. Mengenal kriteria penilaian (assessment criteria)

Untuk membantu mendapatkan skor IELTS 7 sesuai target, kamu perlu untuk mengenal assessment criteria untuk masing-masing komponen dalam tes IELTS, khususnya komponen writing dan speaking. Dengan mengetahui kriteria penilaian, kamu kemudian bisa membuat rencana belajar sesuai dengan kriteria penilaian.

2. Banyak berlatih mengerjakan soal IELTS

Untuk membantu kamu terbiasa mengerjakan soal-soal IELTS, jangan lupa untuk banyak berlatih menggunakan contoh soal IELTS yang bisa kamu dapatkan gratis di berbagai situs.

 

Baca Juga: Simak 7 Rekomendasi Website Untuk Belajar IELTS Online!

 

3. Sering menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari

Banyak berbicara, mendengarkan, menulis dan berbicara dengan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari akan membantu kamu lebih percaya diri saat menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga bisa membangun kosakata baru dan memperbaiki ejaan dalam bahasa Inggris. 

4. Belajar bersama tutor berpengalaman di IELTS Academy

Bingung harus mulai belajar darimana? Kamu juga bisa belajar bersama tutor yang bisa membantu kamu belajar IELTS bersama dan mencapai target skor IELTS yang diinginkan. Salah satu tempat belajar IELTS terpercaya yang bisa kamu coba adalah IELTS Academy dari Schoters yang bisa memiliki berbagai kelebihan mulai dari tutor berpengalaman dengan jam terbang tinggi, kurikulum terpercaya, jadwal fleksibel yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, hingga kesempatan mengikuti simulasi tes IELTS gratis untuk mengetahui progress belajar IELTS kamu.

 

Baca Juga: Baru Memulai Persiapan IELTS? Simak Contoh Soal IELTS disini!

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan IELTS di Schoters

Butuh bimbingan IELTS terpercaya? Join IELTS Academy by Schoters. Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

cara mendapatkan skor ielts 7